Implementasi Pendidikan Literasi Finansial Anak Usia Dini: Studi Kasus di Lembaga TK Kota Yogyakarta

Author


Lisa Nurfatmawati(1Mail), Sukirno Sukirno(2), Arief Nurrahman(3), Meinarsih Meinarsih(4),
Pendidikan Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(1)
Pendidikan Akuntansi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(2)
Pendidikan Akuntansi, Universitas Negeri Yogyakarta,
Pendidikan Anak Usia Dini, TK Negeri Pembina Yogyakarta, Indonesia(4)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 361KB]

Published : 2023-10-15

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 410 times PDF Downloaded: 165 times

Abstract


Anak yang dibekali konsep literasi keuangan sejak dini akan terbiasa menangani uang secara bijak dan tepat di kemudian hari. Penelitian ini bermaksud untuk mengkaji bagaimana pembelajaran literasi keuangan anak usia dini dikembangkan di lembaga taman kanak-kanak di kota Yogyakarta.. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif yang kemudian didukung dengan pendekatan kualitatif. Sampel penelitian yaitu 113 guru Taman Kanak Kanak yang diambil denngan teknik purposive sampling. Instrumen angket yang digunakan telah dinyatakan valid secara isi berdasarkan hasil Aiken V dengan rentang 0,81–0,94 dan konstruk berdasarkan nilai KMO Barlert’s Test sebesar 0,678, serta koefisien reliabilitas menunjukkan angka 0,876 yang berarti instrument reliable Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi literasi finansial anak usia dini di Lembaga Taman Kanak-Kanak di Kota Yogyakarta dalam kategori cukup baik, sehingga masih perlu ditingkatkan. Kegiatan yang ada selama ini hanya berupa kegiatan menabung dan sedekah pada jumat berkah, belum ada kegiatan yang lebih spesifik terkait pengembangan literasi finansial anak usia dini.  


Keywords


literasi finansial; anak usia dini; guru tk

References


Abdullah, A. A., Ahid, N., Fawzi, T., & Muhtadin, M. A. (2023). Peran Guru dalam Pengembangan Kurikulum Pembelajaran. TSAQOFAH, 3(1). https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v3i1.732

Agarwalla, S. K., Barua, S. K., Jacob, J., & Varma, J. R. (2015). Financial Literacy among Working Young in Urban India. World Development, 67. https://doi.org/10.1016/j.worlddev.2014.10.004

Agusmin, M., & Rozali, R. D. Y. (2020). Studi Literasi Keuangan Dalam Meningkatkan Perilaku Menabung Remaja. Seminar Internasional Riksa Bahasa XIII, 1(1). http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/386/2/Manajemen%202022%20GERI%20TRIAN%20ZETTA_removed.pdf

Aiken. (1985). Three Coefficients for Analyzing the Reliability and Validity of Ratings. Educational and Psychological Measurement, 45(1), 131–142. https://doi.org/https://doi.org/10.1177/001316448545101

Alekam, J. M. E., Salleh, M. S. B. Md., & Mokhtar. Sany Sanuri bin Mohd. (2018). The Effect of Family, Peer, Behavior, Saving and Spending Behavior on Financial Literacy among Young Generations. International Journal of Organizational Leadership, 7. https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=3337614

Al-Maghfiroh, Q. A., Rohaeti, N., Novianti, S. S., Oktaviani, V., & Oktaviana, V. (2021). Penerapan Strategi Financial Parenting (Gemar Menabung) Pada Usia Dini Untuk Merencanakan Masa Depan. DEDIKASI PKM, 2(3). https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v2i3.10733

Amari, M., & Jarboui, A. (2015). Financial Literacy and Economics Education Among Young Adults: An Observation From Tunisia. Journal of Business and Finance Librarianship, 20(3). https://doi.org/10.1080/08963568.2015.978834

Amilia, S., Bulan, T. P. L., & Rizal, M. (2018). Pengaruh Melek Finansial, Sosialisasi Orang Tua, dan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Menabung Mahasiswa Bidik Misi Fakultas Ekonomi Universitas Samudra. Jurnal Samudra Ekonomika, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.1234/jse.v2i2.877

