Abstract


Pandemi covid-19 membatasi ruang gerak dan interaksi manusia. Mengharuskan kegiatan dilakukan secara daring, termasuk dalam proses pembelajaran pada anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan peneliti tentang bagaimana pembelajaran jarak jauh secara daring yang dilakukan pada anak usia dini di masa pandemic covid-19 dan memperkaya literatur media pembelajaran jarak jauh melalui daring pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan instrumen utama penelitian kualitatif adalah peneliti sendiri dengan menggunakan format tabel literatur review. Teknik analisis data yang dilakukan adalah reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil kajian literatur pembelajaran jarak jauh melalui daring dapat dilakukan pada anak usia dini. Sumber belajar atau media yang dapat digunakan untuk menghadirkan pembelajaran bermakna selama pembelajaran jarak jauh  secara daring pada anak usia dini adalah dengan menggunakan video, pemutaran film, aplikasi multimedia interaktif serta game edukatif. Serta penting bagi guru untuk mengedukasi anak dan orang tua tentang literasi teknologi, sehingga pemanfaatan teknologi dapat memberikan efek positive dalam proses pembelajaran. Peranan orang tua untuk mendampingi anak selama proses pembelajaran juga sangat menentukan terciptanya proses pembelajaran yang bermakna dan tercapainya tujuan pembelajaran


Keywords


pembelajaran jarak jauh; pembelajaran daring; covid-19