Perspektif Orang Tua terhadap Pelaksanaan Les Calistung di Masa Pandemi Covid-19


Erischa Nurul Ma'ruf(1Mail), Amir Syamsudin(2),
(1) Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
(2) Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2021 Erischa Nurul Ma'ruf, Amir Syamsudin
Article Analytic
  [File Size: 295KB]  Language: id
Received : 2020-11-30  |  Published : 2021-06-02
Article can trace at:

Article Metrics

 Abstract Views: 63 times  PDF Downloaded: 22 times

Abstract


Pandemi Covid-19 merambah sejak awal tahun 2020, salah satunya memberikan dampak pada aspek pendidikan. Hal ini menyebabkan orang tua merasa khawatir dengan kemampuan anak-anaknya dalam mengikuti pelajaran dari sekolah, terutama dalam hal persiapan anak masuk ke jenjang Sekolah Dasar (SD). Sekolah akhirnya memutuskan untuk mengadakan les calistung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai perspektif orang tua terhadap pelaksanaan les calistung di masa pandemi covid-19 di TK Setia Rini Jetis Bantul Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan adalah studi kasus. Pengumpulan data dilaksanakan dengan wawancara mendalam dengan 10 orang tua siswa, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah orang tua setuju dan merasa senang karena guru dalam memberikan les calistung dengan situasi yang menyenangkan kepada anak sehingga anak juga merasa senang. Pencapaian perkembangan anak dalam calistung sejumlah 7 anak sudah mampu membaca, menulis dan berhitung sesuai dengan usianya. Guru juga memberikan pemahaman kepada orang tua tentang cara mengajarkan calistung yang sesuai dengan perkembangan usia anak untuk diterapkan orang tua di rumah

Keywords


perspektif orang tua; covid-19; calistung

References


Amalina, A. (2020). Pembelajaran Matematika Anak Usia Dini di Masa Pandemi COVID-19 Tahun 2020. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 538. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.592

Asiah, N. (2018). Pembelajaran Calistung Pendidikan Anak Usia Dini Dan Ujian Masuk Calistung Sekolah Dasar Di Bandar Lampung. Terampil : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 5(1), 19. https://doi.org/10.24042/terampil.v5i1.2746

Hegde, A. V., & Cassidy, D. J. (2004). Teacher and Parent Perspectives on Looping. Early Childhood Education Journal, 32(2), 133-138. https://doi.org/10.1007/s10643-004-1080-x

Hewi, L., & Asnawati, L. (2020). Strategi Pendidik Anak Usia Dini Era Covid-19 dalam Menumbuhkan Kemampuan Berfikir Logis. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 158. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.530

Iswara, P. P., Latifah, D., & Budiwati, D. S. (2013). Studi Tentang Kegiatan Bernyanyi pada Pembelajaran "Calistung" untuk Anak Usia Dini Di TK Sekolah Alam Bandung. 1(3).

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2020). Situasi Terkini Perkembangan (COVID-19). Kemenkes, September, 17-19. https://covid19.kemkes.go.id/download/Situasi_Terkini_050520.pdf

Laura, M., & Lysa, D. (2017). The Impact of a Sound Amplification System in a Preschool Setting: Children's and Educators' Perspectives. Pacific Early Childhood Education Research Association, 11(1), 21-40. https://doi.org/10.17206/apjrece.2017.11.1.21

Nauli, V. A., Karnadi, K., Meilani, S. M., & Nauli, V. A., Karnadi, K., & Meilani, S. M. (2019). Peran Ibu Pedagang Pasar 24 Jam Terhadap Perkembangan Moral Anak (Penelitian Studi Kasus di Kota Bekasi). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 241. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.179

Oktafia, I. H., & Siti, S. W. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From House (SFH) selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 496-503.

Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, 137 Tahun 2014, Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia 13 (2014).

Pramana, C. (2020). Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dimasa Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 2(2), 116-124. https://doi.org/10.35473/ijec.v2i2.557

Sari, A. D. K. (2020). Virus Corona Merambat ke Desa, Menteri Kemendesa Bentuk Tim Relawan - Kabar24 Bisnis.

Satrianingrum, A. P., & Prasetyo, I. (2020). Persepsi Guru Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 633. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.574

Sugiono, & Kuntjojo. (2016). Pengembangan Model Permainan Pra-Calistung Anak Usia Dini. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 10(2), 255-276. https://doi.org/10.21009/JPUD.102.04

Sulastri, S., & Ahmad Tarmizi, A. T. (2017). Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 61-80. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1526

Suriansyah, A., & . A. (2015). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Guru, Orang Tua, Dan Masyarakat Dalam Membentuk Karakter Siswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2(2), 234-247. https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.4828

Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru profesional di masa pandemi COVID-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 51-65. https://doi.org/10.22219/JPPG.V1I1.12462

Wardani, A., & Ayriza, Y. (2020). Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 772. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.705

Wargadinata, W., Maimunah, I., Dewi, E., & Rofiq, Z. (2020). Student's Responses on Learning in the Early COVID-19 Pandemic. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 5(1), 141-153. https://doi.org/10.24042/tadris.v5i1.6153

Wulansuci, G., & Kurniati, E. 2019. (2019). Pembelajaran Calistung ( Membaca , Menulis , Berhitung) Dengan Resiko Terjadinya Stress Akademik Pada Anak Usia Dini. Jurnal Tunas Siliwangi, 5(1).

Y. Bunu, H. (2014). Kesadaran Masyarakat Suku Dayak Terhadap Pendidikan Anak Di Pedalaman Kalimantan Tengah. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3), 445-453. https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.2388

Yani Supriani, Giyanti, & Tb. Sofwan Hadi. (2020). Conjecturing Ability Dalam Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. INOMATIKA, 2(2), 69-77. https://doi.org/10.35438/inomatika.v2i2.201

Zaini, M., & Soenarto, S. (2019). Persepsi Orangtua Terhadap Hadirnya Era Teknologi Digital di Kalangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 254. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.127


Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.