Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya media yang dapat mengenalkan pendidikan kewirausahaan pada anak. Tujuannya untuk menghasilkan media pembelajaran yang layak dan efektif dalam menstimulasi sikap kewirausahaan pada anak. Metode yang digunakan adalah Riset and Development (R&D) dengan pedekatan Brog and Gall. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, judgment expert, tes, dan dokumentasi. Tempat dilaksanakan di TK NP dengan subjek pada 2 orang ahli dan sebanyak 16 orang anak. Analisis mengguankan jugment expect dan uji Independent Samples Test dengan statistik SPSS. Hasil dalam penelitian ini berupa aplikasi EFKIDS yang dapat dipergunakan guru dan anak dengan bantuan Adobe Flash Player. Adapun hasil dari penilaian ahli menunjukan layak dipergunakan oleh pengguna yaitu guru dan anak. Hasil uji efektivitas menunjukan lebih efektif dibandingkan media sebelumnya yaitu buku cerita dengan hasil uji independent samples test menunjukkan nilai pada baris equal variances assumed kolom Sig. sebesar 0.000 yang artinya terdapat perbedaan sikap kewirausahaan yang sangat signifikan.

Keywords


sikap kewirausahaan; anak usia dini; aplikasi efkids