Abstract
Kemampuan menggambar merupakan salah satu kemampuan yang dapat mengembangkan daya imajinasi anak. Faktanya kemampuan tersebut berkurang bahkan hilang ketika anak memasuki jenjang Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model ATIK dalam meningkatkan kompetensi menggambar pada Taman Kanak-kanak (TK) di Kota Bekasi. Hal ini disebabkan karena banyak terjadi kegagalan dalam membelajarkan anak TK pada kemampuan menggambar, dibuktikan dengan hilangnya kompetensi menggambar anak pada saat di Sekolah Dasar (SD). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan analisis data model Borg & Gall. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket. Adapun lembaga TK yang dipilih adalah TK Putra XII, TK Amira, TK Widya Bakti dan TK Baiturahim. Hasil penelitian dan pengembangan berdasarkan pada uji efektivitas, maka Model ATIK ini efektif dalam mengembangkan kompetensi menggambar pada anak TK.
Keywords
model atik; kompetensi menggambar; tk