- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Analisis Kemampuan Motorik Halus dan Kreativitas pada Anak Usia Dini melalui Kegiatan Kolase
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.347Keywords:
kemampuan motorik halus, kreativitas, kegiatan kolaseAbstract
Perkembangan motorik halus sangat penting bagi perkembangan anak secara keseluruhan . Anak usia taman kanak-kanak masih sering mengalami kesulitan dalam menggerakkan jari-jarinya untuk kegiatan seperti menggunting, menggambar, merobek, melipat, menyusun dan mengisi pola dengan menempelkan benda-benda kecil. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan motorik halus dan kreativitas pada anak usia dini melalui kegiatan kolase. Metode penelitian yang digunakan adalah kajian pustaka yang dilakukan dengan mengumpulkan data-data atau berdasarkan karya tulis ilmiah yang menghubungkan penelitian dengan literatur yang ada untuk memecahkan suatu masalah. Metode pengumpulan data pustaka dengan membaca dan mencatat serta mengelola bahan penelitian lalu menyimpulkan bahan penelitian. Hasil penelitian yang didapat bahwa perkembangan kemampuan motorik halus dan kreativitas pada anak usia dini memerlukan koordinasi mata dan tangan, seperti menyusun, merobek dan menempel yang dilakukan melalui kegiatan kolase.
Downloads
References
Handayani, S., Sumarno, S., & Suharno, U. (2018). Pengaruh Aktivitas Kolase terhadap Keterampilan Motorik Halus pada Anak Usia Dini melalui Metode Bermain Di TK Pembina Kabupaten Rembang. Seuneubok Lada: Jurnal Ilmu-Ilmu Sejarah, Sosial, Budaya Dan Kependidikan, 5(1), 38–53.
Hurlock, E.B. (1978). Perkembangan anak jilid 1 edisi keenam. Jakarta: Erlangga.
Jamaris, Martini. 2006. Pertimbangan dan Pengembangan Anak Usia TK. Jakarta : Gramedia Widia Sarana Indonesia.
Mayesky, Mary. Creative Art & Activities: Painting (Kanada: Thomson Delmar Learning, 2004), h. xiv
Miranda, D. (2016). Upaya Guru dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini di Kota Pontianak. Jurnal Pembelajaran Prospektif, 1(1), 60–67.
Misiyanti, N. W., Parmiti, D. P., & Wirya, I. N. W. (2014). Penerapan Metode Demonstrasi Berbantuan Media Konkret melalui Kegiatan Kolase untuk Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 2(1).
Muarifah, A., & Nurkhasanah, N. (2019). Identifikasi Keterampilan Motorik Halus Anak. Journal of Early Childhood Care and Education, 2(1), 14. https://doi.org/10.26555/jecce.v2i1.564
Mulyadi. 2000. Merangsang Kreativitas Anak dan Kecerdasan Anak. Yogyakarta.
Munandar, Utami. 2004. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: PT Grasindo
Palintan, A. T. A., & Saria, S. (2018). Penggunaan media kolase dalam meningkatkan kreativitas anak. Jurnal Al-Athfal Volume, 1(1), 1–9.
Suryana, Dadan. 2018. Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak . Jakarta: Prenadamedia Group Sutama. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R dan D. Surakarta: Fairus Media.
Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: K encana Prenada Media.
Suarni, Ketut. 2009. Psikologi Perkembangan I. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Suyanto, S, 2005. Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat Publishing.
Sujiono, dkk. 2008. Metode Pengembangan Fisik. Jakarta: Universitas Terbuka
Sumanto. 2005. Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak TK. Jakarta: Depdiknas.
Widiastini, L. P., Raga, G., & Kusmaryatni, N. (2014). Penerapan Metode Pemberian Tugas Berbantuan Media Bahan Alam untuk Meningkatkan Kreativitas Meronce Anak Kelompok B di TK Nurul Mubin. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 2(1).
Yulia, Ni Kadek Hari. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instructon Melalui Kegiatan Bermain Warna Untuk Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak Pada Anak Kelompok Bermain Gayatri Denpasar Utara. Skripsi. (tidak diterbitkan) Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha


