Pembelajaran jarak jauh: Media Daring untuk Anak Usia Dini di masa pandemi Covid-19

Author


Dedeh Kurniasih(1Mail), Sri Wulan(2), Hapidin Hapidin(3),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia(2)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia(3)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 311KB]

Published : 2022-04-15

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 799 times PDF Downloaded: 452 times

Abstract


Pandemi covid-19 membatasi ruang gerak dan interaksi manusia. Mengharuskan kegiatan dilakukan secara daring, termasuk dalam proses pembelajaran pada anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan peneliti tentang bagaimana pembelajaran jarak jauh secara daring yang dilakukan pada anak usia dini di masa pandemic covid-19 dan memperkaya literatur media pembelajaran jarak jauh melalui daring pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan instrumen utama penelitian kualitatif adalah peneliti sendiri dengan menggunakan format tabel literatur review. Teknik analisis data yang dilakukan adalah reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil kajian literatur pembelajaran jarak jauh melalui daring dapat dilakukan pada anak usia dini. Sumber belajar atau media yang dapat digunakan untuk menghadirkan pembelajaran bermakna selama pembelajaran jarak jauh  secara daring pada anak usia dini adalah dengan menggunakan video, pemutaran film, aplikasi multimedia interaktif serta game edukatif. Serta penting bagi guru untuk mengedukasi anak dan orang tua tentang literasi teknologi, sehingga pemanfaatan teknologi dapat memberikan efek positive dalam proses pembelajaran. Peranan orang tua untuk mendampingi anak selama proses pembelajaran juga sangat menentukan terciptanya proses pembelajaran yang bermakna dan tercapainya tujuan pembelajaran


Keywords


pembelajaran jarak jauh; pembelajaran daring; covid-19

References


Arnani, M. (2020). Riset Terbaru National Academy of Sciences soal Penularan Virus Corona, Ini Hasilnya. Kompas.Com - 03/04/2020, 19:04 WIB.

Bruno, L. (2019). Increasing Digital Literation On 6-12 Years Old School-Age Children. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689-1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Chairilsyah, D. (2019). Web-Based Application to Measure Motoric Development of Early Childhood. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 13(1), 1-14. https://doi.org/10.21009/10.21009/JPUD.131.01

Dhieni, N.-, Hartati, S., & Wulan, S. (2019). Evaluation of Content Curriculum in Kindergarten. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 13(1), 72-85. https://doi.org/10.21009/10.21009/JPUD.131.06

Ekyana, L., Fauziddin, M., & Arifiyanti, N. (2021). Parents' Perception: Early Childhood Social Behaviour During Physical Distancing in the Covid-19 Pandemic. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 15(2), 258-280. https://doi.org/10.21009/JPUD.152.04

Fadhilah, A. R., Fitri, R. R., & Wibowo, Y. S. (2021). Distance education di masa covid-19 : tinjauan terhadap sistem , kebijakan , dan tantangan e-education di sekolah. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 9(2), 171-188.

Gunawan, S. M. (2020). Penelitian Dari China: Anak-anak Jadi Carrier Virus Corona Paling Potensial. Rmaol Banten.

Ikawati, H. D., Purmadi, A., Anwar, Z., & Zulfakar, Z. (2018). Pengembangan Media Video Permainan Tradisional Suku Sasak untuk Pelestarian Budaya dan Sumber Belajar Muatan Lokal. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 20(3), 234-248. https://doi.org/10.21009/jtp.v20i3.9536

indonesia, B. (2011). Surat Edaran. Bank Indonesia, 28(0271), 57946053.

Kristanto, W. (2018). Pengembangan Film Pendek Berbasis Karakter Pada Anak Usia Dini. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(1), 175-189. https://doi.org/10.21009//JPUD.121.15

Lam, C. B., Lam, C. S., & Chung, K. K. H. (2022). Linking maternal involvement in child online learning to child adjustment during the COVID-19 pandemic: The moderating role of maternal mindfulness. Journal of Social and Personal Relationships, 0(0), 1-9. https://doi.org/10.1177/02654075211066617

Mandel, B. (2020). Distance Learning Isn't Working, Instead of trying to move classes online, schools should support parents in educating their children. The Atlantic.

Manurung, A. K. R., Wulan, S., & Purwanto, A. (2021). Permainan Outdoor dalam Membentuk Kemampuan Ketahanmalangan pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1807-1814. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1030

Muhdi, Nurkolis, & Yuliejantiningsih, Y. (2020). The Implementation of Online Learning in Early Childhood Education During the Covid-19 Pandemic. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 14(2), 247-261. https://doi.org/10.21009/JPUD.142.04

Pristiandaru, Lambang, D. (2020). WHO Akui Bukti bahwa Virus Corona Dapat Menyebar Melalui Udara. Kompas.

Putra, L. D., & Ishartiwi, I. (2015). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mengenal Angka Dan Huruf Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 2(2), 169-178. https://doi.org/10.21831/tp.v2i2.7607

Rahman Rosyadi & Giat Karyono. (2011). Game Edukatif Anak Usia Dini Berbasis Multimedia Di Yayasan Paud Harapan Bunda Sejati. Telematika, 4(2), 1-12.

Safrizal, S., Yulia, R., & Suryana, D. (2021). Difficulties of Implementing Online Learning in Kindergarten During the Covid-19 Pandemic Outbreak: Teacher's Perspective Review. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 54(3), 406. https://doi.org/10.23887/jpp.v54i3.34974

Sakti, S. A. (2021). Persepsi Orang Tua Siswa terhadap Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid 19 di Yogyakarta. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 73-81. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.804

Satriana, M., Buhari, M. R., Makmun, M., Maghfirah, F., Haryani, W., Wahyuningsih, T., Wardana, H., Sagita, A. D. N., Oktamarina, L., & Bakar, A. A. (2021). Persepsi Guru PAUD terhadap Pembelajaran Online: Fenomena Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 362-373. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1353

Siregar, S., & Siregar, M. (2021). Optimization of Online Learning During The Pandemic In The North Sumatra Region. Preschool: Jurnal Perkembangan Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 16-23.

Spadafora, N., Reid-Westoby, C., Pottruff, M., Wang, J., & Janus, M. (2022). From Full Day Learning to 30 Minutes a Day: A Descriptive Study of Early Learning During the First COVID-19 Pandemic School Shutdown in Ontario. Early Childhood Education Journal. https://doi.org/10.1007/s10643-021-01304-z

Steinhoff, A. (2016). Why is E-learning Vital for Early Childhood Education? Novak Djokovic Foundation -Blog Early Childhood Education. https://novakdjokovicfoundation.org/why-is-e-learning-vital-for-early-childhood-education

Suciati, P., & Syafiq, A. (2021). School from home (SFH): Perjuangan para orang tua siswa usia dini di masa pandemi COVID-19. Jurnal Sosial Humaniora Terapan, 3(2), 7-16.

Sudarsana, I. K., Lestari, N. G. A. M. Y., Wijaya, I. K. W. B., Krisdayanthi, A., Andayani, K. Y., Trisnadewi, K., Muliani, N. M., Dewi, N. P. S., Suparya, I. K., Gunawan, I. G. D., Kusumawati, N. A., Purandina, I. P. Y., Sutriyanti, SutriyantiNi Komang, N. K., Sudiani, N. N., Adnyani, N. W., Iragraha, S. M. F., Winaya, I. M. A., Siswadi, G. A. S., & Aryana, I. M. P. (1390). Covid-19 Perspektif Pendidikan (T. Admin (ed.); cetakan pe). Yayasan Kita Menulis.

Suhendro, E. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(3), 133-140. https://doi.org/10.14421/jga.2020.53-05

Wijayanti, R. M., & Fauziah, P. Y. (2020). Perspektif dan Peran Orangtua dalam Program PJJ Masa Pandemi Covid-19 di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1304-1312. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.768

Yudanto, Y., Sujarwo, S., Sumardianta, R., & Wijaya, R. G. (2022). Psychomotor Learning and the Achievement of Physical and Motor Development of Kindergarten Students during the COVID-19 Pandemic. Proceedings of the Conference on Interdisciplinary Approach in Sports in Conjunction with the 4th Yogyakarta International Seminar on Health, Physical Education, and Sport Science (COIS-YISHPESS 2021), 43, 217-221. https://doi.org/10.2991/ahsr.k.220106.041

Yuen, E., Cheng, L., Byrom, T., & Richards, R. (2016). The integration of ICT in Hong Kong preschool settings: Case studies of two Hong Kong kindergartens. Nottingham Trent University.

Zosh, J. M., Hirsh-Pasek, K., Golinkoff, R. M., & Parish-Morris, J. (2016). Learning in the Digital Age : Putting Education Back in Educational Apps for. Technology in Early Childhood Education, 1–5. http://www.child-encyclopedia.com/sites/default/files/textes-experts/en/4738/learning-in-the-digital-age-putting-education-back-in-educational-apps-for-young-children.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.