Digital Parenting sebagai Upaya Mencegah Kecanduan Gadget pada Anak Usia Dini saat Pandemi Covid-19

Author


Kartika Dewi Sisbintari(1Mail), Farida Agus Setiawati(2),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author

 PDF Full Text  

Published : 2021-10-07

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 4683 times PDF Downloaded: 4341 times

Abstract


Penggunaan gadget yang berlebihan pada anak harus dihindari agar perkembangan mereka tidak terganggu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran orang tua dalam menerapkan digital parenting sebagai upaya dalam mencegah kecanduan gadget pada anak usia dini selama pandemic covid-19. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah orang tua yang memiliki anak rentang usia 4-6 tahun yang ditentukan dengan teknik purposive random sampling. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara. Data kualitatif yang dikumpulkan selanjutnya dianalisis dengan teknik triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua dalam menerapkan digital parenting selama pandemi covid-19 sebagai upaya pencegahan kecanduan gadget pada anak usia dini adalah manajemen waktu penggunaan gadget, mendampingi anak saat menggunakan gadget, memanfaatkan aplikasi youtube kids, memantau aktivitas browsing yang digunakan, tidak mengenalkan game pada anak, dan menerapkan screen time. Digital parenting menjadi salah satu metode yang dapat dijadikan sebagai usaha dalam mencegah kecanduan gadget pada anak usia dini.


Keywords


digital parenting; gadget; anak usia dini; pandemi covid-19

References


Abdu, S., Saranga, J. L., Sulu, V., & Wahyuni, R. (2021). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Penurunan Ketajaman Penglihatan. Jurnal Keperawatan Florence Nightingale, 4(1), 24-30. https://doi.org/10.52774/jkfn.v4i1.59

Akhyadi, A. S., & Mulyono, D. (2019). Program Parenting dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Keluarga. Abdimas Siliwangi, 1(1), 1-8. https://doi.org/10.22460/as.v1i1p1-8.34

Anggrasari, L. A. (2020). Penerapan E-learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital di Era New Normal. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(2), 248-256. https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.7493

Ariantoro, T. R. (2016). Dampak Game Online terhadap Prestasi Belajar Pelajar. JUTIM (Jurnal Teknik Informatika Musirawas), 1(1), 45-50.

Asmawati, L. (2021). Peran Orang Tua dalam Pemanfaatan Teknologi Digital pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 82-96.
https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1170

Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2020). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579

Azanella, L. A. (2020). 9 Daerah di Indonesia yang Terapkan PSBB karena Virus Corona. Kompas.

Chusna, P. A. (2017). Pengaruh media gadget pada perkembangan karakter anak. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 17(2), 315-330.

Damayanti, T., & Gemiharto, I. (2019). Kajian Dampak Negatif Aplikasi Berbagi Video bagi Anak-Anak di Bawah Umur di Indonesia. Communication, 10(1), 1-15.
https://doi.org/10.36080/comm.v10i1.809

Darmalaksana, W., Hambali, R. Y. A., Masrur, A., & Muhlas. (2020). Analisis Pembelajaran Online Masa WFH Pandemic Covid-19 sebagai Tantangan Pemimpin Digital Abad 21. Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung Tahun 2020, 1(1), 1-12.

Dasopang, M. D., & Lubis, A. H. (2021). Perempuan-Perempuan Tangguh Penjaga Nilai-Nilai Keislaman Anak: Studi Daerah Minoritas Muslim. Kafaah: Journal of Gender Studies, 11(1), 81-92. https://doi.org/10.15548/jk.v11i1.353

Dhawan, S. (2020). Online Learning: A Panacea in the Time of COVID-19 Crisis. Journal of Educational Technology Systems, 49(1), 5-22. https://doi.org/10.1177/0047239520934018

Dini, J. P. A. U. (2021). Persepsi Guru dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring di PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 633-640. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.574

Eklesia, R. C., Londa, J. W., & Mingkid, E. (2020). Peran Komunikasi Orang Tua dalam Mencegah Kecanduan Gadget pada Anak Usia Dini di Kelurahan Karombasan Utara. Acta Diurna Komunikasi, 2(3), 113-127.

