- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Upaya Pembentukan Karakter melalui Metode Bercerita “Saat Beruang Mengantre Panjang†pada Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4396Keywords:
karakter anak, metode bercerita, pendidikan anak usia diniAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembentukan karakter pada anak usia dini melalui metode bercerita. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Tempat penelitian yaitu Kelompok Bermain Harapan Bunda Wonogiri dengan subjek penelitian anak usia 3-4 tahun dan guru. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakter baik yang diperoleh dari cerita “Saat Beruang Mengantre Panjang†adalah berperilaku sabar, tidak berprasangka buruk, dan berperilaku sopan. Hambatan yang dihadapi oleh guru dalam pembentukan karakter melalui cerita yaituadaya kondisi orang tua yang kurang peduli terhadap kondisi anak dan proses pembelajaran saat di sekolah, pemberian tugas di rumah yang kurang sejalan dengan pemberian tugas di sekolah dan kurangnya media pembelajaran yang memadai.
Downloads
References
Adhar, In’am, A., & Hartiningsih, S. (2018). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Pada Anak Usia Dini Di Ra Al Mashitoh Tegalgondo Karangploso Malang. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 237. ttps://doi.org/10.24239/abulava.Vol1.Iss1.2
Dariah, N. (2018). Peran Orang Tua Dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini Melalui Bermain Peran (Study Kasus di Kelompok Bermain Al-Munawar). Comm-Edu (Community Education Journal), 1(3), 154. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v1i3.1592
Fadilah, R. N. (2019). Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Kemampuan Menghargai Orang Lain Pada Anak TK. Pendidikan Guru PAUD S-1, 8(7), 607–614.
Fadlillah, M., & Khorida, L. M. (2013). Pendidikan karakter anak usia dini. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 25. https://eprints.uny.ac.id/65252
Fatmah, N. (2018). Pembentukan karakter dalam pendidikan. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 29(2), 369–387. https://doi.org/10.33367/tribakti.v29i2.602
Fitri, S. N., & Waluyo, E. (2020). Implementation of Ksatria Story Book in Embedding Leadership Character Values in Children 5-6 Years Old. BELIA: Early Childhood Education Papers, 9(1), 7–12. https://doi.org/10.15294/belia.v9i1.28381
Husin, H., & Harianto, D. (2022). Pengembangan Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita. Smart Kids: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(2), 53–62. https://doi.org/10.30631/smartkids.v4i2.118
Irmalia, S. (2020). Peran Orang Tua dalam pembentukan karakter anak sejak dini. Jurnal EL HAMRA, 5(1), 32–37. https://ejournal.amertamedia.co.id/index.php/elhamra/article/view/64
JR, R. R., Luthfi, A., & Fauziddin, M. (2018). Pengaruh Metode Bercerita terhadap Kemampuan Menyimak pada Anak Usia Dini. Aulad : Journal on Early Childhood, 1(1), 39–51. https://doi.org/10.31004/aulad.v1i1.5
Masruroh, F., & Ramiati, E. (2022). Pembentukan Karakter Gemar Membaca Pada Anak Usia Melalui Media Buku Cerita Bergambar. INCARE: International Journal Of Educatoin Resources, 02(06), 576–585. https://ejournal.ijshs.org/index.php/incare/article/view/353
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. CEUR Workshop Proceedings.
Moleong, L. J. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif, Cet. XI. PT Remaja Rosdakarya.
