
Author
Kartika Dewi Sisbintari(1

Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia, Indonesia(2)

Published : 2021-10-07
Article can trace at:







Article Metrics
Abstract Views: 4683 times
PDF Downloaded: 4341 times
Abstract
Penggunaan gadget yang berlebihan pada anak harus dihindari agar perkembangan mereka tidak terganggu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran orang tua dalam menerapkan digital parenting sebagai upaya dalam mencegah kecanduan gadget pada anak usia dini selama pandemic covid-19. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah orang tua yang memiliki anak rentang usia 4-6 tahun yang ditentukan dengan teknik purposive random sampling. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara. Data kualitatif yang dikumpulkan selanjutnya dianalisis dengan teknik triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua dalam menerapkan digital parenting selama pandemi covid-19 sebagai upaya pencegahan kecanduan gadget pada anak usia dini adalah manajemen waktu penggunaan gadget, mendampingi anak saat menggunakan gadget, memanfaatkan aplikasi youtube kids, memantau aktivitas browsing yang digunakan, tidak mengenalkan game pada anak, dan menerapkan screen time. Digital parenting menjadi salah satu metode yang dapat dijadikan sebagai usaha dalam mencegah kecanduan gadget pada anak usia dini.
Keywords
References
Abdu, S., Saranga, J. L., Sulu, V., & Wahyuni, R. (2021). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Penurunan Ketajaman Penglihatan. Jurnal Keperawatan Florence Nightingale, 4(1), 24-30. https://doi.org/10.52774/jkfn.v4i1.59
Akhyadi, A. S., & Mulyono, D. (2019). Program Parenting dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Keluarga. Abdimas Siliwangi, 1(1), 1-8. https://doi.org/10.22460/as.v1i1p1-8.34
Anggrasari, L. A. (2020). Penerapan E-learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital di Era New Normal. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(2), 248-256. https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.7493
Ariantoro, T. R. (2016). Dampak Game Online terhadap Prestasi Belajar Pelajar. JUTIM (Jurnal Teknik Informatika Musirawas), 1(1), 45-50.
Asmawati, L. (2021). Peran Orang Tua dalam Pemanfaatan Teknologi Digital pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 82-96.
https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1170
Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2020). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579
Azanella, L. A. (2020). 9 Daerah di Indonesia yang Terapkan PSBB karena Virus Corona. Kompas.
Chusna, P. A. (2017). Pengaruh media gadget pada perkembangan karakter anak. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 17(2), 315-330.
Damayanti, T., & Gemiharto, I. (2019). Kajian Dampak Negatif Aplikasi Berbagi Video bagi Anak-Anak di Bawah Umur di Indonesia. Communication, 10(1), 1-15.
https://doi.org/10.36080/comm.v10i1.809
Darmalaksana, W., Hambali, R. Y. A., Masrur, A., & Muhlas. (2020). Analisis Pembelajaran Online Masa WFH Pandemic Covid-19 sebagai Tantangan Pemimpin Digital Abad 21. Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung Tahun 2020, 1(1), 1-12.
Dasopang, M. D., & Lubis, A. H. (2021). Perempuan-Perempuan Tangguh Penjaga Nilai-Nilai Keislaman Anak: Studi Daerah Minoritas Muslim. Kafaah: Journal of Gender Studies, 11(1), 81-92. https://doi.org/10.15548/jk.v11i1.353
Dhawan, S. (2020). Online Learning: A Panacea in the Time of COVID-19 Crisis. Journal of Educational Technology Systems, 49(1), 5-22. https://doi.org/10.1177/0047239520934018
Dini, J. P. A. U. (2021). Persepsi Guru dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring di PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 633-640. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.574
Eklesia, R. C., Londa, J. W., & Mingkid, E. (2020). Peran Komunikasi Orang Tua dalam Mencegah Kecanduan Gadget pada Anak Usia Dini di Kelurahan Karombasan Utara. Acta Diurna Komunikasi, 2(3), 113-127.
