- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Peran Orang Tua terhadap Pembelajaran Mitigasi Bencana Bagi Anak Usia Dini di Masa Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1866Keywords:
anak usia dini, mitigasi bencana, orang tuaAbstract
Penelitian ini didasarkan akan pentingnya orang tua dalam mendukung ketercapaian tujuan pembelajaran dalam mengenalkan dan mengembangkan pemahaman tentang mitigasi bencana bagi anak usia dini di masa pandemi Covid-19. Tujuan penelitian ini yakni untuk mengkaji peran orangtua dalam pembelajaran mitigasi bencana. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif melalui penyebaran angket terhadap 62 orang tua anak usia dini. Dalam penelitian ini terdapat beberaoa focus pertanyaan terkait: Orangtua menyiapkan tas siaga bencana di dalam rumah; Orang tua mengajarkan selalu bersyukur dan bersabar atas musibah; Kelekatan anak, dan Orang tua membantu menyiapkan media pembelajaran mitigasi bencana. Hasil penelitian menghasilkan kesimpulan bahwa orang tua membantu dalam mengenalkan tentang konsep dan cara sederhana terkait mitigasi bencana juga adanya penyampaian Al-Quran dan hadits serta mahfudzot terkait mitigasi yang diramu melalui metode diskusi dan bercerita serta media yang menarik sehingga anak merasakan senang dan dapat menyampaikan ide serta gagasan terkait mitigasi dengan nyaman dan terwujudlah pembelajaran bermakna.
Downloads
References
Astuti, R. T. (2012). Pengalaman Traumatic Remaja Perempuan Akibat Banjir Lahar Dingin Pasca Erupsi Gunung Merapi Dalam Perspektif Tumbuh Kembang Di Hunian Sementara Kabupaten Magelang.
BPBD. (2019). Tas Siaga Bencana. https://bpbd.temanggungkab.go.id//home/berita/212/tas-siaga-bencana
Bryant, R. A., Gibbs, L., Gallagher, H. C., Pattison, P., Lusher, D., MacDougall, C., Harms, L., Block, K., Sinnott, V., Ireton, G., Richardson, J., & Forbes, D. (2018). Longitudinal study of changing psychological outcomes following the Victorian Black Saturday bushfires. Australian and New Zealand Journal of Psychiatry, 52(6), 542-551. https://doi.org/10.1177/0004867417714337
Candra, A. N., Sofia, A., & Anggraini, G. F. (2017). Gaya Pengasuhan Orang Tua pada Anak usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 3(2).
CNN Indonesia. (2020). Update Corona 30 April 10118 Positif 792 Meninggal Dunia. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200430132023-20-498858/update-corona-30-april-10118-positif-792-meninggal-dunia
CRED. (2018). Natural Disasters 2018: An opportunity to prepare. Emergency Events Database. https://www.emdat.be/
Daryanto. (2013). Media Pembelajaran. Gava Media.
Edwin. (2017). Pemulihan Anak Pasca Bencana: Pelibatan Komunitas untuk Hasil Intervensi yang Efektif. (Medan). Fakultas Psikologi USU.
Fothergill, A. (2017). Children, Youth, and Disaster Children, Youth, and Disaster Children, Youth, and Disaster. Oxford Research Encyclopedia of Natural Hazard Science, July 2017, 1-26. https://doi.org/10.1093/acrefore/9780199389407.013.23
GFDRR. (2020). Indonesia. 2020.
Greenberg, N., Carr, J. A., & Summers, C. H. (2002). Ecology and Evolutionary Biology Ethological Causes and Consequences of the Stress Response Ethological Causes and Consequences of the Stress Response. Integrative & Comparative Biology.
https://doi.org/10.1093/icb/42.3.508
Hajrah. (2018). Pengembangan metode bercerita pada anak usia dini (Universitas Negeri Makassar: eprints, 25 Oktober 2018). Universitas Negeri MakassarMakassar.
Haleemunnissa, S., Didel, S., Swami, M. K., Singh, K., & Vyas, V. (2021). Children and COVID19: Understanding impact on the growth trajectory of an evolving generation. Children and Youth Services Review, 120. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105754
Havis, D. P. (2020). Perancangan Tas Siaga Bencana Dengan Mempertimbangkan Tas Siaga Bencana.
Hayudityas, B. (2020). Pentingnya penerapan pendidikan mitigasi bencana di Sekolah untuk mengetahui kesiapsiagaan peserta didik. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(2)(Anak dan Bencana), 94-102.
International Insurance Institute. (2020). Facts + Statistics: Global catastrophes. 2020.
Kementerian Kesehatan RI. (2020). Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus deases (Covid-19). Kementrian Kesehatan, 5, 178. https://covid19.go.id/storage/app/media/Protokol/REV-05_Pedoman_P2_COVID-19_13_Juli_2020.pdf
Khambali, K. (2017). Family Role in Shaping Character Islam in Early Childhood Through Habituation Method. Ta Dib : Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 155-163. https://doi.org/10.29313/tjpi.v6i1.2382
Kousky, C. (2016). Impacts of natural disasters on children. Future of Children, 26(1), 73-92. https://doi.org/10.1353/foc.2016.0004
Kumoro, I. (2015). Analisis Urgensi Metode Pembelajaran Bercerita Bagi Perkembangan Empati Anak di TK Dharma Wanita Kendal Tahun Ajaran 2015/2016. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan "Meretas Sukses Publikasi Ilmiah Bidang Pendidikan Jurnal Bereputasi," 1(1), 129-131.
