Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki perspektif orang tua terhadap perilaku bullying anak TK ditinjau dari tingkat pendidikan berkaitan dengan pemahaman: tentang konsep bullying, bahaya perilaku bullying bagi anak TK, keterlibatan orang tua dalam mengintervensi awal perilaku bullying anak, peran tingkat pendidikan orang tua dalam menanggapi perilaku bullying pada anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk mengeksplorasi pandangan dari 6 orang tua anak, dengan usia anak 5-6 tahun yang bersekolah di TK Tunas Harapan Weetebula. Melalui wawancara terhadap pemahaman tentang perilaku bullying anak dan meninjau literatur yang menyoroti perspektif orang tua dengan tingkat pendidikan terakhir mereka. Berdasarkan hasi studi ini menunjukkan bahwa perspektif orang tua dengan tingkat pendidikan yang berbeda sangat berperan penting dalam mensikapi tentang perilaku bullying anak ditaman kanak-kanak.
Keywords
perspektif orang tua; perilaku bullying anak; tingkat pendidikan