Implementasi Manajemen Pendidikan Berbasis Masyarakat dalam Penjaminan Mutu Pendidikan Anak Usia Dini

Author


Undang Ruslan Wahyudin(1Mail),
Pendidikan Agama Islam, Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia(1)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 285KB]

Published : 2021-06-23

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 1833 times PDF Downloaded: 781 times

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui informasi secara lebih jauh mengenai implementasi manajemen pendidikan berbasis masyarakat dalam penyelenggaraan penjaminan mutu pendidikan anak usia dini. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di RA Al-Hilal Cikarang sangat dipengaruhi oleh pelibatan masyarakat / partisipasi masyarakat yang dijadikan pendekatan melalui dua strategi utama yaitu budaya transparansi pengelolaan sumber daya pendidikan dan penerapan budaya akuntabilitas dalam penyelenggaraan pengelolaan pendidikan berbasis masyarakat pada penjaminan mutu Pendidikan Anak Usia Dini

Keywords


manajemen pendidikan berbasis masyarakat; penjaminan mutu; pendidikan anak usia dini

References


Arifin, Z., Kosim, A., Muzaki, I. A., & Permana, H. (2020). Concept and Implementation of Character Education for Urban Children and Adolescents Viewed from the Perspective of the Quran Surah Luqman Verses 12-14. 10(2), 95-102.

Baharun, H., Hefniy, H., Silviani, S., Maarif, M. A., & Wibowo, A. (2021). Knowledge Sharing Management: Strategy for Improving the Quality of Human Resources. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 129-139. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v5i1.1831

Budiyanti, N., Aziz, A. A., Sunandar, D., & Erihadiana, M. (2021). Supervisi Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Spiritual Pendidik. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(01), 188. https://doi.org/10.30868/im.v4i01.827

Dwikurnaningsih, Y. (2020). Implementasi Supervisi Akademik di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 4(3), 182-190. https://doi.org/10.17977/um025v4i32020p182

Firman, M. (2018). Policy and Implementation of Mangrove. 05(April), 14-27.

Gustiana, A. D. (2011). Pengaruh Permainan Modifikasi Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Dan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian Pendidikan, Edisi Khus(2), 154-163.

Handoko, T. H. (2011). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Pengantar Manajemen.

Idhayani, N., Nasir, N., & Jaya, H. N. (2020). Manajemen Pembelajaran untuk Menciptakan Suasana Belajar Menyenangkan di Masa New Normal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1556-1566. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.911

Imam Mahali, A. H. (2016). Hand Book of Education Management. Pranadamedia Group.

Isnanto, I., & Yustika, Y. (2020). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) pada Kelas Awal di Kota Gorontalo. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1087. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.514

Katilmiş, A., Ekşi, H., & Öztürk, C. (2011). Efficiency of social studies integrated character education program. Kuram ve Uygulamada Egitim Bilimleri, 11(2), 854-859.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia No. 18 tahun 2018. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Maiza, Z., & Nurhafizah, N. (2019). Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 356. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.196

Nurmiyanti, L., & Candra, B. Y. (2019). Kepemimpinan Transformasional Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Anak Usia Dini. Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 13-24. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v3i2.646

Permana, Syafrida, R. (2019). Meningkatkan keterampilan mengenal huruf hijaiyah melalui metode utsmani dan metode baghdadi.Awlady Jurnal Pendidikan Anak, 5 (2), 48-61.
https://doi.org/10.24235/awlady.v5i2.4929

Permana, H., & Syafrida, R. (2019). Peningkatan Kepercayaan Diri Anak Melalui Permainan Kucing Dan Tikus Di Tk Sayang Ibu Tahun 2019. Journal of Early Childhood Education (JECE), 1(2), 9-15. https://doi.org/10.15408/jece.v1i2.12399

Ruslan Wahyudin, U., & Permana, H. (2020). Education Quality Assurance Management in the Faculty of Health Science, Singaperbangsa Karawang University. KnE Social Sciences, 2020, 505-512. https://doi.org/10.18502/kss.v4i14.7909

Safitri, A., Kabiba, K., Nasir, N., & Nurlina, N. (2020). Manajemen Pembelajaran bagi Anak Usia Dini dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1209-1220. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.811

Sihombing, U. (2000). Pendidikan Luar Sekolah Manajemen Strategi. PD. Mahkota.

Supriadi, F. J. & D. (2001). Reformasi Pendidikan dalam Konteks Otonomi Daerah. Adi Cita.

Syafrida, R., Maryati, M., & Permana, H. (2020). Early Childhood Education : In The Past, Present and Future. Journal of Early Childhood Care and Education, 2(2), 79. https://doi.org/10.26555/jecce.v2i2.1016

Utami, W. Y. D., Jamaris, M., & Meilanie, S. M. (2019). Evaluasi Program Pengelolaan Lembaga PAUD di Kabupaten Serang. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 67. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.259

Wahyudin, U. R., Permana, H., & Nurlailasari, E. (2021). Sosialisasi Model Manajemen Pendidikan Berbasis Kabupaten Karawang. 5(2).

Yanto, M. (2020). Manajemen Mutu Pendidikan Anak Usia Dini Wijaya Kusuma Rejang Lebong. Zuriah : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 97. https://doi.org/10.29240/zuriah.v1i2.2020

Yusutria, Y. (2019). Peningkatan Mutu Pendidikan Anak Usia Dini melalui Peningkatan Profesionalitas Guru. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 27-32. https://doi.org/10.29313/ga.v3i1.4828

Zubaidi. (2005). Pendidikan Berbasis Masyarakat, Upaya menawarkan Solusi Terhadap Berbagai Problem Sosial. Pustaka Belajar.

Zulkarnain, A. I., Supriadi, G., & Saudah, S. (2020). Problematika Lembaga PAUD dalam Memenuhi Kebutuhan Tenaga Pendidik Sesuai Kualifikasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 14. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.491


Refbacks

  • There are currently no refbacks.