- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Pembelajaran Daring Anak Usia Dini dengan Orang Tua Ter-PHK
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1623Keywords:
pembelajaran daring, orang tua ter-phk, anak usia diniAbstract
Pandemi telah membuat banyak karyawan diputus hubungan kerja (PHK), termasuk para orang tua anak usia dini yang sedang bersekolah. Menghadapi kondisi ini orang tua ter-PHK memiliki berbagai permasalahan dan solusi menghadapi kondisi tersebut. Hal ini menjadi urgensi kajian dengan tujuan mengetahui bentuk-bentuk kegiatan pembelajaran daring pada orang tua ter-PHK, permasalahan dan solusi pembelajaran daring anak usia dini. Metode kualitatif dipilih dengan pendekatan studi kasus melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Lokasi penelitian di Kabupaten Gianyar, Bali. Hasil menunjukkan bahwa bentuk-bentuk pembelajaran daring yaitu orang tua ter-PHK bisa melakukan pendampingan berkualitas karena mempunyai waktu untuk mendampingi anak belajar daring lebih banyak. Pemberian motivasi yang membangun semangat anak tetap belajar daring. Pengawasan yang berkelanjutan bisa dilakukan pada berbagai kegiatan belajar anak. Permasalahan berupa dana pendidikan, kebosanan dan kemalasan belajar anak. Solusi yang ditemukan yaitu bimbingan terarah pada aktifitas pembelajaran daring anak, apresiasi atas berbagai pencapaian pembelajaran, berjualan serta berladang merupakan pilihan prospetifDownloads
References
Abdillah, R. H. (2020). Efektifitas BION (Bintang Online) Dalam Meningatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid 19 di Kelas V SDN 1 Ngembel. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(1), 184-198. https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i1.14674
Adam, D. I. T. R. (2021). Dampak Pembelajaran Online Terhadap Efektifitas Mengajar Guru Dimasa Pandemi Covid-19. Journal of the American Chemical Society, 123(10), 2176-2181. http://www.fkipumkendari.ac.id/assets/upload/plp_magang/c40af639d2d95f7f93cd2fcf10e974b8.pdf
Aditya, P. (2015). Pengembangan Bakat Seni Anak Pada Taman Kanak-Kanak Development of Children ' S Artistic Talent. Jurnal Ilmiah Visi PPTK PAUDNI, 10(1), 29-34.
https://doi.org/10.21009/JIV.1001.4
Agusriani, A., & Fauziddin, M. (2021). Strategi Orangtua Mengatasi Kejenuhan Anak Belajar dari Rumah Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1729-1740. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.961
Agusta, I. (2014). Teknik Pengumpulan dan Analisis Data Kualitatif. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 02(1998), 1-11.
Anita, S. R. I. (2020). Penerapan Pembelajaran Dalam Jaringan ( Daring ) Pada Anak Usia Dini Selama Pandemi Virus Covid-19 Di Kelompok a Ba Aisyiyah Timbang Kecamatan Kejobong Kabupaten Purbalingga. Iain Purwokerto, 106. http://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Al-Mutharahah
Antara, P. A. (2017). Menelisisk Fenomena Kelas Kreatif Pada Taman Kanak-Kanak Di Bali. E-Journal Universitas Pendidikan Ganesha ISBN, 602-978.
Antara, P. A. (2019). The Implementation Of Early Childhood Character Education. Jurnal Ilmiah VISI PGTK PAUD Dan Dikmas, 14(1), 17-26. https://doi.org/10.21009/JIV.1401.2
Chapnick, A. (2008). The golden age. International Journal, 64(1), 205-221. https://doi.org/10.1177/002070200906400118
Haerudin, Cahyani, A., Sitihanifah, N., Setiani, R. N., Nurhayati, S., Oktaviani, V., & Sitorus, Y. I. (2020). Pembelajaran Di Rumah Sebagai Upaya Memutus Covid-19. Universitas Singaperbangsa Karawang, May, 1-12.
Hidayat, T. (2019). Pembahasan Studi Kasus Sebagai Bagian Metodologi Penelitian. ResearchGate, 1-13(August), 1-13. https://www.researchgate.net/publication/335227300_Pembahasan_Studi_Kasus_Sebagai_Bagian_Metodologi_Penelitian
Iftitah, S. L., & Anawaty, M. F. (2020). Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Di Rumah Selama Pandemi Covid-19. JCE (Journal of Childhood Education), 4(2), 71. https://doi.org/10.30736/jce.v4i2.256
Kemendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 119 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah (Issue 1650, pp. 1-12).
Kemendikbud. (2020). Jika Satuan Pendidikan Sudah Memenuhi Semua Daftar Periksa Dan Siap Melakukan Pembelajaran Tatap Muka. Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Tahun Ajaran Dan Tahun Akademik Baru Di Masa Pandemi Covid-19. https://www.kemdikbud.go.id/main/files/download/d16ebb4e0e2245e
Khairi, H. (2018). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini dari 0-6 Tahun. Jurnal Warna, 2(2), 15-28. https://ejournal.iaiig.ac.id/index.php/warna/article/view/87
Mawar, Salamah, D. N., & Fauziah, A. L. (2020). Sosialisasi peranan orang tua dalam pembelajaran daring bagi anak usia dini di masa pandemi COVID-19. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 102, 1-10. https://doi.org/10.17509/cd.v12i1.26702
Nasution, D. A. D., Erlina, E., & Muda, I. (2020). Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Perekonomian Indonesia. Jurnal Benefita, 5(2), 212. https://doi.org/10.22216/jbe.v5i2.5313
Ngadi, N., Meliana, R., & Purba, Y. A. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Phk Dan Pendapatan Pekerja Di Indonesia. Jurnal Kependudukan Indonesia, 2902, 43. https://doi.org/10.14203/jki.v0i0.576
Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014, (2014).
Sudarsana. IK., E. a. (2020). Covid-19: Perspektif Pendidikan. In Covid-19: Perspektif Pendidikan (Issue 07).
Supriatna, E. (2020). Wabah Corona Virus Disease (Covid 19) Dalam Pandangan Islam. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(6). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i6.15247
Suryadi, M., Azis, M., & Hartono, M. D. (2020). Dampak Pandemi Covid-19: Perspektif Adaptasi dan Resiliensi Sosial Ekonomi Pertanian. In Badan Ketahanan Pa.
Syahrial. (2020). Dampak Covid-19 terhadap Tenaga Kerja di Indonesia. Ners, 4(23), 21-29.
https://doi.org/10.31004/jn.v4i2.1022
Trisnawati, W., & Sugito, S. (2020). Pendidikan Anak dalam Keluarga Era Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 823-831. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.710
Utami, E. (2020). Kendala dan Peran Orangtua dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 471-479. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/637/555
Wardhani, T. Z. Y., & Krisnani, H. (2020). Optimalisasi Peran Pengawasan Orang Tua Dalam Pelaksanaan Sekolah Online Di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 48. https://doi.org/10.24198/jppm.v7i1.28256


