Peran Orang Tua terhadap Pembelajaran Mitigasi Bencana Bagi Anak Usia Dini di Masa Covid-19

Authors

  • Khambali Khambali Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung, Indonesia https://orcid.org/0000-0001-5752-3396
  • Dinar Nur Inten Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Islam Bandung, Indonesia
  • Dewi Mulyani Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Islam Bandung, Indonesia
  • Funny Lichandra Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung, Indonesia
  • Dies Tiwi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Islam Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1866

Keywords:

anak usia dini, mitigasi bencana, orang tua

Abstract

Penelitian ini didasarkan akan pentingnya orang tua dalam mendukung ketercapaian tujuan pembelajaran dalam mengenalkan dan mengembangkan pemahaman tentang mitigasi bencana bagi anak usia dini di masa pandemi Covid-19. Tujuan penelitian ini yakni untuk mengkaji peran orangtua dalam pembelajaran mitigasi bencana. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif melalui penyebaran angket terhadap 62 orang tua anak usia dini. Dalam penelitian ini terdapat beberaoa focus pertanyaan terkait: Orangtua menyiapkan tas siaga bencana di dalam rumah; Orang tua mengajarkan selalu bersyukur dan bersabar atas musibah; Kelekatan anak, dan Orang tua membantu menyiapkan media pembelajaran mitigasi bencana. Hasil penelitian menghasilkan kesimpulan bahwa orang tua membantu dalam mengenalkan tentang konsep dan cara sederhana terkait mitigasi bencana juga adanya penyampaian Al-Quran dan hadits serta mahfudzot terkait mitigasi yang diramu melalui metode diskusi dan bercerita serta media yang menarik sehingga anak merasakan senang dan dapat menyampaikan ide serta gagasan terkait mitigasi dengan nyaman dan terwujudlah pembelajaran bermakna.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti, R. T. (2012). Pengalaman Traumatic Remaja Perempuan Akibat Banjir Lahar Dingin Pasca Erupsi Gunung Merapi Dalam Perspektif Tumbuh Kembang Di Hunian Sementara Kabupaten Magelang.

BPBD. (2019). Tas Siaga Bencana. https://bpbd.temanggungkab.go.id//home/berita/212/tas-siaga-bencana

Bryant, R. A., Gibbs, L., Gallagher, H. C., Pattison, P., Lusher, D., MacDougall, C., Harms, L., Block, K., Sinnott, V., Ireton, G., Richardson, J., & Forbes, D. (2018). Longitudinal study of changing psychological outcomes following the Victorian Black Saturday bushfires. Australian and New Zealand Journal of Psychiatry, 52(6), 542-551. https://doi.org/10.1177/0004867417714337

Candra, A. N., Sofia, A., & Anggraini, G. F. (2017). Gaya Pengasuhan Orang Tua pada Anak usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 3(2).

CNN Indonesia. (2020). Update Corona 30 April 10118 Positif 792 Meninggal Dunia. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200430132023-20-498858/update-corona-30-april-10118-positif-792-meninggal-dunia

CRED. (2018). Natural Disasters 2018: An opportunity to prepare. Emergency Events Database. https://www.emdat.be/

Daryanto. (2013). Media Pembelajaran. Gava Media.

Edwin. (2017). Pemulihan Anak Pasca Bencana: Pelibatan Komunitas untuk Hasil Intervensi yang Efektif. (Medan). Fakultas Psikologi USU.

Fothergill, A. (2017). Children, Youth, and Disaster Children, Youth, and Disaster Children, Youth, and Disaster. Oxford Research Encyclopedia of Natural Hazard Science, July 2017, 1-26. https://doi.org/10.1093/acrefore/9780199389407.013.23

GFDRR. (2020). Indonesia. 2020.

Greenberg, N., Carr, J. A., & Summers, C. H. (2002). Ecology and Evolutionary Biology Ethological Causes and Consequences of the Stress Response Ethological Causes and Consequences of the Stress Response. Integrative & Comparative Biology.
https://doi.org/10.1093/icb/42.3.508

Hajrah. (2018). Pengembangan metode bercerita pada anak usia dini (Universitas Negeri Makassar: eprints, 25 Oktober 2018). Universitas Negeri MakassarMakassar.

Haleemunnissa, S., Didel, S., Swami, M. K., Singh, K., & Vyas, V. (2021). Children and COVID19: Understanding impact on the growth trajectory of an evolving generation. Children and Youth Services Review, 120. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105754

Havis, D. P. (2020). Perancangan Tas Siaga Bencana Dengan Mempertimbangkan Tas Siaga Bencana.

Hayudityas, B. (2020). Pentingnya penerapan pendidikan mitigasi bencana di Sekolah untuk mengetahui kesiapsiagaan peserta didik. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(2)(Anak dan Bencana), 94-102.

International Insurance Institute. (2020). Facts + Statistics: Global catastrophes. 2020.

Kementerian Kesehatan RI. (2020). Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus deases (Covid-19). Kementrian Kesehatan, 5, 178. https://covid19.go.id/storage/app/media/Protokol/REV-05_Pedoman_P2_COVID-19_13_Juli_2020.pdf

Khambali, K. (2017). Family Role in Shaping Character Islam in Early Childhood Through Habituation Method. Ta Dib : Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 155-163. https://doi.org/10.29313/tjpi.v6i1.2382

Kousky, C. (2016). Impacts of natural disasters on children. Future of Children, 26(1), 73-92. https://doi.org/10.1353/foc.2016.0004

Kumoro, I. (2015). Analisis Urgensi Metode Pembelajaran Bercerita Bagi Perkembangan Empati Anak di TK Dharma Wanita Kendal Tahun Ajaran 2015/2016. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan "Meretas Sukses Publikasi Ilmiah Bidang Pendidikan Jurnal Bereputasi," 1(1), 129-131.

