Pengembangan Media Flashcard Mitigasi Bencana Alam Gunung Meletus untuk Anak Usia 5-6 Tahun

Author


Tiyas Widanty(1Mail), Joko Pamungkas(2),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 524KB]

Published : 2023-10-18

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 528 times PDF Downloaded: 247 times

Abstract


Rentannya bencana alam seperti gunung meletus di Indonesia menjadikan pentingnya edukasi bagi masyarakat khususnya anak sedari dini mungkin. Pperlunya edukasi anak usia dini yang memanfaatkan materi yang menarik serta disesuaikan dengan tahap perkembangannya. Tujuan penelitian ini ialah menyesuaikan kebutuhan pengembangan flashcard mitigasi bencana gunung meletus teruntuk anak usia 5-6 tahun. Jenis penelitian Research and Development (R&D) mengaplikasikan model ADDIE melewati dua tahap uji coba, yaitu skala kecil 15 anak TK Islam Tunas Bangsa Yogyakarta dan skala besar 42 anak TK Al Fatah Sedan. Data dikumpulkan melalui berbagai metode, termasuk pengamatan, mewawancarai, penggunaan kuesioner, dan melalui proses validasi ahli, seperti ahli media, materi, instrumen, serta pengevaluasian respons dan deteksi. Selanjutnya, analisis efektivitas data dilaksanakan melalui metode uji Paired T dengan tingkat sig sebesar 0.05. Hasil menunjukkan produk pengembangan media flashcard memiliki keefektifan yang meningkatkan pemahaman anak terkait mitigasi bencana alam gunung meletus teruntuk anak 


Keywords


media flashcard; anak usia 5-6 tahun; mitigasi bencana alam gunung meletus

References


Abbasian, G., & Ghorbanpour, E. (2016). The Effect of Flash Card-based Instruction on Vocabulary Learning by EFL Learners. International journal of humanities and social sciences, 1929-1938.

Adiyoso, W., & Kanegae, H. (2012). The effect of different disaster education programs on tsunami preparedness among schoolchildren in Aceh, Indonesia.

Amelia, Z., & Rahmadani, A. (2023). Media Papan Edukatif Main Anak (PEMA) untuk Meningkatkan Pra Membaca Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi, 7(5), 5143–5154. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.4066

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. PT Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2011). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Balaban, V. (2006). Psychological assessment of children in disasters and emergencies. Disasters, 30(2), 178–198. https://doi.org/10.1111/j.0361-3666.2006.00314.x

Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. Department Of Educational Psychology and Instructional Technology University of Georgia, 53(9). https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–43. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Fauziyah, A. I. (2019). Pengaruh metode eksperimen tema gejala alam terhadap kemampuan kognitif mengenal sebab-akibat pada kelompok B di TK Labschool UNESA. Jurnal PAUD Teratai, 9(1), 1–9. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/34948/31073

Hanafi. (2017). Konsep Penelitian R&D Dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Kajian Keislaman, 4(2), 129–150. https://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/saintifikislamica/article/view/1204

Hayudityas, B. (2020). Pentingnya penerapan pendidikan mitigasi bencana di sekolah untuk mengetahui kesiapsiagaan peserta didik. Jurnal Edukasi Nonformal, 21(1), 1–17. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/407

Inten, D. N., Mulyani, D., Khambali, K., Tiwi, D., & Lichandra, F. (2022). Disaster mitigation learning using katumbiri model in early childhood education. Atlantis Press, 658(SoRes 2021), 320–325. https://doi.org/10.2991/assehr.k.220407.065

Maghfiroh, S., & Suryana, D. (2021). Media pembelajaran untuk anak usia dini di pendidikan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 05(01), 1561. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1086

Meviana, I., & Susanti, N. E. (2019). Pengembangan buku teks mitigasi bencana pada materi erupsi gunung api di SDN penataran 01 kabupaten blitar. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 114–126. https://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/jpips/article/view/7537

Miftah, M. (2013). Fungsi, dan peran media pembelajaran sebagai upaya peningkatan kemampuan belajar siswa. Jurnal Kwangsan, 1(2), 95. https://doi.org/10.31800/jurnalkwangsan.v1i2.7

Mujiburrahman, Nuraeni, & Hariawan, R. (2020). Pentingnya Pendidikan Kebencanaan Di Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 4(2), 317–321. https://doi.org/10.36312/jisip.v4i2.1082

Nugroho, A., & Irawan, D. (2019). Understanding disaster mitigation volcanic eruption residents primary school mountain slamet banyumas. STEMEIF (Science, Technology, Engineering and Mathematics Learning International Forum), 19–25. http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/jpips/article/view/7537/pdf

Nurseto, T. (2012). Membuat media pembelajaran yang menarik. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8(1), 19–35. https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706

Santrock, J. w. (2011). Life span development thirteenth edition (M. Stotts (ed.); 13th ed.). Connect Learn Succeed.

Shaw, R., Shiwaku, K., & Takeuchi, Y. (2011). Disaster Education. Emerald Group Publishing Limited, 7. https://doi.org/10.1108/S2040-7262(2011)0000007009https://doi.org/10.1108/S2040-7262(2011)0000007009

Sugihartini, N., & Yudiana, K. (2018). ADDIE Sebagai Model Pengembangan Media Instruksional Edukatif (MIE) Mata Kuliah Kurikulum dan Pengajaran. Jurnal Pendidikan Dan Kejuruan, 15(2), 277. https://ejornal.undiksha.ac.id/index.php/JPTK/issue/view/851

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Ulfa, K. U., Bahrun, & Rahmi. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Lift the Flap Book Untuk Menstimulasi Kesiapsiagaan Anak Usia Dini Dalam Menghadapi Bencana. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2). http://jim.usk.ac.id/paud/article/view/17601

Winangsih, I., & Kurniati, E. (2020). Disaster mitigation in early childhood education. Atlantis Press, 454(Ecep 2019), 296–301. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200808.058

Yanti, D. D. (2019). Pendidikan siaga bencana melalui permainan segitiga siaga untuk meningkatkan kemandirian anak di TK tunas bangsa saat menghadapi bencana di daerah pesisir kecamatan bonang kabupaten demak. Universitas Negeri Semarang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.