Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak melalui Kolase dengan Menggunakan Bahan Bekas pada Anak Usia Dini

Siti Darmiatun(1Mail), Farida Mayar(2),
(1) Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, 
(2) Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2019 siti darmiatun

DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.327

Full Text:    Language : id
Submitted : 2019-11-16
Published : 2019-11-24

Abstract


Penelitian ini bertujuan  untuk  meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kolase Dengan Menggunakan Bahan Bekas Di TK Islam Bakti 91 Bukit Tujuh Dharmasraya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan setiap siklusnya dilaksanakan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian ini berjumlah 12 anak, yang terdiri atas 7 anak perempuan dan 5 anak laki-laki dengan usia 5-6 tahun. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini usia  5-6  tahun  melalui  kegiatan Kolase Dengan Menggunakan Bahan Bekas yang dapat dilihat dari peningkatan anak mulai dari siklus I sampai siklus II

Keywords


motorik halus; kolase; bahan bekas

References


Abarua, H. (2017). Peningkatan kemampaun motorik halus anak melalui kegiatan menempel di kelompok bermain. 2(1), 1–8. Retrieved from https://www.academia.edu/36192734/Upaya_Konselor_Untuk_Meningkatkan_Motivasi_Berprestasi_Korban_Bullying_Dilihat_Dari_Perspektif_Pen dekatan_Konseling_Solution-FOCUSED_BRIEF_THERAPHY

Altenmüller, E. (2017). Focal dystonia: Advances in brain imaging and understanding of fine motor control in musicians. Hand Clinics, 19(3), 523–538. https://doi.org/10.1016/S0749-0712(03)00043-X

Arikunto, S. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Jakarta.

Cllaudia, E. S., Wdiastuti, A. A., & Kurniawan, M. (2018). Origami Game for Improving Fine Motor Skills for Children 4-5 Years Old in Gang Buaya Village in Salatiga. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 143. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.97

Fang, Y., Wang, J., Zhang, Y., & Qin, J. (2017). The Relationship of Motor Coordination, Visual Perception, and Executive Function to the Development of 4-6-Year-Old Chinese Preschoolers’ Visual Motor Integration Skills. BioMed Research International, 2017(Mc). https://doi.org/10.1155/2017/6264254

Indraswari, L. (2013). Peningkatan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalaui Kegiatan Mozaik Di Taman Kanak-Kanak Pembina Agam. Pesona PAUD, 1(1), 1–13.

Johansson, E., Hagströmer, M., Svensson, V., Ek, A., Forssén, M., Nero, H., & Mårcus, C. (2015). Objectively measured physical activity in two-year-old children - levels, patterns and correlates. International Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity, 12(1). https://doi.org/10.1186/s12966-015-0161-0

Misiyanti, N. W., Parmiti, D. P., & Wirya, I. N. (n.d.). Penerapan metode demonstrasi berbantuan media konkret melalui kegiatan kolase untuk meninkatkan perkembangan motorik halus. E-Journal PG-PAUD, 2(1), 1–11.

Ningsih, Y. (2018). meningkatkan perkembangan motorik halus anak melalui kolase dengan menggunakan bahan alam. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 23–34.

Rakimahwati, R., Lestari, N. A., & Hartati, S. (2018). Pengaruh Kirigami Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 98. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.13

Saputra, A. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Seni Musik dengan Media Audio. Journal of Arts Research and Education, 10(2), 1–8. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/harmonia/article/download/63/3822

Sari, E. (2016). UPAYA Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak Melalui Teknik Kolase Dengan Menggunakan Media Origami. Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 23–25.

Sujiono. (2012). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. In PT Indeks. https://doi.org/10.1007/978-981-10-4151-8_4

Suryana, D. (2013). Pengetahuan Tentang Strategi Pembelajaran ,. (January 2013). https://doi.org/10.17977/jip.v19i2.4212

Suryana, D. (2017). Dasar-Dasar Pendidikan TK. Hakikat Anak Usia Dini, 1, 1–65.

Tahel, F., Ginting, E., Sistem, J., Fakultas, I., Universitas, T., Utama, P., … Halus, M. (2019). Penerapan Aplikasi Flash Dalam Media Pembelajaran. 2(1), 34–43.

Vitamami, L. (2013). meningkatkna perkembangan motorik halus anak dnegan menggunakan teknik kolase ditaman kanak-kanak.

Warniti, N. K. S., Ardana, I. K., & Kristiantari, M. R. (2014). Penerapan Metode Pemberian Tugas Melalui Kegiatan Meronce Untuk Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak Kelompok B. E-Journal PG PAUD, 2(1), 1–10. Retrieved from http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/3628

Windiarto, & Yanto. (2018). 74D38-Buku-Pai-2018. Ilmu Pendidikan, 5(1), 12–21.

Yanto. (2018). Pengaruh pembelajaran kolase terhadap perkembangan motrik halus anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 43. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.6

Yuyun Istiana. (2014). Konsep-Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Didaktika, Vol. 20 No. 2 Februari 2014, 5(1), 329–333. https://doi.org/10.1101/112268


Article Metrics

 Abstract Views : 347 times
 PDF Downloaded : 95 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.