Steam-PBL: Strategi Pengembangan Kemampuan Memecahkan Masalah Anak Usia Dini

Author


Suci Utami Putri(1Mail), Abdurrohman Ahmad Taqiudin(2),
(1) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
(2) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  [File Size: 542KB]  Language: id
Available online: 2021-07-18  |  Published : 2021-07-18
Copyright (c) 2021 Suci Utami Putri
Article can trace at:

Article Metrics

Abstract Views: 151 times PDF Downloaded: 59 times

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses STEAM-Project Based Learning (STEAM-PBL) serta mengidentifikasi perkembangan kemampuan pemecahan masalah selama kegiatan berlangsung.  Pada penelitian ini digunakan mixed method concurrent embedded design yang mengombinasikan data kualitatif berupa deskripsi aktivitas belajar dan data kuantitatif terkait kemampuan pemecahan masalah anak yang diperoleh dengan menggunakan lembar observasi. Partisipan yang terlibat adalah 14 anak usia 5-6 tahun di salah satu TK di Kabupaten Purwakarta yang diamati selama satu bulan kegiatan penelitian berlangsung. Data aktivitas belajar dianalisis secara deskriptif sedangkan data perkembangan kemampuan memecahkan masalah dianalisis dengan menghitung jumlah dan persentase anak yang masuk ke dalam kriteria perkembangan tertentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  pembelajaran STEAM-PBL di PAUD dilakukan melalui tahapan reflection, research, discovery, application dan communication. Sementara itu, kemampuan memecahkan masalah anak mengalami perkembangan yang semula pada umumnya berada pada kriteria “Belum berkembang” dan “Mulai Berkembang” meningkat menjadi “Berkembang Sesuai Harapan” dan “Berkembang Sangat Baik”’.


Keywords


steam-pbl; kemampuan memecahkan masalah; anak usia dini

References


Aldabbus, S. (2018). Project-Based Learning : Implementation & Challenges. International Journal of Education, Learning and Development, 6(3), 71-79.

Astuti, I. D., Toto, T., & Yulisma, L. (2019). Model Project Based Learning (PjBL) Terintegasi STEM untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Aktivitas Belajar Siswa. Quagga: Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 11(2), 93. https://doi.org/10.25134/quagga.v11i2.1915

DeJarnette, N. K. (2018). Implementing STEAM in the Early Childhood Classroom. European Journal of STEM Education, 3(3), 1-9. https://doi.org/10.20897/ejsteme/3878

Dewi, M. R., Mudakir, I., & Murdiyah, S. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Lesson Study terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. The Effect of Collaborative Learning Model with Lesson Study on Student Critical Thingking. Jurnal Edukasi UNEJ, III(2), 29-33. https://doi.org/10.19184/jukasi.v3i2.3526

Dyah, M. D. A., & Setiawati, A. F. (2019). The Problem Solving Skills in Kindergarten Student Based on the Stages of Problem Solving. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 265. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.160

Hadi G K. (2018). Pengaruh Metode Bercerita terhadap Kemampuan Mengungkapkan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Pertiwi 1 Banjarsari. PG-PAUD Trunojoyo, 5(2), 131-137. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v5i2.5441

Herawati, N. I., Yuliariatiningsih, M. S., Halimah, L., & Mirawati. (2020). Identifikasi Prosocial Skill Anak Usia Dini dalam Project Based Learning. Prosiding Seminar Nasional Unimus, 108-114.

Imaduddin, M. (2017). Mendesain Ulang Pembelajaran Sains Anak Usia Dini yang Konstuktif Melalui Steam Project-Based. 1st Annual Conference for Muslim Scholars, 2(2), 950-958.

Laboy-Rush, D. (2021). Integrated STEM education through game-based learning. 2238-2242. https://doi.org/10.51272/pmena.42.2020-381

Lely, P., Prabawati, S., Ngurah, G., & Agustika, S. (2020). Project-Based Learning Based On Stem ( Science , Technology , Engineering , And Mathematics ) Enhancing Students Science Knowledge Competence. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(4), 621-629.

