- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Pengembangan Media Flashcard Mitigasi Bencana Alam Gunung Meletus untuk Anak Usia 5-6 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5258Keywords:
media flashcard, anak usia 5-6 tahun, mitigasi bencana alam gunung meletusAbstract
Rentannya bencana alam seperti gunung meletus di Indonesia menjadikan pentingnya edukasi bagi masyarakat khususnya anak sedari dini mungkin. Pperlunya edukasi anak usia dini yang memanfaatkan materi yang menarik serta disesuaikan dengan tahap perkembangannya. Tujuan penelitian ini ialah menyesuaikan kebutuhan pengembangan flashcard mitigasi bencana gunung meletus teruntuk anak usia 5-6 tahun. Jenis penelitian Research and Development (R&D) mengaplikasikan model ADDIE melewati dua tahap uji coba, yaitu skala kecil 15 anak TK Islam Tunas Bangsa Yogyakarta dan skala besar 42 anak TK Al Fatah Sedan. Data dikumpulkan melalui berbagai metode, termasuk pengamatan, mewawancarai, penggunaan kuesioner, dan melalui proses validasi ahli, seperti ahli media, materi, instrumen, serta pengevaluasian respons dan deteksi. Selanjutnya, analisis efektivitas data dilaksanakan melalui metode uji Paired T dengan tingkat sig sebesar 0.05. Hasil menunjukkan produk pengembangan media flashcard memiliki keefektifan yang meningkatkan pemahaman anak terkait mitigasi bencana alam gunung meletus teruntuk anakÂ
Downloads
References
Abbasian, G., & Ghorbanpour, E. (2016). The Effect of Flash Card-based Instruction on Vocabulary Learning by EFL Learners. International journal of humanities and social sciences, 1929-1938.
Adiyoso, W., & Kanegae, H. (2012). The effect of different disaster education programs on tsunami preparedness among schoolchildren in Aceh, Indonesia.
Amelia, Z., & Rahmadani, A. (2023). Media Papan Edukatif Main Anak (PEMA) untuk Meningkatkan Pra Membaca Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi, 7(5), 5143–5154. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.4066
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. PT Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2011). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Balaban, V. (2006). Psychological assessment of children in disasters and emergencies. Disasters, 30(2), 178–198. https://doi.org/10.1111/j.0361-3666.2006.00314.x
Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. Department Of Educational Psychology and Instructional Technology University of Georgia, 53(9). https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–43. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
Fauziyah, A. I. (2019). Pengaruh metode eksperimen tema gejala alam terhadap kemampuan kognitif mengenal sebab-akibat pada kelompok B di TK Labschool UNESA. Jurnal PAUD Teratai, 9(1), 1–9. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/34948/31073
Hanafi. (2017). Konsep Penelitian R&D Dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Kajian Keislaman, 4(2), 129–150. https://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/saintifikislamica/article/view/1204
Hayudityas, B. (2020). Pentingnya penerapan pendidikan mitigasi bencana di sekolah untuk mengetahui kesiapsiagaan peserta didik. Jurnal Edukasi Nonformal, 21(1), 1–17. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/407
Inten, D. N., Mulyani, D., Khambali, K., Tiwi, D., & Lichandra, F. (2022). Disaster mitigation learning using katumbiri model in early childhood education. Atlantis Press, 658(SoRes 2021), 320–325. https://doi.org/10.2991/assehr.k.220407.065
Maghfiroh, S., & Suryana, D. (2021). Media pembelajaran untuk anak usia dini di pendidikan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 05(01), 1561. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1086
Meviana, I., & Susanti, N. E. (2019). Pengembangan buku teks mitigasi bencana pada materi erupsi gunung api di SDN penataran 01 kabupaten blitar. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 114–126. https://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/jpips/article/view/7537
Miftah, M. (2013). Fungsi, dan peran media pembelajaran sebagai upaya peningkatan kemampuan belajar siswa. Jurnal Kwangsan, 1(2), 95. https://doi.org/10.31800/jurnalkwangsan.v1i2.7
Mujiburrahman, Nuraeni, & Hariawan, R. (2020). Pentingnya Pendidikan Kebencanaan Di Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 4(2), 317–321. https://doi.org/10.36312/jisip.v4i2.1082
Nugroho, A., & Irawan, D. (2019). Understanding disaster mitigation volcanic eruption residents primary school mountain slamet banyumas. STEMEIF (Science, Technology, Engineering and Mathematics Learning International Forum), 19–25. http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/jpips/article/view/7537/pdf
Nurseto, T. (2012). Membuat media pembelajaran yang menarik. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8(1), 19–35. https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706
Santrock, J. w. (2011). Life span development thirteenth edition (M. Stotts (ed.); 13th ed.). Connect Learn Succeed.
Shaw, R., Shiwaku, K., & Takeuchi, Y. (2011). Disaster Education. Emerald Group Publishing Limited, 7. https://doi.org/10.1108/S2040-7262(2011)0000007009https://doi.org/10.1108/S2040-7262(2011)0000007009
Sugihartini, N., & Yudiana, K. (2018). ADDIE Sebagai Model Pengembangan Media Instruksional Edukatif (MIE) Mata Kuliah Kurikulum dan Pengajaran. Jurnal Pendidikan Dan Kejuruan, 15(2), 277. https://ejornal.undiksha.ac.id/index.php/JPTK/issue/view/851
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Ulfa, K. U., Bahrun, & Rahmi. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Lift the Flap Book Untuk Menstimulasi Kesiapsiagaan Anak Usia Dini Dalam Menghadapi Bencana. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2). http://jim.usk.ac.id/paud/article/view/17601
Winangsih, I., & Kurniati, E. (2020). Disaster mitigation in early childhood education. Atlantis Press, 454(Ecep 2019), 296–301. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200808.058
Yanti, D. D. (2019). Pendidikan siaga bencana melalui permainan segitiga siaga untuk meningkatkan kemandirian anak di TK tunas bangsa saat menghadapi bencana di daerah pesisir kecamatan bonang kabupaten demak. Universitas Negeri Semarang.