Menanamkan Nilai-Nilai Kewirausahaan melalui Kegiatan Market Day

Author


Tri Rukmana(1Mail), Erni Munastiwi(2), Viny Anggradini Puspitaloka(3), Nadha Mustika(4), Khoirunni’mah Khoirunni’mah(5),
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia(1)
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia(2)
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia(3)
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia(4)
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia(5)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  Download PDF   [File Size: 307KB]  Language: id
Published : 2023-01-21
Copyright (c) 2023 Tri Rukmana

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 18 times PDF Downloaded: 43 times

Abstract


Di Indonesia hanya terdapat 0,18 % dari total sekitar 225 juta penduduk yang memilih  untuk berwirausaha sedangkan Negara Singapura memiliki 4 %, pengangguran di Indonesia menjadikan permasalahan yang belum terselesaikan hingga saat ini, dari permasalahan ini membuktikan bahwa pentingnya mengajarkan anak untuk belajar berwirausaha sejak dini, Salah satunya dengan mengadakan kegiatan market day di sekolah. Adapun tujuan  penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses penanaman nilai-nilai kewirausahaan kepada anak melalui kegiatan market day. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah dengan metode kualitatif dengan menggunakan model teknik interaktif, di mana dalam proses pengumpulan data yang dilakukan bersamaan dengan analisis data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kegiatan market day dapat meningkatkan nilai-nilai kewiraushahaan diantaranya adalah kemandirian, kreatif pengambil resiko, kepemimpinan, dan berorientasi pada tindakan. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah kegiatan market day mampu dalam menumbuhkan sikap dan meningkatkan nilai-nilai kewirausahaan anak di TK-Al-Kindi Preschool Kota Pangkal Pinang.


Keywords


jiwa kewirausahaan; kegiatan market day; pendidikan anak usia dini

References


Al-Quran Surah Al-Muthaffifin Ayat 1 sampai 3.

Aprilianti, R., Saraswati, G., & Azis, W. A. (2021). Desain Aplikasi Efkids untuk Menstimulasi Sikap Kewirausahaan pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 97–108. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.834

Asafri, H., Pitriyani, P., & Rosmiati, R. (2021). Strategi Pengembangan Karakter Entrepreneurship di Sekolah. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 5085–5091. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1588

Fithriyani, R. (2016). Peningkatan Kewirausahaan melalui Pembelajaran dengan Menggunakan Media Budidaya pada Anak Usia Dini. Peningkatan Kewirausahaan Melalui Pembelajaran Dengan Menggunakan Media Budidaya Pada Anak Usia Dini, 2(22), 125–135. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.39

Hasan, M. (2018). Pembinaan Ekonomi Kreatif Dalam Perspektif Pendidikan Ekonomi. JEKPEND: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 1(1), 81. https://doi.org/10.26858/jekpend.v1i1.5063

Hasibuan, A., Novita, D., Tarigan, N. M. R., Yusrita, Y., & Riana, Z. (2021). Kewirausahaan. Yayasan Kita Menulis.

Helmawati. (2015). Mengenal dan Memahami PAUD. PT Remaja Rosda Karya.

Himmah, T. (2022). Pendidikan Kewirausahaan Anak Usia Dini. Penerbit Lakeisha.

Lasmini, L., & Windarsih, C. A. (2020). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Dalam Kecerdasan Intrapersonal Melalui Kegiatan Market Day. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(5), 432–438. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/ceria/article/view/4711

Mardia, M., Hasibuan, A., Simarmata, J., Lifchatullaillah, E., Saragih, L., Purba, D. S., Anggusti, M., Purba, B., Noviastuti, N., & Dewi, I. K. (2021). Kewirausahaan. Yayasan Kita Menulis.

Mursid. (2017). Pengembangan Pembelajaran PAUD. PT Remaja Rosda Karya.

Natalia, W., & Jalinus, N. (2021). Efektivitas Pengembangan Modul Berbasis Proyek pada Mata Kuliah Kewirausahaan Akademi Komunitas Negeri Pesisir Selatan. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 267. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.41036

Oktavia, R. (2020). Kompetensi kewirausahaan kepala sekolah pada sekolah menengah pertama negeri di kecamatan hiliran gumanti kabupaten solok. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 2(1), 596–605. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/bmp.v2i1.3803

Ramdhani, R. F., Simarmata, N. I. P., Prihatmojo, A., Kholifah, N., Hasan, M., Subakti, H., Badawi, B., Nurtanto, M., & Fawaid, M. (2021). Pendidikan Kewirausahaan. Yayasan Kita Menulis.

Rukmana, T., Rosyid, A., & Elvia, F. (2022). Metode Bernyanyi Islami: Penanaman Nilai Tauhid pada Anak Sejak Dini. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 14. https://doi.org/10.24235/awlady.v8i1.9640

Safariya, N., Latiana, L., & Suminar, T. (2022). Pengaruh Kompetensi Kewirausahaan dan Kepemimpinan Visioner Kepala Taman Kanak-Kanak(TK) Terhadap Mutu. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6850–6862. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3455

Setyowati, S., Maulidiyah, E. C., Khotimah, N., & Surabaya, U. N. (2020). Pengembangan Potensi Lembaga. JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini), 1(1), 1–16. https://doi.org/10.26740/jp2kgaud.2020.1.2.97-106

Sugianti, S., Dewi, R. S. I., & Maemunah, S. (2020). Upaya menumbuhkan enterpreneurship anak usia dini melalui kegiatan market day pada kelompok B TK Aqila Yasmin Ceper Klaten. Sentra Cendekia, 1(2), 52–56. http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/Jsc/article/view/1296

Suharyoto, L. S. (2017). Menanamkan Nilai Kewirausahaan Melalui Kegiatan Market Day. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 1(1). https://doi.org/10.29313/ga.v1i1.2861

Suryana, Y., & Bayu, K. (2012). Kewirausahaan: Pendekatan Karakteristik Wirausahawan Sukses Ed.2 - - Google Books. KENCANA; Kencana.

Wibowo. (2011). Pendidikan Kewirausahaan. Pustaka Pelajar.

Wiresti, R. D. (2021). Capaian Perkembangan Anak Usia Dini dalam Program Market Day (Usia 5-6 Tahun). Penerbit NEM.

Yusuf, I., Hartati, S., & Sumadi, T. (2021). Implementasi Pembelajaran Entrepreneurship di Taman Kanak-kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1158–1168. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1737

Zuhrina, A. (2016). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat UIN Sumatera Utara. Jurnal Jumantik, 01(01), 42–59. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/kesmas/article/view/1015


Refbacks

  • There are currently no refbacks.