- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Pengembangan Bahan Ajar Kreativitas Seni Rupa Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2385Keywords:
bahan ajar, kreativitas, seni rupa, anak usia diniAbstract
Bahan ajar memiliki peran penting sebagai pedoman dalam proses pembelajaran. Terlebih pada tingkat Perguruan Tinggi, bahan ajar dapat membantu mahasiswa dalam mempelajari materi perkuliahan secara efektif dan efisien. Kendala dalam mata kuliah Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini yaitu minimnya bahan ajar yang khusus membahas mengenai kreativitas seni rupa anak usia dini. Oleh karena itu, peneliti mengembangkan bahan ajar kreativitas seni rupa anak usia dini yang valid, praktis, dan efektif. Metode penelitian menggunakan pendekatan penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dari Borg and Gall. Produk divalidasi oleh ahli materi dan ahli media, serta diujicobakan kepada 30 mahasiswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, angket, dan tes. Teknik analisis data hasil penelitian menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar kreativitas seni rupa anak usia dini dinyatakan valid berdasarkan penilaian produk awal oleh para ahli, produk dinyatakan praktis berdasarkan uji coba skala terbatas, dan produk dinyatakan efektif berdasarkan uji coba skala luas.Downloads
References
Aisyah, S., Noviyanti, E., & Triyanto. (2020). Bahan Ajar Sebagai Bagian Dalam Kajian Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Salaka, 2(1), 62-65. http://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/1653809
Arsanti, M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Penulisan Kreatif Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Religius Bagi Mahasiswa Prodi Pbsi, Fkip, Unissula. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 1(2), 71-90. https://doi.org/10.24176/kredo.v1i2.2107
Asfuri, N. B., & Ambarsari, Y. R. (2021). Pembelajaran Berbasis Tri Ciri Tentara Pelajar Development of Teaching Materials Based on Tri Characteristics of Student Armys ( Patriotism , Pioneering and Independence ) on Students of Utp. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7, 202-215. https://doi.org/10.29407/jpdn.v7i1.16101
Hidayati, N., & Istiati, N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD). ISEJ: Indonesian Science Education Journal, 1(3), 178-185. https://www.siducat.org/index.php/isej/article/view/87
Hodiyanto, H., Darma, Y., & Putra, S. R. S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash Bermuatan Problem Posing terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 323-334. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i2.652
Kemdikbud. (2005). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (pp. 1-36).
Kemdikbudristek. (2012). UU RI No 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi (p. 32). https://unnes.ac.id/wp-content/uploads/uu-12-2012.pdf
Kurniawati, T., Kusumaningsih, C., & Rhamadiyanti, Y. (2015). Pengembangan Draft Bahan Ajar Pada Mata Kuliah Basic Reading Program Studi Bahasa Inggris. Jurnal Pendidikan Bahasa, 4(2), 281-293.
Kusumam, A., Mukhidin, M., & Hasan, B. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik untuk Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 23(1), 28. https://doi.org/10.21831/jptk.v23i1.9352
Misrawati, M., & Suryana, D. (2021). Bahan Ajar Matematika Berbasis Model Pembelajaran Tematik terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 298-306. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1249
Mukholifah, M., Tisngati, U., & Ardhyantama, V. (2020). Mengembangkan Media Pembelajaran Wayang Karakter Pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(4), 673-682. https://doi.org/10.47492/jip.v1i4.152
Pratita, D., Amrina, D. E., & Djahir, Y. (2021). Analisis Kebutuhan Mahasiswa Terhadap Bahan Ajar Sebagai Acuan Untuk Mengembangkan E-Modul Pembelajaran Digital. Jurnal PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 8(1), 69-74. https://doi.org/10.36706/jp.v8i1.13129
Pratiwi, S., Komala, E., & Monariska, E. (2020). Pengembangan bahan ajar berbasis cerita bergambar matematika. Jurnal Analisa, 6(2), 143-152. https://doi.org/10.15575/ja.v6i2.9033
Puspitasari, E., Novianti, R., & N, Z. (2021). Pengembangan Sistem Penilaian Pembelajaran PAUD melalui Aplikasi SAKA. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1346-1356. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1726
Qolbi, I. N. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Metode Kontruktivisme Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Di Lembaga Bahasa …. Jurnal Education and …, 9(3), 225-228. http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/2843
Rofiqoh, I., Puspitasari, D., & Nursaidah, Z. (2020). Pengembangan Game Math Space Adventure Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Pecahan Di Sekolah Dasar. Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1), 41-54. https://doi.org/10.36706/jls.v2i1.11445
Sanjaya, M. D., & Inawati. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Pengembangan Keterampilan Berbicara. Jurnal Bindo Sastra, 3(2), 104-118.
https://doi.org/10.30983/educative.v3i1.549
Saputro, B. (2017). Manajemen Penelitian Pengembangan (Research & Development) bagi Penyusun Tesis dan Disertasi. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).
Sari, Y., & Yustiana, S. (2021). Efektivitas bahan ajar cerita bergambar bemuatan religius terhadap prestasi belajar siswa kelas 1 sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 175. https://doi.org/10.30659/pendas.8.2.175-185
Septia, Y. L., Nurcahyono, N. A., & Balkist, P. S. (2022). Pengembangan Media Baret Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMK. 06(01), 35-47. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.986
Sit, M., Khadijah, Nasution, F., Wahyuni, S., Rohani, Nurhayani, Sitorus, A. S., & Armayanti, R. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Pengembangan Teori dan Praktik. In Perdana Publishing.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.
Suningsih, T., Rahelly, Y., & Rukiyah. (2020). Development of Interactive Multimedia on Material Introduction the Wild Animal in Kindergarten: Research and Development in Early Childhood Teacher Education Program. 44(Icece 2019), 1-4. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200715.001
Tatminingsih, S. (2021). Model Pengembangan Big Book untuk Meningkatkan Kompetensi Guru PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1057-1069. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1698
Ulfah, A., & Jumaiyah. (2018). Jurnal Inovasi Pendidikan Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Bahasa Indonesia. Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(2), 1-9.
Ulfah, M., Purnama, S., Hamzah, N., & Fanhas Fatwa, E. (2022). Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 6(3), 1416-1428. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1773
Utami, F., Rantina, M., & Edi, R. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Anak Menggunakan QR Code pada Materi Sains Anak Usia Dini. 6(3), 1976-1990. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1882
Yonanda, D. A. dkk. (2022). Kebutuhan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Indramayu untuk Menumbuhkan Ecoliteracy Siswa Sekolah Dasar. 8(1), 173-185. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/cp/article/view/1927/1220