- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Dukungan Orang Tua dalam Bermain Gadget pada Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2485Keywords:
dukungan, orang tua, gadget, anak usia diniAbstract
Pembelajaran jarak jauh melalui pembelajaran online memungkinkan anak-anak menjadi banyak berkegiatan dirumah. Gadget merupakan media yang digunakan untuk pembelajaran online. Agar anak-anak dapat menggunakan perangkat ini secara efektif, diperlukan bantuan orang tua. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dukungan orang tua dalam bermain gadget pada anak dibandingkan dengan indikator teoritis. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, sampel penelitian adalah 136 orang tua anak di Kabupaten Klaten. Prosedur pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling, statistik deskriptif menggunakan frekuensi dan persentase validitas diukur dengan korelasi produk dan reliabilitas diukur dengan alpha cronbach. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan orang tua dalam bermainperangkat PAUD di Kabupaten Klaten mencapai persentase 80,32% dari 8 ukuran penelitian atau masuk dalam kategori tinggi/tinggi. Artinya, orang tua sadar akan pentingnya mendampingi anak untuk mengurangi dampak negatif gawai.
Downloads
References
Ariston, Y., Guru Sekolah Dasar, P., & Singkawang, S. (2018). Sosial Anak Sekolah Dasar. Journal of Educational Review and Research, 1(2), 86–91. https://doi.org/10.26737/jerr.v1i2.1675
Atmojo, A. M., Sakina, R. L., & Wantini, W. (2021). Permasalahan Pola Asuh dalam Mendidik Anak di Era Digital. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1965–1975. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1721
Febrialismanto. (2017). Kata Kunci: kompentensi profesional, guru pg paud, kabupaten kampar. 121–136. https://doi.org/10.21831/jpa.v6i2.17700
Imroatun, I., Nirmala, I., Juhri, J., & Muqdamien, B. (2020). Kajian Literatur Pengasuhan Anak Usia Dini Dalam Islam. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 57–66. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/assibyan/article/view/2703
Islam, F. A. (2021). Children’s Social Emotional Relationship to Digital Parenting. International Journal Reglement & Society (IJRS, August, 119–124. https://doi.org/10.55357/ijrs.v2i2.136
Jabbar, S. A., Al-Shboul, M., Tannous, A., Banat, S., & Aldreabi, H. (2019). Young Children’s Use of Technological Devices: Parents’ Views. Modern Applied Science, 13(2), 66. https://doi.org/10.5539/mas.v13n2p66
Jannah, A. M., Rachman, A., & Novitawati. (2021). The Influence of the Role of Parents and Parenting Patterns in the Use of Gadgets on the Social Behavior of Children. Journal of K6 Education and Management, 4(4), 401–407. https://doi.org/10.11594/jk6em.04.04.03
Karlina, D. A., Aeni, A. N., & Syahid, A. A. (2020). Jurnal Pasca Dharma Pengabdian. Jurnal Pasca Dharma Pengabdian Masyarakat, 1(2), 53–56. https://doi.org/10.17509/jpdpm.v1i2.24002
Lubis, M. A., Azizan, N., & Ikawati, E. (2020). Kajian Gender dan Anak. Jurnal Kajian Gender Dan Anak, 04(1), 63–82. http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/JurnalGender/article/view/2834
N, Z., Novianti, R., & Garzia, M. (2021). The Role of Preschool in Using Gadgets for Digital Natives Generation. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 15(2), 221–238. https://doi.org/10.21009/jpud.152.02
Nafaida, R., , N., & , N. (2020). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Anak. BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology), 3(2), 57–61. https://doi.org/10.30743/best.v3i2.2807
Suherman, R. N., Saidah, Q., Nurhayati, C., Susanto, T., & Huda, N. (2021). The relationship between parenting style and gadget addiction among preschoolers. Malaysian Journal of Medicine and Health Sciences, 17(June), 117–122.
Sukendar, A., Usman, H., & Jabar, C. S. A. (2019). Teaching-loving-caring (asah-asih-asuh) and semi-military education on character education management. Cakrawala Pendidikan, 38(2), 292–304. https://doi.org/10.21831/cp.v38i2.24452
Sunita, I., & Mayasari, E. (2018). Pengawasan Orangtua Terhadap Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak. Jurnal Endurance, 3(3), 510. https://doi.org/10.22216/jen.v3i3.2485
Suryameng. (2019). Pendampingan Dialogis Orangtua Dalam Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini. DUNIA ANAK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 40–49. https://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/PAUD/article/view/764
Ulfasari, N., & Fauziah, P. Y. (2021). Pendampingan Orang Tua pada Pendidikan Anak di Masa Pandemi Covid-19 Berdasarkan Profesi Orang Tua. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 935–944. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1119
Widiastuti, N., & Elshap, D. S. (2015). Pola Asuh Orang Tua Sebagai Upaya Menumbuhkan Sikap Tanggung Jawab Pada Anak Dalam Menggunakan Teknologi Komunikasi. P2M STKIP Siliwangi, 2(2), 148. https://doi.org/10.22460/p2m.v2i2p148-159.174
Yusuf, M., Witro, D., Diana, R., Santosa, T. A., Alfikri, A., & Jalwis, J. (2020). Digital Parenting to Children Using the Internet. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 3(1), 1–14. https://doi.org/10.24256/pijies.v3i1.1277