Anggarani, F. K., Setyowati, R., Satwika, P. A., & Andayani, T. R. (2022). Pengaruh Pendidikan Literasi Keuangan dengan Pendekatan Bermain Peran pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1920

Ariyani, D. (2018). Pendidikan Literasi Keuangan pada Anak Usia Dini di TK Khalifah Purwokerto. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 13(2). https://doi.org/10.24090/yinyang.v13i2.2100

Chasanah, A. N., Puspitasari, D., Wardhani, M. F., Herawati, R., & Budiantoro, R. A. (2022). Gerakan Pengenalan Literasi Keuangan Pada Anak Usia Dini (PAUD) di RA Terpadu Al-Qolam Semarang. Surya Abdimas, 6(3). https://doi.org/10.37729/abdimas.v6i3.1862

Damayanti, S. M., Isrochmani, M., & Pradana, H. A. (2018). The Importance of Financial Literacy in a Global Economic Era. The Business and Management Review, 9(3). https://cberuk.com/cdn/conference_proceedings/2019-07-14-11-03-17-AM.pdf

de Bassa Scheresberg, C. (2013). Financial Literacy and Financial Behavior among Young Adults: Evidence and Implications. Numeracy, 6(2). https://doi.org/10.5038/1936-4660.6.2.5

Fauziah, P., & Sari, R. C. (2019). The development of a financial literacy questionnaire for early childhood. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 7(7). https://www.ijicc.net/images/vol7iss7/7722_Fauziah_2019_E_R.pdf

Feldt, L. S., & Brennan, R. L. (1989). Reliability. In R. L. Linn (Ed.). Educational Measurement, 105–146. https://psycnet.apa.org/record/1989-97348-003

Gerasimova, E. N., Krasova, T. D., Chuikova, Z. V., & Sushkova, I. V. (2022). Relationship between financial literacy of preschool children and their parents. Perspektivy Nauki i Obrazovania, 59(5). https://doi.org/10.32744/pse.2022.5.19

Hardi, V. A. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Teknik Rekam Layar bagi Guru. Jurnal Abdidas, 2(4). https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i4.362

Hariyanto, B., Ernawati, E., Sukaris, S., & Rahim, A. R. (2021). Sosialisasi Gerakan Rajin Menabung ditengah Pandemi dan Sosialisasi Pecegahan Penyebaran COVID-19 Melalui Media Sosial. DedikasiMU : Journal of Community Service, 3(4). https://doi.org/10.30587/dedikasimu.v3i4.3244

Hariyono, A. (2020). Literasi Keuangan Menabung Sejak Dini dan Pendampingan Pengelolaan Keuangan Berbasis Pembukuan Sederhana Pada Bank Sampah Desa Brangkal, Kecamatan Balongpanggang, Kabupaten Gresik. DedikasiMU(Journal of Community Service), 2(1). https://doi.org/10.30587/dedikasimu.v2i1.1210

Haryanti, P., Hidayati, A., Rodliyah, I., Nisful Laili, C., & Saraswati, S. (2020). Sosialisasi Literasi Keuangan Syariah Pada Anak Usia Dini. JIPEMAS: Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat, 3(2). https://doi.org/10.33474/jipemas.v3i2.6584

Herdhiana, R., Zahara, R., & Annisa, N. (2021). Pendampingan Literasi Finansial untuk Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Tri Bhakti, 3(2). https://doi.org/10.36555/tribhakti.v3i2.1820

Hermansson, C., & Jonsson, S. (2021). The impact of financial literacy and financial interest on risk tolerance. Journal of Behavioral and Experimental Finance, 29. https://doi.org/10.1016/j.jbef.2020.100450

Izzah, N. (2021). Edukasi untuk Meningkatkan Literasi Keuangan Syariah di Desa Huta Raja, Kabupaten Mandailing Natal. Community Empowerment, 6(3). https://doi.org/10.31603/ce.4453

Jariwala, H. V. (2022). Correction to: The Association of Financial Socialization with Financial Self-Efficacy and Autonomy: A Study of Young Students in India. Journal of Family and Economic Issues, 43(2). https://doi.org/10.1007/s10834-022-09836-1