Fitriani, R., & Adawiyah, R. (2018). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 2(1), 25-34. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.742
Handayani, L., Wijaya, C. S., & Dewi, M. K. (2020). Edukasi Pola Asuh dan Bahaya Penggunaan Gadget. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Bangka Belitung, 7(1), 1-9.
HeavyRunner, I., & DeCelles, R. (2002). Family Education Model: Meeting The Student Retention Challenge. Journal of American Indian Education, 14(2), 29-37.
Hijriyani, Y. S., & Astuti, R. (2020). Penggunaan Gadget oleh Anak Usia Dini pada Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(1), 16-28.
https://doi.org/10.21043/thufula.v8i1.6636
Hudaya, A. (2018). Pengaruh Gadget terhadap Sikap Disiplin dan Minat Belajar Peserta Didik. Research and Development Journal of Education, 4(2), 86-97.
https://doi.org/10.30998/rdje.v4i2.3380
Khoiriyati, S., & Saripah, S. (2018). Pengaruh Media Sosial pada Perkembangan Kecerdasan Kognitif Anak Usia Dini. Aulada: Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak, 1(1), 49-60. https://doi.org/10.31538/aulada.v1i1.209
Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94-100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459
Lubis, A. H. (2019). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar melalui Model Cooperative Learning Tipe Numered Heads Together. Forum Paedagogik, 11(2), 127-143. https://doi.org/10.24952/paedagogik.v11i2.2268
Lubis, A. H., & Dasopang, M. D. (2020). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Augmented Reality untuk Mengakomodasi Generasi Z. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(6), 780-791. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i6.13613
Lubis, A. H., & Dasopang, M. D. (2021). Online Learning during the Covid-19 Pandemic: How is It Implemented in Elementary Schools? Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 11(1), 120-134. https://doi.org/10.25273/pe.v11i1.8618
Lubis, A. H., & Wangid, M. N. (2019). Augmented Reality-assisted Pictorial Storybook: Media to Enhance Discipline Character of Primary School Students. Mimbar Sekolah Dasar, 6(1), 11-20. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v6i1.16415
Martínez, I., Murgui, S., García, O. F., & García, F. (2019). Parenting in the Digital Era: Protective and Risk Parenting Styles for Traditional Bullying and Cyberbullying Victimization. Computers in Human Behavior, 90, 84-92.
https://doi.org/10.1016/j.chb.2018.08.036
Masni, H. (2017). Peran Pola Asuh Demokratis Orang Tua terhadap Pengembangan Potensi Diri dan Kreativitas Siswa. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 6(1), 58-74.
Nasution, S. (2019). Pendidikan Lingkungan Keluarga. TAZKIYA, 8(1).
Noor, F., Mumpuni, R. A., Amaliyah, A., & Laksmiwati, I. (2020). Pendampingan Ibu Bekerja (Working Mom) terhadap Penggunaan Youtube pada Anak. Komuniti: Jurnal Komunikasi Dan Teknologi Informasi, 12(1), 40-50.
https://doi.org/10.23917/komuniti.v12i1.10070
Novitasari, N. (2019). Strategi Pendampingan Orang Tua terhadap Intensitas Penggunaan Gadget pada Anak. Al-Hikmah: Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 3(2), 167-188. https://doi.org/10.35896/ijecie.v3i2.77
Novitasari, W., & Khotimah, N. (2016). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Interksi Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Paud Teratai, 5(3), 1-4.
Nurhidayah, I., Ramadhan, J. G., Amira, I., & Lukman, M. (2021). Peran Orangtua dalam Pencegahan terhadap Kejadian Adiksi Gadget pada Anak: Literatur Review. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 4(1), 129-140.
