Abstract


Pandemi Covid-19 merambah sejak awal tahun 2020, salah satunya memberikan dampak pada aspek pendidikan. Hal ini menyebabkan orang tua merasa khawatir dengan kemampuan anak-anaknya dalam mengikuti pelajaran dari sekolah, terutama dalam hal persiapan anak masuk ke jenjang Sekolah Dasar (SD). Sekolah akhirnya memutuskan untuk mengadakan les calistung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai perspektif orang tua terhadap pelaksanaan les calistung di masa pandemi covid-19 di TK Setia Rini Jetis Bantul Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan adalah studi kasus. Pengumpulan data dilaksanakan dengan wawancara mendalam dengan 10 orang tua siswa, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah orang tua setuju dan merasa senang karena guru dalam memberikan les calistung dengan situasi yang menyenangkan kepada anak sehingga anak juga merasa senang. Pencapaian perkembangan anak dalam calistung sejumlah 7 anak sudah mampu membaca, menulis dan berhitung sesuai dengan usianya. Guru juga memberikan pemahaman kepada orang tua tentang cara mengajarkan calistung yang sesuai dengan perkembangan usia anak untuk diterapkan orang tua di rumah

Keywords


perspektif orang tua; covid-19; calistung