Author
Oktarina Dwi Handayani(1),
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Indonesia(1)
Corresponding Author
Article Analytic |
Published : 2020-05-09
Article can trace at:
Article Metrics
Abstract Views: 3362 times PDF Downloaded: 1394 timesAbstract
Pendidikan profesi guru (PPG) merupakan pendidikan yang diperuntukkan bagi pendidik Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam upaya pengembangan kompetensi. Melalui PPG pendidik diberikan keterampilan dalam mengelola kegiatan pembelajaran dimulai dari tahapan perencanaan hingga evaluasi pembelajaran. Salah satu keterampilan yang dikembangkan melalui PPG adalah dalam pengembangan media pembelajaran, yaitu merancang, menggunakan dan membuat media pembelajaran dari bahan-bahan yang ada dilingkungan sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai persepsi mahasiswa terhadap pelaksanaan PPG dalam pengembangan media pembelajaran PAUD. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan uji regresi linear sederhana. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan didapatkan hasil bahwa setiap penambahan nilai persepsi mahasiswa menyebabkan penambahan pada nilai pengembangan media pembelajaran jadi dapat disimpulkan bahwa variabel persepsi mahasiswa pada pelaksanaan PPG berpengaruh terhadap variabel kemampuan pengembangan media pembelajaran PAUD.
Keywords
References
Christianti, M. (2015). Profesionalisme Pendidik Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 1(1). https://doi.org/10.21831/jpa.v1i1.2923
Church, A., & Bateman, A. (2019). Methodology and professional development: Conversation Analytic Role-play Method (CARM) for early childhood education. Journal of Pragmatics, 143, 242254. https://doi.org/10.1016/j.pragma.2019.01.022
Correia, N., Carvalho, H., Dures, J., & Aguiar, C. (2020). Teachers ideas about childrens participation within Portuguese early childhood education settings. Children and Youth Services Review, 111, 104845. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.104845
Gianina-Ana, M. (2013). Kindergarten Teachers Perceptions on in-service Training and Impact on Classroom Practice. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 76, 481485. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.04.150
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2003). UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. http://simkeu.kemdikbud.go.id/index.php/peraturan1/8-uu-undang-undang/12-uu-no-20-tahun-2003-tentang-sistem-pendidikan-nasional
Kiromi, I. H., & Fauziah, P. Y. (2016). Pengembangan media pembelajaran big book untuk pembentukan karakter anak usia dini. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 48. https://doi.org/10.21831/jppm.v3i1.5594
Kurniati, D., Harimukti, R., & Jamil, N. A. (2016). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Smp Di Kabupaten Jember Dalam Menyelesaikan Soal Berstandar PISA. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 142. https://doi.org/10.21831/pep.v20i2.8058
Kustiawan, U. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran bagi Anak Usia Dini. Google Books. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=gpYqDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=pengembangan+media+pembelajaran&ots=tuN0H_IXEm&sig=-W6uTXj6RHMSGE3eEq4hogeSjbU&redir_esc=y#v=onepage&q=pengembangan media pembelajaran&f=false
Liyana, A., & Kurniawan, M. (2019). Speaking Pyramid sebagai Media Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 225. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.178
Ningrum, E. (2016). Membangun Sinergi Pendidikan Akademik (S1) Dan Pendidikan Profesi Guru (PPG). Jurnal Geografi Gea, 12(2). https://doi.org/10.17509/gea.v12i2.1783
Nuraeni, L., & Riyanto, A. (2017). Efektivitas Diklat Berjenjang Tingkat Dasar Terhadap Peningkatan Kompetensi Pedagogik Pendidik PAUD (Studi Deskriptif Pada Pendidik Paud Di Kota Cimahi). P2M STKIP Siliwangi, 4(1), 21. https://doi.org/10.22460/p2m.v4i1p21-29.388
Nurhafizah, N. (2018). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Anak Usia Dini Menggunakan Bahan Sisa. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 2(2b), 4453. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v2i2b.288
Pangestika, R. R., & Alfarisa, F. (2015). Pendidikan Profesi Guru (PPG): Strategi Pengembangan Profesionalitas Guru dan Peningkatan Mutu Pendidikan Indonesia. Pendidiakan Profesi Guru (PPG), 4(1995), 671683. http://eprints.uny.ac.id/21965/1/60 Ratna Rosita Pangestika %26 Fitri Alfarisa.pdf
Pdspk, I., Statistik, K., Anak, P., & Dini, U. (2017). Katalog Dalam Terbitan. www.pdsp.kemdikbud.go.id
Prof. Dr. Sudarwan Danim. (2015). Pengembangan Profesi Guru. In Karisma Putra Utama (3rd ed.). Kencana. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=ezq2DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=pendidikan+profesi+guru&ots=ad313Nyv08&sig=W0xeGj1l0N4WYEqzxd8bhCTl4Rg&redir_esc=y#v=onepage&q=pendidikan profesi guru&f=false
Ries, F. (2016). A Study of Teacher Training in the United States and Europe. The European Journal of Social and Behavioural Sciences, 16(2), 20292054. https://doi.org/10.15405/ejsbs.184
Saurina, N. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini Menggunakan Augmented Reality. Jurnal IPTEK, 20(1), 95. https://doi.org/10.31284/j.iptek.2016.v20i1.27
Sumarsih, S., & Mukminan, M. (2016). Pengembangan Multimedia Akuntansi Biaya Metode Harga Pokok Pesanan Bagi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Akuntansi UNY. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(1), 92. https://doi.org/10.21831/tp.v3i1.8266
Usmaedi, U. (2017). Menggagas Pembelajaran HOTS Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 82. https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i1.1040
Widayati, T. (2009). Pengembangan Media Pembelajaran Tutor Paud Dalam Menggali Perilaku Kerjasama Anak Usia Dini Melalui Gerak Dan Lagu. Jiv, 4(2), 113124. https://doi.org/10.21009/jiv.0402.1
Wolf, S. (2018). Impacts of Pre-Service Training and Coaching on Kindergarten Quality and Student Learning Outcomes in Ghana. Studies in Educational Evaluation, 59, 112123. https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2018.05.001
Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 8196. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489
Refbacks
- There are currently no refbacks.