Penanaman Nilai-Nilai Karakter melalui Kegiatan Storytelling dengan Menggunakan Cerita Rakyat Sasak pada Anak Usia Dini

Sandy Ramdhani(1Mail), Nur Adiyah Yuliastri(2), Siti Diana Sari(3), Siti Hasriah(4),
(1) Program Studi PGPAUD Universitas Hamzanwadi, Lombok Timur, Nusa Tenggara, Indonesia
(2) Program Studi PGPAUD Universitas Hamzanwadi, Lombok Timur, Nusa Tenggara, Indonesia
(3) Program Studi PGPAUD Universitas Hamzanwadi, Lombok Timur, Nusa Tenggara, Indonesia
(4) TK Ummi Adniah NW Sekarteja, Lombok Timur, Nusa Tenggara, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2019 Sandy Ramdhani, Nur Adiyah Yuliastri, Siti Diana Sari, Siti Hasriah

DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.108

Full Text:    Language : id
Submitted : 2018-11-02
Published : 2019-02-10

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan metode storytelling berbasis cerita rakyat sasak untuk menanamkan nilai-nilai karakter pada anak Taman Kanak-Kanak di TK Ummi Adniyah NW Sekarteja. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Jenis Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah observasi, Wawancara, dan dokumentasi. Instumen pengumpulan data yang digunakan adalah peneliti, Lembar Observasi, dan wawancara. Uji keabsahan data dengan uji credibility, Uji Transferability, kebergantungan dependability dan kepastian confirmability. Proses analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis interaktif Miles & Huberman yaitu Data Collection,  Data Display, Data Reduction, dan Conclusion Drawing. Hasil dari penelitian didapatkan kegiatan storytelling dengan menggunakan cerita rakyat mampu untuk menanamkan nilai-nilai karakter. Nilai-nilai karakter yang muncul diantaranya adalah karakter tanggung jawab, mandiri, jujur, religious, dan kerjasama. Karakter yang muncul merupakan sebuah akumulasi yang muncul dari perilaku anak-anak setelah mendengarkan cerita rakyat yang digunakan seperti “lelampaq Lendong Kaoq” dan “ Tegodek-godek dan Tetuntel-tuntel”


Keywords


Nilai-Nilai Karakter;Cerita Rakyat Sasak; Taman Kanak-Kanak; Kearifan Lokal

References


Alkaaf, F. (2017). Perspectives of learners and teachers on implementing the storytelling strategy as a way to develop story writing skills among middle school students. Cogent Education, 4(1), 1–23. https://doi.org/10.1080/2331186X.2017.1348315

Choirun Nisak Aulina, & Aulina, C. N. (2013). Penanaman Disiplin Pada Anak Usia Dini. Pedagogia, 2(1), 36–49. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v2i1.45

Fitroh, S. F., Dwi, E., Sari, N., Studi, P., Guru, P., Anak, P., … Madura, U. T. (2015). Dongeng Sebagai Media Penanaman Karakter Pada Anak Usia Dini. PG-PAUD Trunojoyo, 2.

Junaidi, F. (2017). the Value of Character Education in Andai-Andai Folklore and Its Use As Learning Material for, III(9), 501–509.

Kunci, K. (2017). Jurnal obsesi. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perkembangan Bahasa Balita Di UPTD Kesehatan Baserah, 1(2), 148–155.

Lee, A. (2016). Implementing character education program through music and integrated activities in early childhood settings in Taiwan. International Journal of Music Education, 34(3), 340–351. https://doi.org/10.1177/0255761414563195

Lisenbee, P. S., & Ford, C. M. (2018). Engaging Students in Traditional and Digital Storytelling to Make Connections Between Pedagogy and Children’s Experiences. Early Childhood Education Journal, 46(1), 129–139. https://doi.org/10.1007/s10643-017-0846-x

Liu, M. C., & Wang, J. Y. (2010). Investigating knowledge integration in web-based thematic learning using concept mapping assessment. Educational Technology and Society, 13(2), 25–39.

Moezzi, M., Janda, K. B., & Rotmann, S. (2017). Using stories, narratives, and storytelling in energy and climate change research. Energy Research and Social Science, 31(August), 1–10. https://doi.org/10.1016/j.erss.2017.06.034

Nur Azizah, A., & Ali, M. (n.d.). Penanaman Nilai Moral Melalui Metode Bercerita Pada Anak Usia 5 – 6 Tahun Di Tk Khodijah, 1–16.

Nurmalina. (2016). Jurnal paud tambusai. Jurnal Obsesi, 2, 73–78.

Pendidikan, J., Pendidikan, G., Usia, A., Volume, D., Tahun, N., Metode, P., … Tahun, N. (2018). KARAKTER ANAK KELOMPOK B TK GUGUS MELATI KECAMATAN MARGA e-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha, 6(1).

Rasyad, A. (2015). Developing a Parenting Training Model of Character Education for Young Learners from Poor Families by Using Transformative Learning Approach. International Education Studies, 8(8), 50–56. https://doi.org/10.5539/ies.v8n8p50

Rukiyati, & Purwastuti, L. A. (2016). Model pendidikan karakter berbasis kearifan lokal pada Sekolah Dasar di Bantul Yogyakarta. Jurrnal Pendidikan Karakter, VI(1), 130–142.

Varun, A. (2014). Thematic Approach for effective communication in ECCE, 3(3), 49–51.

Wardani, N. E., & Widiyastuti, E. (2015). Integrated Thematic Learning Model Based on Wayang Kancil Which can be Used to Teach Character Education Values to Pupils of Elementary Schools in Surakarta , Indonesia. Asian Journal of Management Sciences & Education, 4(April), 36–42.


Article Metrics

 Abstract Views : 289 times
 PDF Full Text Downloaded : 448 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.