Author
Zherly Nadia Wandi(1), Farida Mayar(2),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia(2)
Corresponding Author
Article Analytic |
Published : 2019-12-09
Article can trace at:
Article Metrics
Abstract Views: 8534 times PDF Downloaded: 3878 timesAbstract
Perkembangan motorik halus sangat penting bagi perkembangan anak secara keseluruhan . Anak usia taman kanak-kanak masih sering mengalami kesulitan dalam menggerakkan jari-jarinya untuk kegiatan seperti menggunting, menggambar, merobek, melipat, menyusun dan mengisi pola dengan menempelkan benda-benda kecil. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan motorik halus dan kreativitas pada anak usia dini melalui kegiatan kolase. Metode penelitian yang digunakan adalah kajian pustaka yang dilakukan dengan mengumpulkan data-data atau berdasarkan karya tulis ilmiah yang menghubungkan penelitian dengan literatur yang ada untuk memecahkan suatu masalah. Metode pengumpulan data pustaka dengan membaca dan mencatat serta mengelola bahan penelitian lalu menyimpulkan bahan penelitian. Hasil penelitian yang didapat bahwa perkembangan kemampuan motorik halus dan kreativitas pada anak usia dini memerlukan koordinasi mata dan tangan, seperti menyusun, merobek dan menempel yang dilakukan melalui kegiatan kolase.
Keywords
References
Handayani, S., Sumarno, S., & Suharno, U. (2018). Pengaruh Aktivitas Kolase terhadap Keterampilan Motorik Halus pada Anak Usia Dini melalui Metode Bermain Di TK Pembina Kabupaten Rembang. Seuneubok Lada: Jurnal Ilmu-Ilmu Sejarah, Sosial, Budaya Dan Kependidikan, 5(1), 3853.
Hurlock, E.B. (1978). Perkembangan anak jilid 1 edisi keenam. Jakarta: Erlangga.
Jamaris, Martini. 2006. Pertimbangan dan Pengembangan Anak Usia TK. Jakarta : Gramedia Widia Sarana Indonesia.
Mayesky, Mary. Creative Art & Activities: Painting (Kanada: Thomson Delmar Learning, 2004), h. xiv
Miranda, D. (2016). Upaya Guru dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini di Kota Pontianak. Jurnal Pembelajaran Prospektif, 1(1), 6067.
Misiyanti, N. W., Parmiti, D. P., & Wirya, I. N. W. (2014). Penerapan Metode Demonstrasi Berbantuan Media Konkret melalui Kegiatan Kolase untuk Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 2(1).
Muarifah, A., & Nurkhasanah, N. (2019). Identifikasi Keterampilan Motorik Halus Anak. Journal of Early Childhood Care and Education, 2(1), 14. https://doi.org/10.26555/jecce.v2i1.564
Mulyadi. 2000. Merangsang Kreativitas Anak dan Kecerdasan Anak. Yogyakarta.
Munandar, Utami. 2004. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: PT Grasindo
Palintan, A. T. A., & Saria, S. (2018). Penggunaan media kolase dalam meningkatkan kreativitas anak. Jurnal Al-Athfal Volume, 1(1), 19.
Suryana, Dadan. 2018. Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak . Jakarta: Prenadamedia Group Sutama. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R dan D. Surakarta: Fairus Media.
Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: K encana Prenada Media.
Suarni, Ketut. 2009. Psikologi Perkembangan I. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Suyanto, S, 2005. Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat Publishing.
Sujiono, dkk. 2008. Metode Pengembangan Fisik. Jakarta: Universitas Terbuka
Sumanto. 2005. Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak TK. Jakarta: Depdiknas.
Widiastini, L. P., Raga, G., & Kusmaryatni, N. (2014). Penerapan Metode Pemberian Tugas Berbantuan Media Bahan Alam untuk Meningkatkan Kreativitas Meronce Anak Kelompok B di TK Nurul Mubin. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 2(1).
Yulia, Ni Kadek Hari. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instructon Melalui Kegiatan Bermain Warna Untuk Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak Pada Anak Kelompok Bermain Gayatri Denpasar Utara. Skripsi. (tidak diterbitkan) Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha
Refbacks
- There are currently no refbacks.