Krisdayanthi, A. (2019). Penerapan Financial Parenting (Gemar Menabung) Pada Anak Usia Dini. Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1). https://doi.org/10.25078/pw.v4i1.1063

Kumari, S., & Harikrishnan, A. (2021). Importance of Financial literacy For Sustainable Future Environment: A Research Among People In Rural Areas With Special Reference To Mandi District,Himachal Pradesh. International Journal of Engineering, Science and Information Technology, 1(1). https://doi.org/10.52088/ijesty.v1i1.36

Kusumastuti, D. K. (2021). Peningkatan Literasi Keuangan melalui Pelatihan Evaluasi dan Perencanaan Keuangan Sehat Berbasis syariah pada Pengusaha Muslim Skala Mikro Kecil di Purwokerto. Solidaritas: Jurnal Pengabdian, 1(1). https://doi.org/10.24090/sjp.v1i1.5136

Langgi, N. R., & Susilaningsih, S. (2022). Analisis Implementasi Pendidikan Keuangan pada Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1625

Lusardi, A., & Mitchell, O. S. (2007). Financial Literacy and Retirement Prepared-ness: Evidence and Implications for Financial Education: The Problems are Serious, and Remedies are Not Simple. Business Economics, 42, January. https://link.springer.com/article/10.2145/20070104

Lusardi, A., & Mitchell, O. S. (2013). The economic importance of financial literacy. Journal of Economic Literature, 52(1). https://www.aeaweb.org/articles?id=10.1257/jel.52.1.5

Lusardi, A., Mitchell, O. S., & Curto, V. (2010). Financial literacy among the young. Journal of Consumer Affairs, 44(2). https://doi.org/10.1111/j.1745-6606.2010.01173.x

Lusiana, F., & Pradana, A. F. (2022). Symash (Eassy Smart Sharia): Inovasi Aplikasi Fintech Syariah Cermat dan Mudah Sebagai Media Peningkatan Ihsanul Amal Melalui Kegiatan Keuangan Digital. Prosiding National Seminar on Accounting Finance, and Economics (Nsafe), 2(2).

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1984). Drawing Valid Meaning from Qualitative Data: Toward a Shared Craft. http://er.aera.net

Moffitt, T. E., Arseneault, L., Belsky, D., Dickson, N., Hancox, R. J., Harrington, H. L., Houts, R., Poulton, R., Roberts, B. W., Ross, S., Sears, M. R., Thomson, W. M., & Caspi, A. (2011). A gradient of childhood self-control predicts health, wealth, and public safety. Proceedings of the National Academy of Sciences of the United States of America, 108(7). https://doi.org/10.1073/pnas.1010076108

Mohammed Esmail Alekam, J., Salniza Bt Md. Salleh, M., & Sanuri bin Mohd. Mokhtar, S. (2018). The Effect of Family, Peer, Behavior, Saving and Spending Behavior on Financial Literacy among Young Generations. International Journal of Organizational Leadership, 7(3). https://doi.org/10.33844/ijol.2018.60258

Mustofa, M. (2022). Literasi Keuangan Syariah dan Perilaku Menabung Mahasiswa. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 18(2). https://doi.org/10.21831/jep.v18i2.49299

Noor, M., Nurhayati, Y., & Maulidha. (2023). Implementasi Pendidikan Literasi Finansial Anak Usia Dini: Studi Kasus di PAUD Banjarmasin. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/10.35473/ijec.v5i1.2095

Nugroho, N. S., & Panuntun, B. (2022). Pengaruh Financial Knowledge , Financial Skills , dan Income Terhadap Financial Management Behavior Generasi Z. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 01(01). https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/43316

Nurrahman, A., Sukirno, S., Pratiwi, D. S., Iskandar, J., Rahim, A., & Rahmaini, I. S. (2022). Developing Student Social Attitude Self-Assessment Instruments: A Study in Vocational High School. Research and Evaluation in Education, 8(1). https://doi.org/10.21831/reid.v8i1.45100

Oktaviani, R. F., Meidiyustiani, R., Qodariah, Q., & Iswati, H. (2022). Edukasi Menumbuhkan Literasi Finansial Pada Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. ABDI MOESTOPO: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(2). https://doi.org/10.32509/abdimoestopo.v5i2.1654

