Survei Kemampuan Guru dan Orangtua dalam Stimulasi Dini Sensori pada Anak Usia Dini

Author


R. Sri Martini Meilanie(1Mail),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia(1)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 186KB]

Published : 2020-09-17

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 768 times PDF Downloaded: 650 times

Abstract


Stimulasi dini sensori merupakan proses mengembangkan potensi anak melalui rangsangan yang mengaktifkan panca indera. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan gurudan orangtua dalam memberikan stimulasi dini sensori pada anak kelompok usia 4-6 tahun. Penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan survei. Tempat penelitian yaitu Pos Paud di lingkungan kecamatan Bekasi Utara. Responden dalam penelitian ini terdiri dari guru Pos Paud sejumlah 60 orang, responden orang tua sejumlah 25 orang, dan responden guru yang diwawancara 15 orang. Alat pengumpul data menggunakan angket dan wawancara. Analisa data menggunakan tendensi sentral dan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru Pos Paud dan orangtua di Kecamatan Bekasi Utara berada pada kategoribaik dalam stimulasi dini sensori berbasis aktivitas dengan pancaindera pada anak usia 4-6 tahun. Hasil penelitian ini pun menyatakan bahwa peran guru dan orangtua dalam stimulasi dini sensori berpengaruh pada perkembangan anak kelompok usia 4-6 tahun.


Keywords


stimulasi dini; sensori; aktivitas bermain panca indera.

References


Andriani, D. (2017). Kiat Menghadapi Anak dengan Gangguan Sensori. Tempo, Retrieved from Https://Cantiktempo.Co/Read/858285/Kiat-Menghadapi-Anak-Dengan-Gangguan-Sensori/Full&view=ok.

Ardiyana, R. D., Akbar, Z., & Karnadi, K. (2019). Pengaruh Keterlibatan Orang Tua dan Motivasi Intrinsik dengan Kepercayaan Diri Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 494. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.253

Astuti, W., Adiba, F., & Muna, N. (2017). Model Keterlibatan Orangtua dalam Optimalisasi Program Stimulasi Motorik Kasar, 483494.

Darnis, S. (2018). Aplikasi Montessori Dalam Pembelajaran Membaca, Menulis Dan Berhitung Tingkat Permulaan Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Caksana : Pendidikan Anak Usia Dini, 1(01). https://doi.org/10.31326/jcpaud.v1i01.3

Hasanah, N., & Sugito, S. (2020). Analisis Pola Asuh Orang Tua terhadap Keterlambatan Bicara pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 913. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.456

Islamiyati. (2018). Hubungan Kerjasama Orangtua Dengan Perkembangan Anak Usia Dini di Kelompok Bermain. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 12(1), 6676. https://doi.org/10.21009/JPUD.121 06

Jumilah, Efastri, S. M., & Fadillah, S. (2018). Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak melalui Permainan Finger Painting Usia 5-6 Tahun di TK Harapan Bunda Pekanbaru. Paud Lectura, 2(1), 3139. https://doi.org/10.31849/paudlectura.v2i01.1989

Lubis, M. Y. (2019). Mengembangkan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Bermain. Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1). https://doi.org/10.25299/ge.2019.vol2(1).3301

Meggit, C. (2018). Memahami Perkembangan Anak (pertama). Jakarta: PT Index.

Mufarizuddin, M. (2017). Peningkatan Kecerdasan Logika Matematika Anak melalui Bermain Kartu Angka Kelompok B di TK Pembina Bangkinang Kota., 148155.

Niken, G. (2016). Waspada, Ini Tanda Anak Mengalami Gangguan Sensorik.

Pratiwi, H. (2020). Screen Time dalam Perilaku Pengasuhan Gererasi Alpha pada Masa Tanggap Darurat Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 265. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.544

Putri, V. A., Sofia, A., & Utaminingsih, D. (2017). Bermain Sensorimotor Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 3(1).

Reswita. (2017). Hubungan Pola Asuh Orangtua dengan Capaian Perkembangan Anak. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 7281. https://doi.org/10.31849/paudlectura.v1i1.506

Rohmawati, A. (2015). Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 1532. https://doi.org/10.21009/JPUD.091.02

Roza, D., Nurhafizah, N., & Yaswinda, Y. (2019). Urgensi Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini dalam Penyelenggaraan Perlindungan Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 277. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.325

Saipudin, A. (2010). Problematika Pendidikan Anak Usia Dini Di Indonesia. Cakrawala Dini - Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1). https://doi.org/10.17509/cd.v4i1.10371409

Sandi, N. V., & Setyorini, R. (2018). Analisis Kegiatan Bimbingan Belajar pada Anak Usia Dini dalam Kreativitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 01(02). https://doi.org/10.25299/ge.2018.vol1(2).2749

Sasi, D. N., & Syafrudin, U. (2019). Meningkatkan Pemahaman Orangtua dan Guru tentang Hakikat Pendidikan Anak Usia Dini melalui Kegiatan Seminar Pendidikan. Paud Lectura, 3(2), 19. https://doi.org/10.35896/ijecie.v3i2.80

Yulianto, D., Lestariningrum, A., & Utomo, B. H. (2016). Analisis Pembelajaran Holistik Integratif Pada Anak Di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Grogol Kabupaten Kediri. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 10(2), 277294. https://doi.org/10.21009/jpud.102.05

Zmigrod, S., Colzato, L. ., & Hommel, B. (2015). Stimulating Creatiity: Modulation of Convergent and Divergent Thinking by Transcranial Direct Current Stimulation (TDCS). Creativity Research Journal, 27(4), 353360. https://doi.org/10.1080/10400419.2015.1087280


Refbacks

  • There are currently no refbacks.