Abstract


Program tahfidz semakin marak dilakukan secara implisit atau eksplisit pada kurikulum TK. Penelitian dilaksanakan dengan tujuan menguji pengaruh kemampuan tahfidz metode talaqqi online (x) terhadap pengenalan huruf hijaiyah (y) pada anak TK program tahfidz. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif expost facto untuk mengungkap kondisi lapangan. Penelitian memperoleh hasil, diketahui pengaruh yang bermakna antara kemampuan tahfidz terhadap mengenal huruf hijaiyah. Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu lembar tes dan observasi oleh guru. Teknik analisis pada penelitian ini memakai analisis SEM-PLS. Analisis dipilih disebabkan jenis data bersifat ordinal. Pengisian lembar tes dan observasi diwakili oleh guru berdasarkan jawaban anak, dikarenakan pengambilan data dilakukan secara online terdampak covid-19. Kebaruan penelitian ini yaitu metode tahfidz menggunakan talaqqi online.  Metode talaqqi online mendukung pelaksanaan kegiatan tahfidz dan pengenalan huruf hijaiyah anak.


Keywords


pengenalan huruf hijaiyah; program tahfidz; kognitif anak usia dini