- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Profesionalisme Guru dalam Proses Pembelajaran Daring Pendidikan Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3445Keywords:
guru profesional, pembelajaran daring, anak usia diniAbstract
Professionallisme bagi seorang pengajar atau profesi guru sangat penting dalam pembelajaran karena setiap guru yang professional akan mampu menciptakan peserta didik yang bermutu untuk masa depan nya. Guru yang professional dalam pembelajaran akan membuat peserta didiknya merasa nyaman dan paham apa yang akan di ajarkan nya, sebab professional akan mampu menciptakan suasana yang sangat bagus tetapi jika guru tidak mempunyai sifat yang professional akan menyebabkan proses pembelajaran tidak sesuai dengan yang di harapkan karena telah mencampurkan masalah yang bersifat pribadi saat pembelajaran. Jadi bersifat profesionalisme bagi seorang pengajar mempunyai andel yang utama dalam melaksanakan pembelajaran karena pengajar tombsk untuk kesuksesan anak-anak yang di ajarnya dengan demikian pengajar mampu memberikan perkembangan yang baik untuk anak perseta didik juga mengetahui apa yang akan diberikan pembelajaran yang mampu menunjang perkembangan perserta didik tersebut. Metode digunakan penelitian pustaka. Penelitian ini tentang profesionalisme guru dalam proses pembelajaran daring pendidikan anak usia dini . Hasil tentang profesionalisme guru dalam proses pembelajaran daring pendidikan anak usia dini.
Downloads
References
Andrisyah, A., & Ismiatun, A. N. (2021). The Impact of Distance Learning Implementation in Early Childhood Education Teacher Profesional Competence. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1815–1824. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1009
Darmadi, H. (2015). Tugas, Peran, Kompetensi dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional. Edukasi, 13(2), 161–174. https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/edukasi/article/view/113
Delfia, E. (2019). Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Merancang Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(2). https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/274
Elan, E., Rahman, T., & Dewi, E. (2022). Bagaimana Kompetensi Profesional Guru RA Ditinjau dari Kualifikasi Sesuai Regulasi di Kota Tasikmalaya? Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5180–5190. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2959
Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 496–503. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n3.p496-503
Hasibuan, R. (2017). Perencanaan Pembelajaran PAUD. Unesa University Press.
Herminayu, H., & Sulasmono, B. S. (2020). Pengembangan Modul Pelatihan Model Pembelajaran BCCT Bagi Guru dan Kepala Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1112. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.512
Jajat Sudrajat. (2020). Kompetensi Guru di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 13(1), 106. https://doi.org/10.26623/jreb.v13i2.2434
Kemdikbud, P. W. (2020, November). Pemerintah Daerah Diberikan Kewenangan Penuh Tentukan Izin Pembelajaran Tatap Muka. Kemdikbud.
Laili, N. N., & Maulidiyah, E. C. (2021). Kompetensi Profesional Guru Taman Kanak-kanak pada Masa Pandemi Covid-19 Professional Competence Of Kindergarten Teachers during Covid-19 Pandemic. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 8(1), 15–30. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/paud/article/view/112617
Maiza, Z., & Nurhafizah, N. (2019). Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 356. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.196
Marienda, W. (2015). Kompetensi Dan Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Prosiding Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2). https://doi.org/10.24198/jppm.v2i2.13271
Maulidiyah, E. C. (2018). Penanaman Nilai-Nilai Agama dalam Pendidikan Anak di Era Digital. Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak, 2(1). https://doi.org/10.21274/martabat.2018.2.1.71-90
Moleong, L. J. (2001). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Nasir, N., Bagea, I., Sumarni, S., Herlina, B., & Safitri, A. (2020). Memaksimalkan Fitur Breaking Rooms Zoom Meeting pada Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 611–624. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.662
Neldawati, N., & Yaswinda, Y. (2022). Evaluasi CIPP Penerapan Permendikbud 137 dan 146 Tahun 2014 di Kecamatan Sijunjung. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2954–2961. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2066
Pramudyani, A. V. R., & Indratno, T. K. (2022). Pemahaman Science, Technology, Engineering, Art dan Mathematic (STEAM) pada Calon Guru PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4077–4088. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2261
Pratiwi, W. A., Prasetyo, I., & Shabrina, M. N. (2021). Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Kinerja Guru Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1741–1753. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.970
Purwanto, M. N. (2009). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.
Saifulloh, A. (2020). Manajemen Pembelajaran dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Belajar Mengajar di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Bidayatuna, 2(3). https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v3i2.638
Sakti, B. P. (2020). Upaya Peningkatan Guru Profesional Dalam Menghadapi Pendidikan Di Era Globalisasi. Attadib: Journal of Elementary Education, 4(1), 74. https://doi.org/10.32507/attadib.v4i1.632
Saputri, P. M. (2019). Kompetensi Profesional Guru PAUD Dalam Proses Pembelajaran Anak Usia Dini Pada TK Al-Khairiyah Kecamatan Sidomulyo Kabupaten Lampung Selatan. UIN Raden Intan Lampung. http://repository.radenintan.ac.id/9197
Sugiono P.D. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuwantitatif,Kuwalitatif,R&D). In Alfabbeta Pres. Alfabeta.
Syafril, S., Kurniawati, D., Jatmiko, A., Fiteriani, I., & Kuswanto, C. W. (2020). Early Childhood Teacher Professionalism Based on Academic Qualifications and Work Experience. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1655–1666. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.937
Witarsa, R., & Alim, M. L. (2022). Kompetensi Profesional Guru pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5799–5807. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3258