Kusumawati, H., & Sari, E. S. (2012). Pelatihan Penulisan Lagu Anak Untuk Guru-Guru Tksebagai Media Mitigasi Bencana Di Yogyakarta. INOTEK, 16(2).

lestari, S. (2012). Psikologi Keluarga: Penanaman Nilai dan Penanganan Konflik dalam Keluarga,. Jakarta:Prenada Media Group, 50.

Lutfatutatifah, Adriany, V., & FaizahRomadona, N. (2015). Pola Asuh Orang Tua Anak Usia Dini Di Kampung Adat Benda Kerep Kota Cirebon. Jurnal Pendidikan Serantau, 1(1), 1-226.

Mulyadi. (2012). Perkembangan Anak (11th ed.). Erlangga.

Nasution, Wahyuni, & Daulay. (2014). Penatalaksanaan Dampak Psikologis Pada Anak Korban Bencana Melalui Terapi Bermain. Studi Kasus Erupsi Gunung Sinabung.

Norris, F. H., Friedman, M. J., Watson, P. J., Byrne, C. M., Diaz, E., & Kaniasty, K. (2002). 60,000 Disaster victims speak: Part I. An empirical review of the empirical literature, 1981-2001. Psychiatry, 65(3), 207-239. https://doi.org/10.1521/psyc.65.3.207.20173

Novrinda, Nina, K., & Yulidesni. (2017). Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 61-80. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1526

Nuraeni, N., Mujiburrahman, M., & Hariawan, R. (2020). Manajemen Mitigasi Bencana pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini untuk Pengurangan Risiko bencana Gempa Bumi dan Tsunami. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 4(1), 68. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v4i1.200

Nurlaeni, N., & Juniarti, Y. (2017). Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Kemampuan Bahasa Pada Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Pelita PAUD, 2(1), 51-62. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v2i1.196

Osofsky, J., & Reuther, E. (2013). Young Children and Disasters: Lessons Learned About Resilience and Recovery. ZERO TO THREE, 34(2), 46-54.

Pemerintah Republik Indonesia. (2007). Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana. In Pemerintah Republik Indonesia. http://www.litbang.depkes.go.id/sites/download/regulasi/uu/UU_No._24_Th_2007_ttg_Penanggulangan_Bencana.pdf

Prabhawani, S. W. (2016). Pelibatan Orang Tua Dalam Program Sekolah di TK Khalifah. Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, 2(5), 205-218.

Rakhmawati, I. (2015). Peran Keluarga dalam Pengasuhan Anak. Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 6(1), 1-18. https://doi.org/10.21043/kr.v6i1.1037

Raynaudo, G., & Peralta, O. (2019). Children learning a concept with a book and an e-book: a comparison with matched instruction. European Journal of Psychology of Education, 34(1), 87-99. https://doi.org/10.1007/s10212-018-0370-4

Rijal, A. S., Matalapu, I., Jaya, R., & Maulana, K. M. (2021). Analisis Mitigasi Bencana terhadap Kondisi Sosial Budaya di Gorontalo. LaGeografia, 19(2), 155-174. https://ojs.unm.ac.id/Lageografia/article/view/17221

Scott, B. G., Lapré, G. E., Marsee, M. A., & Weems, C. F. (2014). Aggressive Behavior and Its Associations With Posttraumatic Stress and Academic Achievement Following a Natural Disaster. Journal of Clinical Child and Adolescent Psychology, 43(1), 43-50. https://doi.org/10.1080/15374416.2013.807733

Shultz, J. M., Espinola, M., Rechkemmer, A., Cohen, M. A., & Espinel, Z. (2017). Prevention of Disaster Impact and Outcome Cascades. In M. Israelashvili & J. Romano (Eds.), The Cambridge Handbook of International Prevention Science (pp. 492-519). Cambridge University Press. https://doi.org/10.1017/9781316104453.022

Strouse, G. A., Nyhout, A., & Ganea, P. A. (2018). The role of book features in young children's transfer of information from picture books to real-world contexts. In Frontiers in Psychology (Vol. 9, Issue FEB). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2018.00050

Sutjiono, T. W. A. (2005). Pendayagunaan Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Penabur, 7(04), 76-84.

Suyadi. (2010). Psikologi Belajar PAUD. Pustaka Insan Madani.

Tondobala, L. (2011). Pendekatan Untuk Menentukan Kawasan Rawan Bencana di Pulau Sulawesi. Jurnal Sabua, 3(3), 40-52.

UNDP. (2020). One of the world's most disaster-prone countries, Indonesia prepares school for tsunamis. Https://Www.Id.Undp.Org/Content/Indonesia/En/Home/Presscenter/Articles/2018/One-of-the-World-s-Most-Disaster-Prone-Countries--Indonesia-Prep.Html.

Utomo, A. P. (2020, March). WHO Umumkan Virus Corona sebagai Pandemi Global. Kompas.

World Health Organization. (2020). Coronavirus disease 2019. World Health Organization. https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019

Downloads

Additional Files

Published

08-11-2021

How to Cite

Khambali, K., Inten, D. N., Mulyani, D., Lichandra, F., & Tiwi, D. (2021). Peran Orang Tua terhadap Pembelajaran Mitigasi Bencana Bagi Anak Usia Dini di Masa Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1881–1896. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1866

Issue

Section

Articles