- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Literasi Kesehatan pada Anak Usia Dini melalui Kegiatan Eating Clean
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.188Keywords:
Literasi Kesahatan, Anak Usia Dini, Kegiatan Eating CleanAbstract
Kegiatan eating clean bekal sehat di RA Al-Muqoddasah dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian lembaga pendidikan terhadap kesehatan generasi penerus bangsa. Dengan menggunakan metode analisis dekriptif, peneliti menggambarkan bagaimana tumbuhnya kesadaran anak akan makanan sehat dari kegiatan Eating clean dan memperkenalkan anak untuk merasakan berbagai masakan dan olahan makanan sehat yang penuh gizi. Kegiatan tersebut terdiri atas fruit day, vegetable day, bread and milk day, tubers day, dan biscuit day. Hasilnya dari 25 orang anak 90% anak menyukai bekal makanan sehat yang bervariasi dan diolah dengan sehat dan 99% respon orang tua pun merasakan dampak dari eating clean, yaitu ketika mereka merasa terbantu untuk menyiapkan menu harian anak dan pengenalkan makanan sehat untuk anak. Pengenalan makanan sehat yang penuh nutrisi dan gizi seimbang bagi anak sedini mungkin sangatlah pentingDownloads
References
Affrida, E. N. (2017). Strategi Ibu dengan Peran Ganda dalam Membentuk Kemandirian Anak Usia Prasekolah. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 114–130. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.24
Aristiana, & Dkk. (2015). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Kesulitan Makan Anak Prasekolah. Jurnal JOM, 2(2). Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/186053
Aulina, R. (2011). Gizi Seimbang dan Makanan Sehat Untuk Anak Usia. Parenting Class Di Islamic Baby School Playgroup and Child Care “Rumah Ibu,” 4.
Awaluddin, & Dkk. (2017). Hubungan Status Gizi dengan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 SD Negeri 5 Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar, 5(2). Retrieved from www.jurnal.unsyiah.ac.id
CNN Indonesia. (2017, March 9). Angka keurangan Gizi Indonesia di atas Ambang Batas WHO.
Darmasyeti. (2016). Panduan Program Eating Clean Balai Pendidikan Al-Muqoddasah (pp. 1–2). pp. 1–2. Bandung.
Detiknews. (2018, March 28). Juta Anak Indonesia Kekurangan Gizi. Retrieved from https://m.detik.com.
Dewi, & Ratna. (2014). Upaya meningkatkan Pengatahuan Makanan Sehat Melalui Penerapan Sentra Cooking Pada Kelompok B di PAUD Baitus Syibyan Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang. Jurnal Penelitian PAUDIA, 3(1), 163. https://doi.org/10.26877/paudia.v3i2%20Oktober.510
Handayani, R. (2014). Literasi untuk Edukasi Bencana oleh Ririn Handayani - Kompasiana.com. Retrieved July 4, 2019, from Kompasiana website: https://www.kompasiana.com/ririnhandayani/54f4b0f97455137c2b6c8cdb/literasi-untuk-edukasi-bencana
Purwani, E., & Mariyam. (2013). Pola Pemberian Makanan dengan Status Gizi Anak Usia 1 Sampai 5 Tahun di Kabunan Taman Pemalang. Jurnal Keperawatan Anak, 1(1), 903–1915. Retrieved from https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JKA/article/view/903
Rita. (2011). Pendidikan Gizi Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Educhild, 4(2), 110.
Rivanica, & Oxyandi. (2016). Buku Ajar Deteksi Dini Tumbuh Kembang Dan Pemeriksaan Bayi Baru Lahir. Jakarta: Salemba.
Rusilanti, & Dkk. (2015). Gizi dan Kesehatan Anak Prasekolah. Bandung: Rosdakarya.
Santrock, J. W. (2007). Perkembangan Anak (Vol. 1). Jakarta: Erlangga.
Sayoga. (2015). Pendidikan Kesehatan untuk Sekolah Dasar. Bandung: Rosdakarya.
Syafriani. (2016). Efektifitas Penyuluhan Terhadap Pengetahuan Ibu Balita Tentang Menu Seimbang Balita Di Posyandu Melati Desa Muara Langsat Kuantan Singingi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.36
Titik, & Agus. (2014). Pentingnya Memilih Jajanan Sehat Demi Kesehatan Anak. Jurnal Inovasi Dan Kewirausahaan, 3(3), 192–196. Retrieved from http://jurnal.uii.ac.id/ajie/article/download/7832/6844
Ulwan, N. (2017). Pendidikan Anak dalam Islam. Solo: Insan Kamil.
Uyu, & Mubiar. (2011). Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini. Bandung: Refika Aditama.
Yusuf, S. (2009). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Rosdakarya.