Author
Zilvira Willenda(1), Eko Kuntarto(2), Violita Zahyuni(3),
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Jambi, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Jambi, Indonesia(2)
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Jambi, Indonesia(3) Corresponding Author PDF Full Text [File Size: 318KB]
Published : 2024-02-28
Article can trace at:
Article Metrics
Abstract Views: 349 times PDF Downloaded: 204 timesAbstract
Penelitian ini menyoroti pentingnya Higher Order Thinking Skills (HOTS) dalam meningkatkan mutu pendidikan, dengan fokus pada kelas I sekolah dasar. HOTS mencakup kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan kreatif, yang dianggap esensial dalam pendidikan tingkat tinggi. Guru dianggap kunci keberhasilan dalam mewujudkan proses pembelajaran yang berkualitas, mulai dari perencanaan hingga evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal berbasis HOTS memiliki variasi. Ranah kognitif tingkat mengaplikasikan (C3) dinilai rendah, sementara ranah kognitif tingkat menganalisis (C4) dan tingkat mengevaluasi (C5) dinilai sedang. Meskipun demikian, soal Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia kelas I dianggap sudah sesuai dengan kriteria HOTS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Temuan ini memberikan pandangan mendalam tentang tantangan dan potensi dalam mengimplementasikan HOTS di tingkat dasar. Implementasi strategi pembelajaran yang lebih mendalam dan pengembangan kemampuan guru dapat menjadi langkah kunci untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam ranah HOTS.
Keywords
References
Order Thinking Skill (Hots) Di Sma Negeri 2 Kuala Nagan Raya.
Febrianningsih, R., & Ramadan, Z. H. (2023). Kesiapan Guru dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3335–3344. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4686
Firdausa, A. R. (2019). pengembangan instrumen tes high order thinking skils (HOST) boga dasar untuk peserta didik SMK program keahlian tata boga.
Herawati, N. H., & Katoningsih, S. (2023). Kemampuan Bahasa Anak Usia Prasekolah. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1685–1695. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4122
Ismaniar, I., & Landa, K. S. (2023). Hubungan Lingkungan Sosial Masyarakat dengan Perilaku Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1664–1675. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.3825
Julianto, T. N. & J. (2022). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Kelas Iv Dalam Menyelesaikan Soal Hots ( High Order Thinking Skills ) Pada Mata Pelajaran Ipa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(1), 60–74.
Kartika, W. I., & Putri, A. A. P. (2023). Analisis Kemampuan Membaca Permulaan di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4097–4106. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4372
Kemala, F. I. (2021). Analisis Hots (High Order Thinking Skills) Pada Soal Subjektif Tes Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Kelas V Sd Negeri 24 Kota Bengkulu (pp. 1–67).
Magdalena, I., Hidayah, A., & Safitri, T. (2021). Analisis Kemampuan Peserta Didik Pada Ranah Kognitif, Afektif, Psikomotorik Siswa Kelas II B SDN Kunciran 5 Tanggerang. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 48–62.
Permendikbud. (2016). Permendikbud Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016. 53(9), 1689–1699.
Pratiwi, N. P. W., Dewi, N. L. P. E. S., & Paramartha, A. A. G. Y. (2019). The Reflection of HOTS in EFL Teachers’ Summative Assessment. Journal of Education Research and Evaluation, 3(3), 127. https://doi.org/10.23887/jere.v3i3.21853
Putri, B. A. (2019). Analisis Kesulitan Proses Pembelajaran Berbasis Hots Di Kelas V Sdn 4 Muara Padang. El-Ibtidaiy:Journal of Primary Education, 2(2), 59. https://doi.org/10.24014/ejpe.v2i2.7961
Setiawati, S. (2019). Analisis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Siswa Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Soal Bahasa Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI, 2(2010), 552–557. https://doi.org/10.30998/prokaluni.v2i0.143
Simatupang, E. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Pada Topik Keanekaragaman Hayati (TKH) Kelas X SMA N 2 Muara Bungo.
Supriano. (2019). Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (KB) Melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (Pkp) Berbasis Zonasi: Buku Penilaian berorientasi Higher Order Thingking Skills. Direktorat Jendaral Guru Dan Tenaga Kependidikan Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Susilowati P. J., R. N. (2018). a Nalisis K Esalahan K Onsep P Ecahan Pada S Iswa K Elas Vii a. Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 199–206.
Thomson, K. C., Richardson, C. G., Samji, H., Dove, N., Olsson, C. A., Schonert-Reichl, K. A., Shoveller, J., Gadermann, A. M., & Guhn, M. (2021). Early childhood social-emotional profiles associated with middle childhood internalizing and wellbeing. Journal of Applied Developmental Psychology, 76(August), 101301. https://doi.org/10.1016/j.appdev.2021.101301
Ujang Suparman. (2021). Bagaimana Meningkatkan Kemampuan BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS) PESERTA DIDIK.
Widana, I. W. (2017). Higher Order Thinking Skills Assessment (Hots). JISAE: Journal of Indonesian Student Assessment and Evaluation, 3(1), 32–44. https://doi.org/10.21009/jisae.v3i1.4859
Yuniarti, T., & Hadi, S. (2015). Peningkatan Kemampuan Analisis Pokok Bahasan Masalah Ekonomi Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Siswa Sma Negeri 1 Bandongan Kabupaten Magelang. Dinamika Pendidikan, 10(1), 76–87.
Refbacks
- There are currently no refbacks.