Profesionalisme Guru dalam Proses Pembelajaran Daring Pendidikan Anak Usia Dini

Authors

  • Diana Sahara Nofrika Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Dadan Suryana Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3445

Keywords:

guru profesional, pembelajaran daring, anak usia dini

Abstract

Professionallisme bagi seorang pengajar atau profesi guru sangat penting dalam pembelajaran karena setiap guru yang professional akan mampu menciptakan peserta didik yang bermutu untuk masa depan nya. Guru yang professional dalam pembelajaran akan membuat peserta didiknya merasa nyaman dan paham apa yang akan di ajarkan nya, sebab professional akan mampu menciptakan suasana yang sangat bagus tetapi jika guru tidak mempunyai sifat yang professional akan menyebabkan proses pembelajaran tidak sesuai dengan yang di harapkan karena telah mencampurkan masalah yang bersifat pribadi saat pembelajaran. Jadi bersifat profesionalisme bagi seorang pengajar mempunyai andel yang utama dalam melaksanakan pembelajaran karena pengajar tombsk untuk kesuksesan anak-anak yang di ajarnya dengan demikian pengajar mampu memberikan perkembangan yang baik untuk anak perseta didik juga mengetahui apa yang akan diberikan pembelajaran yang mampu menunjang perkembangan perserta didik tersebut. Metode digunakan penelitian pustaka. Penelitian ini tentang  profesionalisme guru dalam proses pembelajaran daring pendidikan anak usia dini . Hasil tentang profesionalisme guru dalam proses pembelajaran daring pendidikan anak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andrisyah, A., & Ismiatun, A. N. (2021). The Impact of Distance Learning Implementation in Early Childhood Education Teacher Profesional Competence. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1815–1824. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1009

Darmadi, H. (2015). Tugas, Peran, Kompetensi dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional. Edukasi, 13(2), 161–174. https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/edukasi/article/view/113

Delfia, E. (2019). Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Merancang Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(2). https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/274

Elan, E., Rahman, T., & Dewi, E. (2022). Bagaimana Kompetensi Profesional Guru RA Ditinjau dari Kualifikasi Sesuai Regulasi di Kota Tasikmalaya? Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5180–5190. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2959

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 496–503. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n3.p496-503

Hasibuan, R. (2017). Perencanaan Pembelajaran PAUD. Unesa University Press.

Herminayu, H., & Sulasmono, B. S. (2020). Pengembangan Modul Pelatihan Model Pembelajaran BCCT Bagi Guru dan Kepala Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1112. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.512

Jajat Sudrajat. (2020). Kompetensi Guru di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 13(1), 106. https://doi.org/10.26623/jreb.v13i2.2434

Kemdikbud, P. W. (2020, November). Pemerintah Daerah Diberikan Kewenangan Penuh Tentukan Izin Pembelajaran Tatap Muka. Kemdikbud.

Laili, N. N., & Maulidiyah, E. C. (2021). Kompetensi Profesional Guru Taman Kanak-kanak pada Masa Pandemi Covid-19 Professional Competence Of Kindergarten Teachers during Covid-19 Pandemic. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 8(1), 15–30. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/paud/article/view/112617

Maiza, Z., & Nurhafizah, N. (2019). Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 356. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.196

Marienda, W. (2015). Kompetensi Dan Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Prosiding Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2). https://doi.org/10.24198/jppm.v2i2.13271

Maulidiyah, E. C. (2018). Penanaman Nilai-Nilai Agama dalam Pendidikan Anak di Era Digital. Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak, 2(1). https://doi.org/10.21274/martabat.2018.2.1.71-90

Moleong, L. J. (2001). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Nasir, N., Bagea, I., Sumarni, S., Herlina, B., & Safitri, A. (2020). Memaksimalkan Fitur Breaking Rooms Zoom Meeting pada Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 611–624. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.662

Neldawati, N., & Yaswinda, Y. (2022). Evaluasi CIPP Penerapan Permendikbud 137 dan 146 Tahun 2014 di Kecamatan Sijunjung. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2954–2961. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2066

Pramudyani, A. V. R., & Indratno, T. K. (2022). Pemahaman Science, Technology, Engineering, Art dan Mathematic (STEAM) pada Calon Guru PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4077–4088. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2261

Pratiwi, W. A., Prasetyo, I., & Shabrina, M. N. (2021). Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Kinerja Guru Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1741–1753. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.970

Purwanto, M. N. (2009). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.

Saifulloh, A. (2020). Manajemen Pembelajaran dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Belajar Mengajar di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Bidayatuna, 2(3). https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v3i2.638

Sakti, B. P. (2020). Upaya Peningkatan Guru Profesional Dalam Menghadapi Pendidikan Di Era Globalisasi. Attadib: Journal of Elementary Education, 4(1), 74. https://doi.org/10.32507/attadib.v4i1.632

Saputri, P. M. (2019). Kompetensi Profesional Guru PAUD Dalam Proses Pembelajaran Anak Usia Dini Pada TK Al-Khairiyah Kecamatan Sidomulyo Kabupaten Lampung Selatan. UIN Raden Intan Lampung. http://repository.radenintan.ac.id/9197

Sugiono P.D. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuwantitatif,Kuwalitatif,R&D). In Alfabbeta Pres. Alfabeta.

Syafril, S., Kurniawati, D., Jatmiko, A., Fiteriani, I., & Kuswanto, C. W. (2020). Early Childhood Teacher Professionalism Based on Academic Qualifications and Work Experience. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1655–1666. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.937

Witarsa, R., & Alim, M. L. (2022). Kompetensi Profesional Guru pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5799–5807. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3258

Downloads

Published

27-10-2022

How to Cite

Nofrika, D. S., & Suryana, D. (2022). Profesionalisme Guru dalam Proses Pembelajaran Daring Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6340–6347. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3445

Issue

Section

Articles