Pengaruh Tahfidz Metode Talaqqi Online terhadap Pengenalan Hijaiyah TK Program Tahfidz Sleman


Shin Prathiwi(1Mail), Amir Syamsudin(2),
(1) Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
(2) Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2021 Shin Prathiwi
Article Analytic
  [File Size: 244KB]  Language: id
Received : 2021-03-28  |  Published : 2021-04-07
Article can trace at:

Abstract


Program tahfidz semakin marak dilakukan secara implisit atau eksplisit pada kurikulum TK. Penelitian dilaksanakan dengan tujuan menguji pengaruh kemampuan tahfidz metode talaqqi online (x) terhadap pengenalan huruf hijaiyah (y) pada anak TK program tahfidz. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif expost facto untuk mengungkap kondisi lapangan. Penelitian memperoleh hasil, diketahui pengaruh yang bermakna antara kemampuan tahfidz terhadap mengenal huruf hijaiyah. Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu lembar tes dan observasi oleh guru. Teknik analisis pada penelitian ini memakai analisis SEM-PLS. Analisis dipilih disebabkan jenis data bersifat ordinal. Pengisian lembar tes dan observasi diwakili oleh guru berdasarkan jawaban anak, dikarenakan pengambilan data dilakukan secara online terdampak covid-19. Kebaruan penelitian ini yaitu metode tahfidz menggunakan talaqqi online.  Metode talaqqi online mendukung pelaksanaan kegiatan tahfidz dan pengenalan huruf hijaiyah anak.


Keywords


pengenalan huruf hijaiyah; program tahfidz; kognitif anak usia dini

References


Ahmad, M. Y. (2002). Falsafah dan sejarah pendidikan islam. Kuala Lumpur: University Malaya.

Amayreh, M. M., & Dyson, A. T. (1998). The acquisition of arabic consonants. Journal Speech, Language And Hearing Research, 41, 642-653. https://doi.org/10.1044/jslhr.4103.642

Ariffin, S., Abdullah, M., & Ahmad, K. (2015). Module Of Al-Quran Memorization According To Capability And Period. Agama, Linguistik Dan Pendidikan, 83, 82-90.

Ermawati, E. (2009). Metode Pembelajaran Tahfiz Juz "Amma di Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu ( Tkit ) Imam Syafi"I Yogyakarta. Universitas Ilsam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Faiziyah, N. (2018). Memorizing Qur'an and Mathematics Achievement Nuqthy. Mathematics Education Journals, 2(1), 7-11. https://doi.org/10.22219/mej.v2i1.5800

Grigorenko, E. L. (2009). Multicultural psychoeducational assessment. New York: Springer Publishing Company.

Halimah, Fadillah, & Ali, M. (2015). Peningkatan pengenalan huruf hijaiyah melalui metode bernyanyi pada anak usia 5-6 tahun. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(5).

Hasan, A. R. A., Ghani, A. R. A., Jemali, M., Nasir, N. F. W. M., Yusuf, M. Y. M., & Ariffin, M. F. M. (2017). Learning Concepts and Educational Development of Hafazan Al-Quran in the Early Islamic Century. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 7(10), 628-636. https://doi.org/10.6007/IJARBSS/v7-i10/3417

Hurriyati, E. A., Fitriana, E., Cahyadi, S., & Srisayekti, W. (2017). Phonological Loop Phenomena On Qur'an Reciters "Baddeley's Model Of Verbal Working Memory." In Proceeding International Conference On Islamic Education (Icied) "Innovations, Approaches, Challenges, And The Future" (pp. 113-123).

Ikhwanuddin, M. (2007). Relationship between memorization technique, mastery of The Arabic Language and understanding of The Qur'an. Tasyri', 24(1), 1-13. https://doi.org/10.31436/ijes.v2i2.46

King, L. A. (2013). The science of psychology: An appreciative view. Boston: McGraw-Hill Higher Education.

Khadijah. (2019). Analisis kesulitan anak dalam membaca huruf hijaiyyah berdasarkan pandangan matematis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1), 42-52.