Fitriani, R., & Adawiyah, R. (2018). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 2(1), 25-34. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.742

Handayani, L., Wijaya, C. S., & Dewi, M. K. (2020). Edukasi Pola Asuh dan Bahaya Penggunaan Gadget. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Bangka Belitung, 7(1), 1-9.

HeavyRunner, I., & DeCelles, R. (2002). Family Education Model: Meeting The Student Retention Challenge. Journal of American Indian Education, 14(2), 29-37.

Hijriyani, Y. S., & Astuti, R. (2020). Penggunaan Gadget oleh Anak Usia Dini pada Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(1), 16-28.
https://doi.org/10.21043/thufula.v8i1.6636

Hudaya, A. (2018). Pengaruh Gadget terhadap Sikap Disiplin dan Minat Belajar Peserta Didik. Research and Development Journal of Education, 4(2), 86-97.
https://doi.org/10.30998/rdje.v4i2.3380

Khoiriyati, S., & Saripah, S. (2018). Pengaruh Media Sosial pada Perkembangan Kecerdasan Kognitif Anak Usia Dini. Aulada: Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak, 1(1), 49-60. https://doi.org/10.31538/aulada.v1i1.209

Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94-100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459

Lubis, A. H. (2019). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar melalui Model Cooperative Learning Tipe Numered Heads Together. Forum Paedagogik, 11(2), 127-143. https://doi.org/10.24952/paedagogik.v11i2.2268

Lubis, A. H., & Dasopang, M. D. (2020). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Augmented Reality untuk Mengakomodasi Generasi Z. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(6), 780-791. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i6.13613

Lubis, A. H., & Dasopang, M. D. (2021). Online Learning during the Covid-19 Pandemic: How is It Implemented in Elementary Schools? Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 11(1), 120-134. https://doi.org/10.25273/pe.v11i1.8618

Lubis, A. H., & Wangid, M. N. (2019). Augmented Reality-assisted Pictorial Storybook: Media to Enhance Discipline Character of Primary School Students. Mimbar Sekolah Dasar, 6(1), 11-20. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v6i1.16415

Martínez, I., Murgui, S., García, O. F., & García, F. (2019). Parenting in the Digital Era: Protective and Risk Parenting Styles for Traditional Bullying and Cyberbullying Victimization. Computers in Human Behavior, 90, 84-92.
https://doi.org/10.1016/j.chb.2018.08.036

Masni, H. (2017). Peran Pola Asuh Demokratis Orang Tua terhadap Pengembangan Potensi Diri dan Kreativitas Siswa. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 6(1), 58-74.

Nasution, S. (2019). Pendidikan Lingkungan Keluarga. TAZKIYA, 8(1).

Noor, F., Mumpuni, R. A., Amaliyah, A., & Laksmiwati, I. (2020). Pendampingan Ibu Bekerja (Working Mom) terhadap Penggunaan Youtube pada Anak. Komuniti: Jurnal Komunikasi Dan Teknologi Informasi, 12(1), 40-50.
https://doi.org/10.23917/komuniti.v12i1.10070

Novitasari, N. (2019). Strategi Pendampingan Orang Tua terhadap Intensitas Penggunaan Gadget pada Anak. Al-Hikmah: Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 3(2), 167-188. https://doi.org/10.35896/ijecie.v3i2.77

Novitasari, W., & Khotimah, N. (2016). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Interksi Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Paud Teratai, 5(3), 1-4.

Nurhidayah, I., Ramadhan, J. G., Amira, I., & Lukman, M. (2021). Peran Orangtua dalam Pencegahan terhadap Kejadian Adiksi Gadget pada Anak: Literatur Review. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 4(1), 129-140.

