Literasi Kesehatan pada Anak Usia Dini melalui Kegiatan Eating Clean

Author


Dinar Nur Inten(1), Andalusia Neneng Permatasari(2Mail),
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Islam Bandung, Indonesia(1)
Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 489KB]

Published : 2019-07-04

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 9450 times PDF Downloaded: 13235 times

Abstract


Kegiatan eating clean bekal sehat di RA Al-Muqoddasah dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian lembaga pendidikan terhadap kesehatan generasi penerus bangsa. Dengan menggunakan metode analisis dekriptif, peneliti menggambarkan bagaimana tumbuhnya kesadaran anak akan makanan sehat dari kegiatan Eating clean dan memperkenalkan anak untuk merasakan berbagai masakan dan olahan makanan sehat yang penuh gizi. Kegiatan tersebut terdiri atas fruit day, vegetable day, bread and milk day, tubers day, dan biscuit day. Hasilnya dari 25 orang anak 90% anak menyukai bekal makanan sehat yang bervariasi dan diolah dengan sehat dan 99% respon orang tua pun merasakan dampak dari eating clean, yaitu ketika mereka merasa terbantu untuk menyiapkan menu harian anak dan pengenalkan makanan sehat untuk anak. Pengenalan makanan sehat yang penuh nutrisi dan gizi seimbang bagi anak sedini mungkin sangatlah penting

Keywords


Literasi Kesahatan; Anak Usia Dini; Kegiatan Eating Clean

References


Affrida, E. N. (2017). Strategi Ibu dengan Peran Ganda dalam Membentuk Kemandirian Anak Usia Prasekolah. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 114130. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.24

Aristiana, & Dkk. (2015). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Kesulitan Makan Anak Prasekolah. Jurnal JOM, 2(2). Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/186053

Aulina, R. (2011). Gizi Seimbang dan Makanan Sehat Untuk Anak Usia. Parenting Class Di Islamic Baby School Playgroup and Child Care Rumah Ibu, 4.

Awaluddin, & Dkk. (2017). Hubungan Status Gizi dengan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 SD Negeri 5 Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar, 5(2). Retrieved from www.jurnal.unsyiah.ac.id

CNN Indonesia. (2017, March 9). Angka keurangan Gizi Indonesia di atas Ambang Batas WHO.

Darmasyeti. (2016). Panduan Program Eating Clean Balai Pendidikan Al-Muqoddasah (pp. 12). pp. 12. Bandung.

Detiknews. (2018, March 28). Juta Anak Indonesia Kekurangan Gizi. Retrieved from https://m.detik.com.

Dewi, & Ratna. (2014). Upaya meningkatkan Pengatahuan Makanan Sehat Melalui Penerapan Sentra Cooking Pada Kelompok B di PAUD Baitus Syibyan Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang. Jurnal Penelitian PAUDIA, 3(1), 163. https://doi.org/10.26877/paudia.v3i2%20Oktober.510

Handayani, R. (2014). Literasi untuk Edukasi Bencana oleh Ririn Handayani - Kompasiana.com. Retrieved July 4, 2019, from Kompasiana website: https://www.kompasiana.com/ririnhandayani/54f4b0f97455137c2b6c8cdb/literasi-untuk-edukasi-bencana

Purwani, E., & Mariyam. (2013). Pola Pemberian Makanan dengan Status Gizi Anak Usia 1 Sampai 5 Tahun di Kabunan Taman Pemalang. Jurnal Keperawatan Anak, 1(1), 9031915. Retrieved from https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JKA/article/view/903

Rita. (2011). Pendidikan Gizi Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Educhild, 4(2), 110.

Rivanica, & Oxyandi. (2016). Buku Ajar Deteksi Dini Tumbuh Kembang Dan Pemeriksaan Bayi Baru Lahir. Jakarta: Salemba.

Rusilanti, & Dkk. (2015). Gizi dan Kesehatan Anak Prasekolah. Bandung: Rosdakarya.

Santrock, J. W. (2007). Perkembangan Anak (Vol. 1). Jakarta: Erlangga.

Sayoga. (2015). Pendidikan Kesehatan untuk Sekolah Dasar. Bandung: Rosdakarya.

Syafriani. (2016). Efektifitas Penyuluhan Terhadap Pengetahuan Ibu Balita Tentang Menu Seimbang Balita Di Posyandu Melati Desa Muara Langsat Kuantan Singingi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.36

Titik, & Agus. (2014). Pentingnya Memilih Jajanan Sehat Demi Kesehatan Anak. Jurnal Inovasi Dan Kewirausahaan, 3(3), 192196. Retrieved from http://jurnal.uii.ac.id/ajie/article/download/7832/6844

Ulwan, N. (2017). Pendidikan Anak dalam Islam. Solo: Insan Kamil.

Uyu, & Mubiar. (2011). Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini. Bandung: Refika Aditama.

Yusuf, S. (2009). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.