Pengembangan Bahan Ajar Kreativitas Seni Rupa Anak Usia Dini

Author


Rukiyah Rukiyah(1), Taruni Suningsih(2Mail), Syafdaningsih Syafdaningsih(3),
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sriwijaya, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sriwijaya, Indonesia(2)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sriwijaya, Indonesia(3)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 469KB]

Published : 2022-03-14

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 1123 times PDF Downloaded: 572 times

Abstract


Bahan ajar memiliki peran penting sebagai pedoman dalam proses pembelajaran. Terlebih pada tingkat Perguruan Tinggi, bahan ajar dapat membantu mahasiswa dalam mempelajari materi perkuliahan secara efektif dan efisien. Kendala dalam mata kuliah Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini yaitu minimnya bahan ajar yang khusus membahas mengenai kreativitas seni rupa anak usia dini. Oleh karena itu, peneliti mengembangkan bahan ajar kreativitas seni rupa anak usia dini yang valid, praktis, dan efektif. Metode penelitian menggunakan pendekatan penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dari Borg and Gall. Produk divalidasi oleh ahli materi dan ahli media, serta diujicobakan kepada 30 mahasiswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, angket, dan tes. Teknik analisis data hasil penelitian menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar kreativitas seni rupa anak usia dini dinyatakan valid berdasarkan penilaian produk awal oleh para ahli, produk dinyatakan praktis berdasarkan uji coba skala terbatas, dan produk dinyatakan efektif berdasarkan uji coba skala luas.

Keywords


bahan ajar; kreativitas; seni rupa; anak usia dini

References


Aisyah, S., Noviyanti, E., & Triyanto. (2020). Bahan Ajar Sebagai Bagian Dalam Kajian Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Salaka, 2(1), 62-65. http://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/1653809

Arsanti, M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Penulisan Kreatif Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Religius Bagi Mahasiswa Prodi Pbsi, Fkip, Unissula. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 1(2), 71-90. https://doi.org/10.24176/kredo.v1i2.2107

Asfuri, N. B., & Ambarsari, Y. R. (2021). Pembelajaran Berbasis Tri Ciri Tentara Pelajar Development of Teaching Materials Based on Tri Characteristics of Student Armys ( Patriotism , Pioneering and Independence ) on Students of Utp. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7, 202-215. https://doi.org/10.29407/jpdn.v7i1.16101

Hidayati, N., & Istiati, N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD). ISEJ: Indonesian Science Education Journal, 1(3), 178-185. https://www.siducat.org/index.php/isej/article/view/87

Hodiyanto, H., Darma, Y., & Putra, S. R. S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash Bermuatan Problem Posing terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 323-334. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i2.652

Kemdikbud. (2005). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (pp. 1-36).

Kemdikbudristek. (2012). UU RI No 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi (p. 32). https://unnes.ac.id/wp-content/uploads/uu-12-2012.pdf

Kurniawati, T., Kusumaningsih, C., & Rhamadiyanti, Y. (2015). Pengembangan Draft Bahan Ajar Pada Mata Kuliah Basic Reading Program Studi Bahasa Inggris. Jurnal Pendidikan Bahasa, 4(2), 281-293.

Kusumam, A., Mukhidin, M., & Hasan, B. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik untuk Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 23(1), 28. https://doi.org/10.21831/jptk.v23i1.9352

Misrawati, M., & Suryana, D. (2021). Bahan Ajar Matematika Berbasis Model Pembelajaran Tematik terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 298-306. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1249

Mukholifah, M., Tisngati, U., & Ardhyantama, V. (2020). Mengembangkan Media Pembelajaran Wayang Karakter Pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(4), 673-682. https://doi.org/10.47492/jip.v1i4.152

Pratita, D., Amrina, D. E., & Djahir, Y. (2021). Analisis Kebutuhan Mahasiswa Terhadap Bahan Ajar Sebagai Acuan Untuk Mengembangkan E-Modul Pembelajaran Digital. Jurnal PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 8(1), 69-74. https://doi.org/10.36706/jp.v8i1.13129

Pratiwi, S., Komala, E., & Monariska, E. (2020). Pengembangan bahan ajar berbasis cerita bergambar matematika. Jurnal Analisa, 6(2), 143-152. https://doi.org/10.15575/ja.v6i2.9033

Puspitasari, E., Novianti, R., & N, Z. (2021). Pengembangan Sistem Penilaian Pembelajaran PAUD melalui Aplikasi SAKA. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1346-1356. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1726

Qolbi, I. N. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Metode Kontruktivisme Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Di Lembaga Bahasa …. Jurnal Education and …, 9(3), 225-228. http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/2843

Rofiqoh, I., Puspitasari, D., & Nursaidah, Z. (2020). Pengembangan Game Math Space Adventure Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Pecahan Di Sekolah Dasar. Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1), 41-54. https://doi.org/10.36706/jls.v2i1.11445

Sanjaya, M. D., & Inawati. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Pengembangan Keterampilan Berbicara. Jurnal Bindo Sastra, 3(2), 104-118.
https://doi.org/10.30983/educative.v3i1.549

Saputro, B. (2017). Manajemen Penelitian Pengembangan (Research & Development) bagi Penyusun Tesis dan Disertasi. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).

Sari, Y., & Yustiana, S. (2021). Efektivitas bahan ajar cerita bergambar bemuatan religius terhadap prestasi belajar siswa kelas 1 sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 175. https://doi.org/10.30659/pendas.8.2.175-185

Septia, Y. L., Nurcahyono, N. A., & Balkist, P. S. (2022). Pengembangan Media Baret Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMK. 06(01), 35-47. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.986

Sit, M., Khadijah, Nasution, F., Wahyuni, S., Rohani, Nurhayani, Sitorus, A. S., & Armayanti, R. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Pengembangan Teori dan Praktik. In Perdana Publishing.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.

Suningsih, T., Rahelly, Y., & Rukiyah. (2020). Development of Interactive Multimedia on Material Introduction the Wild Animal in Kindergarten: Research and Development in Early Childhood Teacher Education Program. 44(Icece 2019), 1-4. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200715.001

Tatminingsih, S. (2021). Model Pengembangan Big Book untuk Meningkatkan Kompetensi Guru PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1057-1069. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1698

Ulfah, A., & Jumaiyah. (2018). Jurnal Inovasi Pendidikan Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Bahasa Indonesia. Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(2), 1-9.

Ulfah, M., Purnama, S., Hamzah, N., & Fanhas Fatwa, E. (2022). Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 6(3), 1416-1428. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1773

Utami, F., Rantina, M., & Edi, R. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Anak Menggunakan QR Code pada Materi Sains Anak Usia Dini. 6(3), 1976-1990. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1882

Yonanda, D. A. dkk. (2022). Kebutuhan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Indramayu untuk Menumbuhkan Ecoliteracy Siswa Sekolah Dasar. 8(1), 173-185. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/cp/article/view/1927/1220


Refbacks

  • There are currently no refbacks.