Pinariya, J. M., & Lemona, M. (2019). Literasi Internet Ramah Anak. ABDI MOESTOPO: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 50-56. https://doi.org/10.33474/jipemas.v2i2.2694

Pratikno, A. S., & Sumantri, S. (2020). Digital Parenting: Bagaimana Mencegah Kecanduan Gadget pada Anak. Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 107-123. https://doi.org/10.36835/au.v2i1.301

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Budi Santoso, P., Mayesti Wijayanti, L., Chi Hyun, C., & Setyowati Putri, R. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. In EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling (Vol. 2, Issue 1). https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397

Radhitya, T. V., Nurwati, N., & Irfan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Kekerasan dalam Rumah Tangga. Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik, 2(2), 111-119.
https://doi.org/10.24198/jkrk.v2i2.29119

Rakhmawati, D., Ismah, I., & Lestari, F. W. (2020). Sosialisasi Bahaya Kecanduan Gadget. Altruis: Journal of Community Services, 1(3), 159-164.
https://doi.org/10.22219/altruis.v1i3.12926

Ramdani, L. A., & Azizah, N. (2019). Permainan Outbound untuk Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 494. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.407

Rohman, K. (2018). Agresifitas Anak Kecanduan Game Online. Martabat, 2(1), 155-172.
https://doi.org/10.21274/martabat.2018.2.1.155-172

Sahriana, N. (2019). Pentingnya Peran Orang Tua dalam Penggunaan Gadget pada Anak Usia Dini. Jurnal Smart PAUD, 2(1), 60-66. https://doi.org/10.36709/jspaud.v2i1.5922

Santrock, J. W. (2011). Educational Psychology (5th ed.). McGraw-hill Companies.

Sari, I. M., & Prajayanti, E. D. (2017). Peningkatan Pengetahuan Siswa SMP tentang Dampak Negatif Game Online gagi Kesehatan. GEMASSIKA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 31-39. https://doi.org/10.30787/gemassika.v1i1.216

Sari, I. P., Wardhani, R. W. K., & Amal, A. S. (2020). Peran Orang Tua Mencegah Dampak Negatif Gadget Melalui Pendekatakan Komunikasi dan Psikologi. IJIP: Indonesian Journal of Islamic Psychology, 2(2), 267-289.
https://doi.org/10.18326/ijip.v2i2.267-289

Sugiri, D. (2020). Menyelamatkan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah dari Dampak Pandemi Covid-19. Fokus Bisnis: Media Pengkajian Manajemen Dan Akuntansi, 19(1), 76-86.
https://doi.org/10.32639/fokusbisnis.v19i1.575

Susilo, B. (2019). Dampak Positif Perkembangan Teknologi Informasi terhadap Tumbuh Kembang Anak. SINDIMAS, 1(1), 139-143.

Syifa, L., Setianingsih, E. S., & Sulianto, J. (2019). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Psikologi pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 527-533. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.22310

Tanto, O. D., & Sufyana, A. H. (2020). Stimulasi Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini dalam Seni Tradisional Tatah Sungging. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 575. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.421

Triyono, U. (2019). Kepemimpinan Transformasional dalam Pendidikan:(Formal, Non Formal, dan Informal). Deepublish.

Wahyuni, M., Fauziddin, M., & Rizki, L. M. (2021). The Effects of Using Kahoot ! on Understanding the Concept of Mathematical Symbols in Higher Education. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 13(3). https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i1.458

Wolfolk, A. (2016). Educational Psychology (13th ed.). Pearson Education Inc.

Wulandari, D., & Hermiati, D. (2019). Deteksi Dini Gangguan Mental dan Emosional pada Anak yang Mengalami Kecanduan Gadget. Jurnal Keperawatan Silampari, 3(1), 382-392. https://doi.org/10.31539/jks.v3i1.843

Yaumi, M. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran. Rineka Cipta.

Yusuf, M., Witro, D., Diana, R., Santosa, T. A., Alfikri, A., & Jalwis, J. (2020). Digital Parenting to Children Using the Internet. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 3(1), 1-14. https://doi.org/10.24256/pijies.v3i1.1277

Zainuri, A. (2018). Pendidikan Karakter di Keluarga. Tadrib, 4(2), 260-279.
https://doi.org/10.19109/tadrib.v4i2.2524

Zulfah, S. (2018). Pengaruh Perkembangan Teknologi Informasi Lingkungan (Studi Kasus Kelurahan Siti Rejo I Medan). Buletin Utama Teknik, 13(2), 143-149.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.