Pengaruh Implementasi CD Interaktif Edukatif terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun dengan Menggunakan Pendekatan 4P

Author


Sriyanti Rahmatunnisa(1), Yoga Aditia Ragil(2Mail),
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 325KB]

Published : 2024-03-26

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 178 times PDF Downloaded: 35 times

Abstract


Kemampuan kognitif ialah kemampuan anak untuk berfikir lebih kompleks serta melakukan penalaran dan pemecahan masalah. Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan gambaran analisis dan masukan guna mengembangkan Perkembangan Kognitif Menggunakan Pendekatan 4P (Person, Press, Process Dan Product) dengan CD Interaktif Edukatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Dalam penelitian ini sample sebanyak 30 anak populasi, yaitu 15 anak sebagai kelas eksperimen diberi perlakuan bermain CD interaktif edukatif dan 15 anak sebagai kelas kontrol tidak diberikan perlakuan bermain CD interaktif edukatif. Untuk memperoleh data yang dibutuhkan dalam penelitian ini, maka peneliti memilih metode pengumpulan data yang sesuai dengan permasalahan yang diteliti yaitu observasi dan dokumentasi. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa Perkembangan kognitif kelompok eksperimen lebih tinggi dari perkembangan kognitif kelompok kontrol. Hal tersebut dikarenakan pembelajaran yang menggunakan permainan CD interaktif edukatif memberikan suasana yang lebih menyenangkan dan anak bisa mempelajari permainan edukatif yang ada di komputer.


Keywords


paud; kemampuan kognitif;cd interaktif

References


Abraham, I., & Supriyati, Y. (2022). Desain Kuasi Eksperimen Dalam Pendidikan: Literatur Review. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3), 2476–2482. https://doi.org/10.58258/jime.v8i3.3800

Anderson, T. (2013). The 4Ps of innovation culture: conceptions of creatively engaging with information. Information Research, 18(3), 1–16. http://www.informationr.net/ir/18-3/colis/paperC28.html#.VSPe0_msVUU

Bujuri, D. A. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 9(1), 37. https://doi.org/10.21927/literasi.2018.9(1).37-50

Conatser, P., James, E., & Karabulut, U. (2019). Adapted aquatics for children with severe motor impairments. International Journal of Aquatic Research and Education, 10(3). https://doi.org/10.25035/IJARE.10.03.05

Hanip, S. P. N. (2020). Implementasi Pendekatan 4P Dalam Pembelajaran Pendidikan Islam Kreatif. EL-HIKMAH: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Islam, 14(2), 123–140. https://doi.org/10.20414/elhikmah.v14i2.2328

Huda, N., Fatimah, S., & Amrulloh, A. Y. (2022). Strategi 4P (Person, Press, Process, Product) Dalam Mengembangkan Kreativitas Pembelajaran Kaligrafi Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah Sultan Agung Depok Sleman. Jurnal Tifani, 2(1), 9–16. https://tifani.org/index.php/tifani/article/view/14

Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Intelektualita, 3(1), 242904.

Ibrahim, F., & Atiyah, U. (2020). Pengaruh Bermain CD Interaktif Edukatif ‘Ayo Belajar’ Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Mentari Cipondoh Tangerang. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), 41. https://doi.org/10.31000/ceria.v12i1.2858

Kemendikbud. (2014). Permendikbud Nomor 137 tahun 2014 tentang Satndar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 6. https://doi.org/10.33578/jpsbe.v10i1.7699

Khaeriyah, E., Saripudin, A., & Kartiyawati, R. (2018). Penerapan Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran Sains Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 102. https://doi.org/10.24235/awlady.v4i2.3155

Khotimah, S., & Simatupang, N. (2015). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Dalam Menerapkan Media Stik Angka Pada Kelompok B. PAUD Teratai, 4(2), 1–6. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/11106

Knaus, T. (2023). Emotions in Media Education: How media based emotions enrich classroom teaching and learning. Social Sciences and Humanities Open, 8(1), 100504. https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2023.100504

Krismonika, Z., & Edie, S. S. (2014). Analalisis Aspek Kombinasi Tingkat Kreaktivitas Desain Produk Mahasiswa Fisika pada Pembelajaran Fisika Dasar. 3(3), 77–83.