Lestari, L. D. (2020). Pentingnya Mendidik Problem Solving Pada Anak Melalui Bermain. Jurnal Pendidikan Anak, 9(2), 100-108. https://doi.org/10.21831/jpa.v9i2.32034

Lestari, S., Suarni, & Antara, A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Kerjasama Anak Usia 5-6. Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2).

Lutfi, Ismail, & Azis, A. A. (2017). Pengaruh Project Based Learning Terintegrasi Stem Terhadap Literasi Sains , Kreativitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Effect of Project-Based Learning Integrated Stem Against Science Literacy , Creativity and Learning Outcomes On Environmental Pollution. Prosiding Seminar Nasioanal BiologiDan Pembelajarannya, 189-194.

Maulidah, F., Suwatra, I. W., & Magta, M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Kelompok A Gugus VI. Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 344-352. https://doi.org/10.23887/paud.v6i2.15319

Md, M. R. (2019). 21st Century Skill "Problem Solving": Defining the Concept. Asian Journal of Interdisciplinary Research, 2(1), 64-74. https://doi.org/10.34256/ajir1917

Mike, & Permila. (2012). Peranan Kegiatan Bercakap-cakap Terhadap Perkembangan Kemampuan Berbahasa Anak Di Taman Kanak-Kanak Angkasa Lanud Padang. Jurnal Ilmiah PAUD, 1(5), 1-12.

Miller, A. (2017). PBL and STEAM Education: A Natural Fit. https://www.edutopia.org/blog/pbl-and-steam-natural-fit-andrew-miller

Munawar, M., Roshayanti, F., & Sugiyanti, S. (2019). IMPLEMENTATION OF STEAM (Science Technology Engineering Art Mathematics) - Based Early Childhood Education Learning In Semarang City. Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(5), 276. https://doi.org/10.22460/ceria.v2i5.p276-285

Nopiyanti, I., Adjie, N., & Putri, S. U. (2020). STEAM-PBL in Early Childhood Education: Optimization Strategies for Developing Communication Skills. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 503, 81-86. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201205.090

Nurjanah, A. P., & Anggraini, G. (2020). Metode Bercerita Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(1), 1-7.
https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.581

Palmer, S. B., Summers, J. A., Brotherson, M. J., Erwin, E. J., Maude, S. P., Stroup-Rentier, V., wu, H. yi, Peck, N. F., Zheng, Y., Weigel, C. J., Chu, S. Y., Mcgrath, G. S., & Haines, S. J. (2013). Foundations for Self-Determination in Early Childhood: An Inclusive Model for Children With Disabilities. Topics in Early Childhood Special Education, 33(1), 38-47. https://doi.org/10.1177/0271121412445288

Putri, S. U. (2019). Pembelajaran Sains untuk Anak Usia Dini. Sumedang: UPI Sumedang Press.

Shieh, R. S., & Chang, W. (2014). Fostering student's creative and problem-solving skills through a hands-on activity. Journal of Baltic Science Education, 13(5), 650-661.

Sompayrac, L. (2002). How the ARTS Benefit Student Achievement. Developmental Biology, 2008(4), 4-9. http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/10614073

Sugiyono. (2011). Metode penelitian kuntitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syaodih, E., Setiasih, O., Romadona, N. U. R. F., & Handayani, H. (2018). Pengembangan Kemampuan Pemecahan Masalah Anak Usia Dini dalam Pembelajaran Proyek di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Anak, 12(1), 29-36.
https://doi.org/10.21009//JPUD.121.03

Wahyuni, S., Reswita, R., & Afidah, M. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Sains, Technology, Art, Engineering And Mathemathic Pada Kurikulum PAUD. Jurnal Golden Age, 4(02), 297-309. https://doi.org/10.29408/jga.v4i02.2441

Wahyuningsih, S., Nurjanah, N. ., Rasmani, U. E. ., Hafidah, R., Pudyaningtyas, A. ., & Syamsuddin, M. . (2020). STEAM Learning in Early Childhood Education: A Literature Review. 4(1), 33-44. https://doi.org/10.20961/ijpte.v4i1.39855

Wortham, S. . (2006). Early Childhood Curriculum. Ohio: Pearson Merril Prentice Hall.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.