Prasetya, A., Rahardjo, K., Mawardi, M. K., Rustam Hidayat, R., & Prakasa, Y. (2021). The mediation role of financial literation in ensuring MSMEs sustainability: An organizational characteristics perspective. JEMA: Jurnal Ilmiah Bidang Akuntansi Dan Manajemen, 18(1). https://doi.org/10.31106/jema.v18i1.10356

Purwadhi, P. (2019). Pengembangan Kurikulum dalam Pembelajaran Abad XXI. MIMBAR PENDIDIKAN, 4(2). https://doi.org/10.17509/mimbardik.v4i2.22201

Rahma, F., Yunarsi, Fatmala, W., Sari, M., Husriah, & Ode, J. M. (2022). Literasi Pengelolaan Keuangan Cerdas pada Anak Usia Dini. Buletin Poltanesa, 23(1). https://doi.org/10.51967/tanesa.v23i1.1263

Rahmalia, Z., & Suriadi, A. (2022). Sosialisasi Gerakan Semangat Menabung Sejak Dini Serta Mengedukasi Perbedaan Antara Kebutuhan Dan Keinginan. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1). https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/3260521

Rapih, S. (2016). Pendidikan Literasi Keuangan pada Anak: Mengapa dan Bagaimana? Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2). https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i2.p14-28

Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian (Panduan Peneliti, Mahasiswa dan Psikometri). www.nuhamedika.gu.ma

Riza, I. F. D., Azizah, H., Sofiana, Y., Ummami, U., & Andila, A. (2022). Pentingnya Edukasi Literasi Keuangan Pada Anak Usia Dini Melalui Gerakan Gemar Menabung. In Prosiding Seminar Nasional Hi-Tech (Humanity, Health, Technology), 1(1), 1. https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/hitech/article/view/4428

Rudeloff, M. (2019). The influence of informal learning opportunities on adolescents’ financial literacy. Empirical Research in Vocational Education and Training, 11(1). https://doi.org/10.1186/s40461-019-0086-y

Saputra, J., & Susanti, D. (2021). A Study of Several Financial Literacy Teaching Methods for Children. International Journal of Ethno-Sciences and Education Research, 1(2). https://doi.org/10.46336/ijeer.v1i2.120

Sari, R. C., Aisyah, M. N., Ilyana, S., & Hermawan, H. D. (2022). Developing a Financial Literacy Storybook for Early Childhood in an Augmented Reality Context. Contemporary Educational Technology, 14(2). https://doi.org/10.30935/cedtech/11734

Silinskas, G., Ahonen, A. K., & Wilska, T. A. (2021). Financial literacy among Finnish adolescents in PISA 2018: the role of financial learning and dispositional factors. Large-Scale Assessments in Education, 9(1). https://doi.org/10.1186/s40536-021-00118-0

Soraya, E., & Lutfiati, A. (2020). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Literasi Keuangan. Kinerja, 2(02). https://doi.org/10.34005/kinerja.v3i01.966

Sulaiman, W. (2022). Pengembangan Kurikulum: (Sebagai Peran Guru Profesional). EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3). https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2645

Veling, L., & McGinn, C. (2021). Qualitative Research in HRI: A Review and Taxonomy. International Journal of Social Robotics, 13(7), 1689–1709. https://doi.org/10.1007/s12369-020-00723-z

Vijaykumar, J. H. (2022). The Association of Financial Socialization with Financial Self-Efficacy and Autonomy: A Study of Young Students in India. Journal of Family and Economic Issues, 43(2). https://doi.org/10.1007/s10834-021-09797-x

Wagiran. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan (Teori dan Implementasi. Deepublish.

Widayati, T. (2018). Literasi Finansial Warga Multikeaksaraan Melalui Pembelajaran Manajemen Keuangan Personal. Jurnal AKRAB, 9(2). https://doi.org/10.51495/jurnalakrab.v9i2.182

Yuneva, H. A., & Suryana, D. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Diorama dalam Pembelajaran Literasi Keuangan Anak Usia Dini. Journal of Education Research, 3(3). https://doi.org/10.37985/jer.v3i3.89


Refbacks

  • There are currently no refbacks.