Malik, A. A., Priyono, B., & Qoriah, A. (2013). “Ular Tangga Olahraga” Media Permainan Edukatif untuk Olahraga Dengan Menggunakan Sistem Sirkuit Training Bagi Siswa Kelas X SMA Negeri Ajibarang Tahun 2013. Journal of Physical Education , Sport , Health and Recreations, 2(10), 630–636. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/peshr/article/view/2018

Muhtar, N. A., Nugraha, A., & Giyartini, R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran IPA berbasis Information Communication and Technology (ICT). PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(4), 20–31. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i4.26455

Nadhifah, N., & Maulina Dewi Soewardini, H. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Ictterhadap Kemandirian Dan Hasil Belajar Matematika. Seminar Nasional Pendidikan Matematika , November, 65–71.

Novitasari, Y. (2018). Analisis Permasalahan "Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini”. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(01), 82–90. https://doi.org/10.31849/paudlectura.v2i01.2007

Nur, L., Hafina, A., & Rusmana, N. (2020). Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Dalam Pembelajaran Akuatik. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 42–50. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p42-50

Pangesti, D. A., & Mustaji. (2023). Pengembangan e-modul pada materi konsep jaringan komputer mata pelajaran komputer dan jaringan dasar di smks ketintang surabaya. Educational Technology Journal, Volume 1 N, 1–9. https://proceeding.unesa.ac.id/index.php/siptek/article/view/196

Panjaitan, N. Q., Yetti, E., & Nurani, Y. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Digital Animasi dan Kepercayaan Diri terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 588. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.404

Putri, D. K., Handayani, M., & Akbar, Z. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran dan Motivasi Diri terhadap Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 649. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.418

Putri, H., Susiani, D., Wandani, N. S., & Putri, F. A. (2022). Instrumen Penilaian Hasil Pembelajaran Kognitif pada Tes Uraian dan Tes Objektif. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(2), 139–148. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v4i2.2649

Putri, V. L. (2021). Pengembangan media frueelin untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak usia dini. Jurnal Golden Age, 5(02), 155–163. https://doi.org/https://doi.org/10.29408/jga.v5i01.3385

Rahayu, F. (2022). Pengembangan Kreativitas Anak Melalui Startegi 4P (Person, Press, Process, Product). Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME, 8(3), 2474–2482. https://doi.org/10.36312/jime.v8i2.3779/http

Ramdayani, D., Fahruddin, Nurhasanah, & Karta, I. W. (2020). Pengembangan Media Flashcard Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia Dini (Studi Kasus Anak Usia 4-5 Tahun) Di Desa Puyung Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah. Indonesian Journal of Elementary and Childhood Education, 21(1), 1–9.

Siyami, K. (2023). Peran Guru Dalam Mengembangkan Nilai Moral Agama Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Islam, 1, 25–29.

Tsai, Z.-T., Chen, C.-L., Chiou, H., Chang, C.-J., Chen, C.-Y., Pei-Hsuan Wu, K., Chung, C.-Y., & Chen, P.-H. (2023). Differential longitudinal effects of frequent sweetened food consumption at different exposure ages on child cognitive, language, and motor development. Biomedical Journal, May, 100608. https://doi.org/10.1016/j.bj.2023.100608

Turnip, H. A., & Wijayaningsih, L. (2022). Pengembangan Dadu QR Code untuk Alternatif Pengenalan Calistung Anak Usia 5 – 6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4392–4404. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2595

Veronica, N. (2018). Permainan Edukatif Dan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 49. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v4i2.1939

Wahyuni, F., & Azizah, S. M. (2020). Bermain dan Belajar pada Anak Usia Dini. Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 15(01), 161–179. https://doi.org/10.37680/adabiya.v15i01.257

Widayati, S., Simatupang, N. D., Saroinsong, W. P., & Rusdiyanti, A. (2021). Pengembangan Media Stekpan Untuk Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 4(1), 8. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v4i1.698

Widiawati, W. W., Karim, M. B., & Mayangsari, D. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Komputer Aplikasi Paint Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 22 Balongpanggang. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(1), 10–24. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v5i1.3845

Wulandari, R., Susilo, H., & Kuswandi, D. (2017). Multimedia Interaktif Bermuatan Game Edukasi Sebagai Salah Satu Alternatif Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar [The use of interactive multimedia containing educational games for elementary school students]. Jurnal Pendidikan, 1–8. https://core.ac.uk/download/pdf/267023877.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.