Pinariya, J. M., & Lemona, M. (2019). Literasi Internet Ramah Anak. ABDI MOESTOPO: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 50-56. https://doi.org/10.33474/jipemas.v2i2.2694
Pratikno, A. S., & Sumantri, S. (2020). Digital Parenting: Bagaimana Mencegah Kecanduan Gadget pada Anak. Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 107-123. https://doi.org/10.36835/au.v2i1.301
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Budi Santoso, P., Mayesti Wijayanti, L., Chi Hyun, C., & Setyowati Putri, R. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. In EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling (Vol. 2, Issue 1). https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397
Radhitya, T. V., Nurwati, N., & Irfan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Kekerasan dalam Rumah Tangga. Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik, 2(2), 111-119.
https://doi.org/10.24198/jkrk.v2i2.29119
Rakhmawati, D., Ismah, I., & Lestari, F. W. (2020). Sosialisasi Bahaya Kecanduan Gadget. Altruis: Journal of Community Services, 1(3), 159-164.
https://doi.org/10.22219/altruis.v1i3.12926
Ramdani, L. A., & Azizah, N. (2019). Permainan Outbound untuk Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 494. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.407
Rohman, K. (2018). Agresifitas Anak Kecanduan Game Online. Martabat, 2(1), 155-172.
https://doi.org/10.21274/martabat.2018.2.1.155-172
Sahriana, N. (2019). Pentingnya Peran Orang Tua dalam Penggunaan Gadget pada Anak Usia Dini. Jurnal Smart PAUD, 2(1), 60-66. https://doi.org/10.36709/jspaud.v2i1.5922
Santrock, J. W. (2011). Educational Psychology (5th ed.). McGraw-hill Companies.
Sari, I. M., & Prajayanti, E. D. (2017). Peningkatan Pengetahuan Siswa SMP tentang Dampak Negatif Game Online gagi Kesehatan. GEMASSIKA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 31-39. https://doi.org/10.30787/gemassika.v1i1.216
Sari, I. P., Wardhani, R. W. K., & Amal, A. S. (2020). Peran Orang Tua Mencegah Dampak Negatif Gadget Melalui Pendekatakan Komunikasi dan Psikologi. IJIP: Indonesian Journal of Islamic Psychology, 2(2), 267-289.
https://doi.org/10.18326/ijip.v2i2.267-289
Sugiri, D. (2020). Menyelamatkan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah dari Dampak Pandemi Covid-19. Fokus Bisnis: Media Pengkajian Manajemen Dan Akuntansi, 19(1), 76-86.
https://doi.org/10.32639/fokusbisnis.v19i1.575
Susilo, B. (2019). Dampak Positif Perkembangan Teknologi Informasi terhadap Tumbuh Kembang Anak. SINDIMAS, 1(1), 139-143.
Syifa, L., Setianingsih, E. S., & Sulianto, J. (2019). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Psikologi pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 527-533. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.22310
Tanto, O. D., & Sufyana, A. H. (2020). Stimulasi Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini dalam Seni Tradisional Tatah Sungging. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 575. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.421
Triyono, U. (2019). Kepemimpinan Transformasional dalam Pendidikan:(Formal, Non Formal, dan Informal). Deepublish.
Wahyuni, M., Fauziddin, M., & Rizki, L. M. (2021). The Effects of Using Kahoot ! on Understanding the Concept of Mathematical Symbols in Higher Education. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 13(3). https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i1.458
Wolfolk, A. (2016). Educational Psychology (13th ed.). Pearson Education Inc.
Wulandari, D., & Hermiati, D. (2019). Deteksi Dini Gangguan Mental dan Emosional pada Anak yang Mengalami Kecanduan Gadget. Jurnal Keperawatan Silampari, 3(1), 382-392. https://doi.org/10.31539/jks.v3i1.843
Yaumi, M. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran. Rineka Cipta.
Yusuf, M., Witro, D., Diana, R., Santosa, T. A., Alfikri, A., & Jalwis, J. (2020). Digital Parenting to Children Using the Internet. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 3(1), 1-14. https://doi.org/10.24256/pijies.v3i1.1277
Zainuri, A. (2018). Pendidikan Karakter di Keluarga. Tadrib, 4(2), 260-279.
https://doi.org/10.19109/tadrib.v4i2.2524
Zulfah, S. (2018). Pengaruh Perkembangan Teknologi Informasi Lingkungan (Studi Kasus Kelurahan Siti Rejo I Medan). Buletin Utama Teknik, 13(2), 143-149.
Refbacks
- There are currently no refbacks.