Pembelajaran Daring Anak Usia Dini dengan Orang Tua Ter-PHK

Author


Putu Aditya Antara(1Mail), Ni Wayan Meli Udayani(2), Gusti Ayu Tara Ari Suryani(3), Kadek Maharani Kresna Astiti PS(4), Ni Wayan Lestari(5),
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia(2)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia(3)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia(4)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia(5)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  Download PDF   [File Size: 343KB]  Language: id
Published : 2022-02-05
Copyright (c) 2022 Putu Aditya Antara, Ni Wayan Meli Udayani, Gusti Ayu Tara Ari Suryani, Kadek Maharani Kresna Astiti PS, Ni Wayan Lestari

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 235 times PDF Downloaded: 65 times

Abstract


Pandemi telah membuat banyak karyawan diputus hubungan kerja (PHK), termasuk para orang tua anak usia dini yang sedang bersekolah. Menghadapi kondisi ini orang tua ter-PHK memiliki berbagai permasalahan dan solusi menghadapi kondisi tersebut. Hal ini menjadi urgensi kajian dengan tujuan mengetahui bentuk-bentuk kegiatan pembelajaran daring pada orang tua ter-PHK, permasalahan dan solusi pembelajaran daring anak usia dini. Metode kualitatif dipilih dengan pendekatan studi kasus melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Lokasi penelitian di Kabupaten Gianyar, Bali. Hasil menunjukkan bahwa bentuk-bentuk pembelajaran daring yaitu orang tua ter-PHK bisa melakukan pendampingan berkualitas karena mempunyai waktu untuk mendampingi anak belajar daring lebih banyak. Pemberian motivasi yang membangun semangat anak tetap belajar daring. Pengawasan yang berkelanjutan bisa dilakukan pada berbagai kegiatan belajar anak. Permasalahan berupa dana pendidikan, kebosanan dan kemalasan belajar anak. Solusi yang ditemukan yaitu bimbingan terarah pada aktifitas pembelajaran daring anak, apresiasi atas berbagai pencapaian pembelajaran, berjualan serta berladang merupakan pilihan prospetif

Keywords


pembelajaran daring; orang tua ter-phk; anak usia dini

References


Abdillah, R. H. (2020). Efektifitas BION (Bintang Online) Dalam Meningatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid 19 di Kelas V SDN 1 Ngembel. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(1), 184-198. https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i1.14674

Adam, D. I. T. R. (2021). Dampak Pembelajaran Online Terhadap Efektifitas Mengajar Guru Dimasa Pandemi Covid-19. Journal of the American Chemical Society, 123(10), 2176-2181. http://www.fkipumkendari.ac.id/assets/upload/plp_magang/c40af639d2d95f7f93cd2fcf10e974b8.pdf

Aditya, P. (2015). Pengembangan Bakat Seni Anak Pada Taman Kanak-Kanak Development of Children ' S Artistic Talent. Jurnal Ilmiah Visi PPTK PAUDNI, 10(1), 29-34.
https://doi.org/10.21009/JIV.1001.4

Agusriani, A., & Fauziddin, M. (2021). Strategi Orangtua Mengatasi Kejenuhan Anak Belajar dari Rumah Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1729-1740. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.961

Agusta, I. (2014). Teknik Pengumpulan dan Analisis Data Kualitatif. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 02(1998), 1-11.

Anita, S. R. I. (2020). Penerapan Pembelajaran Dalam Jaringan ( Daring ) Pada Anak Usia Dini Selama Pandemi Virus Covid-19 Di Kelompok a Ba Aisyiyah Timbang Kecamatan Kejobong Kabupaten Purbalingga. Iain Purwokerto, 106. http://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Al-Mutharahah

Antara, P. A. (2017). Menelisisk Fenomena Kelas Kreatif Pada Taman Kanak-Kanak Di Bali. E-Journal Universitas Pendidikan Ganesha ISBN, 602-978.

Antara, P. A. (2019). The Implementation Of Early Childhood Character Education. Jurnal Ilmiah VISI PGTK PAUD Dan Dikmas, 14(1), 17-26. https://doi.org/10.21009/JIV.1401.2

Chapnick, A. (2008). The golden age. International Journal, 64(1), 205-221. https://doi.org/10.1177/002070200906400118

Haerudin, Cahyani, A., Sitihanifah, N., Setiani, R. N., Nurhayati, S., Oktaviani, V., & Sitorus, Y. I. (2020). Pembelajaran Di Rumah Sebagai Upaya Memutus Covid-19. Universitas Singaperbangsa Karawang, May, 1-12.

Hidayat, T. (2019). Pembahasan Studi Kasus Sebagai Bagian Metodologi Penelitian. ResearchGate, 1-13(August), 1-13. https://www.researchgate.net/publication/335227300_Pembahasan_Studi_Kasus_Sebagai_Bagian_Metodologi_Penelitian

Iftitah, S. L., & Anawaty, M. F. (2020). Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Di Rumah Selama Pandemi Covid-19. JCE (Journal of Childhood Education), 4(2), 71. https://doi.org/10.30736/jce.v4i2.256

Kemendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 119 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah (Issue 1650, pp. 1-12).

Kemendikbud. (2020). Jika Satuan Pendidikan Sudah Memenuhi Semua Daftar Periksa Dan Siap Melakukan Pembelajaran Tatap Muka. Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Tahun Ajaran Dan Tahun Akademik Baru Di Masa Pandemi Covid-19. https://www.kemdikbud.go.id/main/files/download/d16ebb4e0e2245e

Khairi, H. (2018). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini dari 0-6 Tahun. Jurnal Warna, 2(2), 15-28. https://ejournal.iaiig.ac.id/index.php/warna/article/view/87

Mawar, Salamah, D. N., & Fauziah, A. L. (2020). Sosialisasi peranan orang tua dalam pembelajaran daring bagi anak usia dini di masa pandemi COVID-19. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 102, 1-10. https://doi.org/10.17509/cd.v12i1.26702

Nasution, D. A. D., Erlina, E., & Muda, I. (2020). Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Perekonomian Indonesia. Jurnal Benefita, 5(2), 212. https://doi.org/10.22216/jbe.v5i2.5313

Ngadi, N., Meliana, R., & Purba, Y. A. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Phk Dan Pendapatan Pekerja Di Indonesia. Jurnal Kependudukan Indonesia, 2902, 43. https://doi.org/10.14203/jki.v0i0.576

Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014, (2014).

Sudarsana. IK., E. a. (2020). Covid-19: Perspektif Pendidikan. In Covid-19: Perspektif Pendidikan (Issue 07).

Supriatna, E. (2020). Wabah Corona Virus Disease (Covid 19) Dalam Pandangan Islam. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(6). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i6.15247

Suryadi, M., Azis, M., & Hartono, M. D. (2020). Dampak Pandemi Covid-19: Perspektif Adaptasi dan Resiliensi Sosial Ekonomi Pertanian. In Badan Ketahanan Pa.

Syahrial. (2020). Dampak Covid-19 terhadap Tenaga Kerja di Indonesia. Ners, 4(23), 21-29.
https://doi.org/10.31004/jn.v4i2.1022

Trisnawati, W., & Sugito, S. (2020). Pendidikan Anak dalam Keluarga Era Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 823-831. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.710

Utami, E. (2020). Kendala dan Peran Orangtua dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 471-479. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/637/555

Wardhani, T. Z. Y., & Krisnani, H. (2020). Optimalisasi Peran Pengawasan Orang Tua Dalam Pelaksanaan Sekolah Online Di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 48. https://doi.org/10.24198/jppm.v7i1.28256


Refbacks

  • There are currently no refbacks.