Nasution, W. N. (2017). Perencanaan pembelajaran: pengertian, tujuan dan prosedur. Ittihad, 1(2). http://ejournal-ittihad.alittihadiyahsumut.or.id/index.php/ittihad/article/view/23
Nurjanah, A. P., & Anggraini, G. (2020). Metode Bercerita Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(1), 1–7. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/potensia/article/view/9846/0
Nurunnisa, E. C. (2022). Methods Of Early Childhood Character Education : A Study Of Muhammad ‘ Athiyah Al-Abrasyi ’ S Ideas. Tarbiyat al-Aulad: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 7(1), 35–46. https://riset-iaid.net/index.php/TA/article/view/1206
Polina, L., & Pramudiani, P. (2018). Pembelajaran Karakter Melalui Media Dongeng pada PAUD Formal Binaan I dan Binaan III Ciracas Jakarta Timur. Jurnal SOLMA, 7(2), 215. https://doi.org/10.29405/solma.v7i2.1665
Prasanti, D., & Fitriani, D. (2018). Pembentukan Karakter Anak Usia Dini: Keluarga, Sekolah, Dan Komunitas? (Studi Kualitatif tentang Pembentukan Karakter Anak Usia Dini Melalui Keluarga, Sekolah, dan Komunitas). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 13-19. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.2
Pratiwi, R. W., Palupi, W., & Dewi, N. K. (2020). Upaya Penanaman Karakter Anak Usia Dini Melalui Cerita Rakyat Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Kumara Cendekia, 9(1), 31–40. https://jurnal.uns.ac.id/kumara/article/view/48107
Purnawati, L. (2022). Impact of Online Learning Policy for Early Childhood Character Building in Tulungagung District. Proceedings of the International Seminar on Business, Education and Science, 1(August), 189–198. https://doi.org/10.29407/int.v1i1.2607
Rahasya, M. K. (2017). Teaching Good Character in a Narrative Text Through Storytelling. Journal of English and Education, 5(2), 145–153. https://ejournal.upi.edu/index.php/L-E/article/view/9944
Ramdhani, S., Yuliastri, N. A., Sari, S. D., & Hasriah, S. (2019). Penanaman nilai-nilai karakter melalui kegiatan storytelling dengan menggunakan cerita rakyat Sasak pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 153–160. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.108
Rizqina, A. L. (2018). Membangun Karakter Bangsa Sejak Dini Melalui Metode Bercerita. Annual Conference on Islamic Early Childhood Education (ICIECE), 229–236. https://conference.uin-suka.ac.id/index.php/aciece/article/view/99
Rohmah, U. (2018). Pengembangan Karakter Pada Anak Usia Dini (AUD). Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 85–102. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2018.41-06
Salasiah, Asniwati, & Effendi, R. (2018). Instilling Character Values in Early Childhood in The Perspective of Curriculum and Parenting (Multi-Site Study in PAUD Islam Sabilal Muhtadin and PAUD Mawaddah, Banjarmasin, Indonesia). European Journal of Education Studies, 5(7), 36–48. https://oapub.org/edu/index.php/ejes/article/view/2100
Salhah. (2017). Perencanaan Pembelajaran pada Anak Usia Dini. An-Nahdhah, 10, 203–232. https://www.jurnal.staidarululumkandangan.ac.id/index.php/annahdhah/article/view/53
Santika, T. (2018). Peran keluarga, guru, dan masyarakat dalam pembentukan karakter anak usia dini. JUDIKA (Jurnal Pendidikan UNSIKA), 6(2), 77–86. https://journal.unsika.ac.id/index.php/judika/article/view/1797
Sihite, B. D. (2016). Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Pembentukan Karakter Disiplin Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Usia Dini, 2(1), 1–8. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jud/article/view/9291
Sumual, O. E M. (2022). Penerapan Pendidikan Karakter melalui Metode Bercerita pada Anak Usia Dini di Tk Gmim Damai Rasi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(10), 382–389. https://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/2141
Supriyono, A. (2013). Pengembangan Pendidikan Islam Berbasis Karakter. Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(1), 52–73. https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/madania/article/view/4746
Turan, F., & Ulutas, I. (2016). Using Storybooks as a Character Education Tools. Journal of Education and Practice, 7(15), 169–176. https://eric.ed.gov/?id=EJ1103139
Tussubha, N., & Hadiyanto. (2020). Integrated Character Education Model in Early Childhood Education Based on Minangkabau Local Culture: Randai. Proceedings of the International Conference of Early Childhood Education (ICECE 2019), 5–12. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200715.002
Wira, I. A. D., & Trisdyani, N. L. P. (2020). Pembentukan Karakter Anak Usia Dini Di Sekolah Insan Prestasi School. Widya Kumara: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 11–21. https://doi.org/10.30631/smartkids.v1i2.50
Wiyani, N. A. (2017). Perencanaan Strategik Pembentukan Karakter Anak Usia Dini di TK Islam Al-Irsyad Purwokerto. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 105–118. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2017.32-01
Yusra, & Yunisari, D. (2019). Pengembangan Nilai Karakter Anak Melalui Metode Bercerita Di Tk Islam Terpadu Al-Azhar Banda Aceh. Jurnal Buah Hati, 6(2), 145–152. https://doi.org/10.18860/jpai.v6i2.9189
Zahra, D. A., Musa, S., & Sutarjo. (2022). Pengembangan Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita (Studi Kasus Di Paud Fedus Kabupaten Bekasi). Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 7(2), 110–121. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/E-Plus/article/view/17620