Kusumawati, H., & Sari, E. S. (2012). Pelatihan Penulisan Lagu Anak Untuk Guru-Guru Tksebagai Media Mitigasi Bencana Di Yogyakarta. INOTEK, 16(2).
lestari, S. (2012). Psikologi Keluarga: Penanaman Nilai dan Penanganan Konflik dalam Keluarga,. Jakarta:Prenada Media Group, 50.
Lutfatutatifah, Adriany, V., & FaizahRomadona, N. (2015). Pola Asuh Orang Tua Anak Usia Dini Di Kampung Adat Benda Kerep Kota Cirebon. Jurnal Pendidikan Serantau, 1(1), 1-226.
Mulyadi. (2012). Perkembangan Anak (11th ed.). Erlangga.
Nasution, Wahyuni, & Daulay. (2014). Penatalaksanaan Dampak Psikologis Pada Anak Korban Bencana Melalui Terapi Bermain. Studi Kasus Erupsi Gunung Sinabung.
Norris, F. H., Friedman, M. J., Watson, P. J., Byrne, C. M., Diaz, E., & Kaniasty, K. (2002). 60,000 Disaster victims speak: Part I. An empirical review of the empirical literature, 1981-2001. Psychiatry, 65(3), 207-239. https://doi.org/10.1521/psyc.65.3.207.20173
Novrinda, Nina, K., & Yulidesni. (2017). Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 61-80. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1526
Nuraeni, N., Mujiburrahman, M., & Hariawan, R. (2020). Manajemen Mitigasi Bencana pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini untuk Pengurangan Risiko bencana Gempa Bumi dan Tsunami. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 4(1), 68. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v4i1.200
Nurlaeni, N., & Juniarti, Y. (2017). Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Kemampuan Bahasa Pada Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Pelita PAUD, 2(1), 51-62. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v2i1.196
Osofsky, J., & Reuther, E. (2013). Young Children and Disasters: Lessons Learned About Resilience and Recovery. ZERO TO THREE, 34(2), 46-54.
Pemerintah Republik Indonesia. (2007). Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana. In Pemerintah Republik Indonesia. http://www.litbang.depkes.go.id/sites/download/regulasi/uu/UU_No._24_Th_2007_ttg_Penanggulangan_Bencana.pdf
Prabhawani, S. W. (2016). Pelibatan Orang Tua Dalam Program Sekolah di TK Khalifah. Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, 2(5), 205-218.
Rakhmawati, I. (2015). Peran Keluarga dalam Pengasuhan Anak. Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 6(1), 1-18. https://doi.org/10.21043/kr.v6i1.1037
Raynaudo, G., & Peralta, O. (2019). Children learning a concept with a book and an e-book: a comparison with matched instruction. European Journal of Psychology of Education, 34(1), 87-99. https://doi.org/10.1007/s10212-018-0370-4
Rijal, A. S., Matalapu, I., Jaya, R., & Maulana, K. M. (2021). Analisis Mitigasi Bencana terhadap Kondisi Sosial Budaya di Gorontalo. LaGeografia, 19(2), 155-174. https://ojs.unm.ac.id/Lageografia/article/view/17221
Scott, B. G., Lapré, G. E., Marsee, M. A., & Weems, C. F. (2014). Aggressive Behavior and Its Associations With Posttraumatic Stress and Academic Achievement Following a Natural Disaster. Journal of Clinical Child and Adolescent Psychology, 43(1), 43-50. https://doi.org/10.1080/15374416.2013.807733
Shultz, J. M., Espinola, M., Rechkemmer, A., Cohen, M. A., & Espinel, Z. (2017). Prevention of Disaster Impact and Outcome Cascades. In M. Israelashvili & J. Romano (Eds.), The Cambridge Handbook of International Prevention Science (pp. 492-519). Cambridge University Press. https://doi.org/10.1017/9781316104453.022
Strouse, G. A., Nyhout, A., & Ganea, P. A. (2018). The role of book features in young children's transfer of information from picture books to real-world contexts. In Frontiers in Psychology (Vol. 9, Issue FEB). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2018.00050
Sutjiono, T. W. A. (2005). Pendayagunaan Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Penabur, 7(04), 76-84.
Suyadi. (2010). Psikologi Belajar PAUD. Pustaka Insan Madani.
Tondobala, L. (2011). Pendekatan Untuk Menentukan Kawasan Rawan Bencana di Pulau Sulawesi. Jurnal Sabua, 3(3), 40-52.
UNDP. (2020). One of the world's most disaster-prone countries, Indonesia prepares school for tsunamis. Https://Www.Id.Undp.Org/Content/Indonesia/En/Home/Presscenter/Articles/2018/One-of-the-World-s-Most-Disaster-Prone-Countries--Indonesia-Prep.Html.
Utomo, A. P. (2020, March). WHO Umumkan Virus Corona sebagai Pandemi Global. Kompas.
World Health Organization. (2020). Coronavirus disease 2019. World Health Organization. https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019