Lourenço, O. (2012). New Ideas in Psychology Piaget and Vygotsky : Many resemblances , and a crucial difference. New Ideas in Psychology, 30(3), 281-295. https://doi.org/10.1016/j.newideapsych.2011.12.006

Marlina, L., Wardoyo, C., Sanjaya, W. S. M., Anggraeni, D., Dewi, S. F., Roziqin, A., & Maryanti, S. (2018). Makhraj recognition of Hijaiyah letter for children based on Mel-Frequency Cepstrum Coefficients (MFCC) and Support Vector Machines (SVM) method. In nternational Conference on Information and Communications Technology, ICOIACT 2018 (Vol. 18, pp. 935-940). https://doi.org/10.1109/ICOIACT.2018.8350684

Mashuri, & Dewi, M. (2017). Penerapan Metode Bernyanyi dan Media Flash Card untuk Meningkatkan Daya Ingat Anak dalam Pengenalan Huruf Hijaiyyah di TPA
https://doi.org/10.22373/jm.v7i2.2368

Mohed, M. M., & Ismail, S. (2015). Islamic Education Through Nature For Pre-School Children In Selangor And. Advances in Environmental Biology, 9(October), 129-147.

Nastiti, N. A. (2015). TAHFIDZ Al-Qur'an Mempengaruhi Daya Ingat Anak di TK Islam Mardisiwi Pajang Laweyan Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015 Artikel. Journal of applied microbiology.

Nurhayati, E. (2019). Literasi awal al-qur'an untuk anak usia dini dengan teknik reading aloud. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 113-125. https://doi.org/10.24235/awlady.v5i1.3981

Nurwahyudi, R. (2018). Implementasi metode kibar dalam belajar membaca al-qur'an di Kelompok Roket TK IT Assalaam Pucanganom II Murtigading Sanden. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Patterson, C. (2008). Child Development. New York: McGraw-Hill.

Prathiwi, S., & Syamsudin, A. (2020). Iman dan karakter religius pada anak prasekolah program tahfidz di Indonesia. JALIE, 4(1), 24-34. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33754/jalie.v4i01.205

Rifaatin, F. (2018). Analisis materi pembelajaran al-qur'an (studi perbandingan materi qiroati dan yanbu'a. IAIN Salatiga.

Safitri, E. M. (2011). Meningkatkan Kemampuan Melafalkan Surat Pendek melalui Media Audio dengan Teknik Murottal pada Anak Kelompok B TK Hasyim Asy"Ari Surabaya. Paud Teratai, 2(1), 1-5.

Sari, P., Fadillah, & Lukmanulhakim. (2017). Pemanfaatan media audio visual dalam pengenalan huruf hijaiyah di TK Bina 45 II Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(10).

Schacter, D. L., & Addis, D. R. (2007). Constructive memory: The ghosts of past and future. Nature, 445(7123), 27-27. https://doi.org/10.1038/445027a

Susianti, C. (2016). Efektivitas Metode Talaqqi dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al- Qur ' An Anak Usia Dini, 2(1). https://doi.org/10.22460/ts.v2i1p1-19.305

Vermala, H. T., Puspitaningrum, D., & Setiawan, Y. (2016). Pengenalan pola huruf hijaiyah tulisan tangan menggunakan fuzzy feature extraction dan jaringan syaraf tiruan backpropagation. Jurnal Teknologi Informasi, 12(2), 172-180.

Vygotsky. (1978). Interaction between learning and development. New York: W.H. Freeman and Company.

Wahyuni, A., & Syahid, A. (2019). Tren Program Tahfidz Al-Qur ' an sebagai Metode Pendidikan Anak. Elementary, 5(1), 87-96. https://doi.org/10.32332/elementary.v5i1.1389

Widyawanti, E. (2016). Penerapan Metode Tilawati dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur'an di Tk "Aisyiyah Bustanul Athfal VI Purwokerto. Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.


Article Metrics

 Abstract Views : 2 times
 PDF Downloaded : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.