Desain Aplikasi Efkids untuk Menstimulasi Sikap Kewirausahaan pada Anak Usia Dini


Riska Aprilianti(1Mail), Gaharani Saraswati(2), Wulanda Aditya Azis(3),
(1) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Sebelas April Sumedang, Indonesia
(2) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Sebelas April Sumedang, Indonesia
(3) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Sebelas April Sumedang, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2021 Riska Aprilianti
Article Analytic
  [File Size: 414KB]  Language: id
Received : 2020-10-23  |  Published : 2021-03-30
Article can trace at:

Article Metrics

 Abstract Views: 141 times  PDF Downloaded: 78 times

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya media yang dapat mengenalkan pendidikan kewirausahaan pada anak. Tujuannya untuk menghasilkan media pembelajaran yang layak dan efektif dalam menstimulasi sikap kewirausahaan pada anak. Metode yang digunakan adalah Riset and Development (R&D) dengan pedekatan Brog and Gall. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, judgment expert, tes, dan dokumentasi. Tempat dilaksanakan di TK NP dengan subjek pada 2 orang ahli dan sebanyak 16 orang anak. Analisis mengguankan jugment expect dan uji Independent Samples Test dengan statistik SPSS. Hasil dalam penelitian ini berupa aplikasi EFKIDS yang dapat dipergunakan guru dan anak dengan bantuan Adobe Flash Player. Adapun hasil dari penilaian ahli menunjukan layak dipergunakan oleh pengguna yaitu guru dan anak. Hasil uji efektivitas menunjukan lebih efektif dibandingkan media sebelumnya yaitu buku cerita dengan hasil uji independent samples test menunjukkan nilai pada baris equal variances assumed kolom Sig. sebesar 0.000 yang artinya terdapat perbedaan sikap kewirausahaan yang sangat signifikan.

Keywords


sikap kewirausahaan; anak usia dini; aplikasi efkids

References


Borg, W. R. and M. D. Gall. 1989. Educational Research: An Introduction. Fifth Edition. New York and London: Longman.

Badan Pusat Statistika (2020). Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Sebesar 7,07%. Retrieved 30 Desember 2020, from Badan Pusat Statistik (BPS).

Clark, D. (2006). Games and Learning Games and Learning. Caspian Learning.

Darmila, L., Hasibuan, H. B., & Nunzairina. (2018). Perkembangan Kokakata Anak Usia. Jurnal Raudhah, 06(01), 1-8. https://doi.org/10.30829/raudhah.v6i1.276

Delima, R., Arianti, N. K., & Pramudyawardani, B. (2015). Identifikasi Kebutuhan Pengguna Untuk Aplikasi Permainan Edukasi Bagi Anak Usia 4 sampai 6 Tahun. Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 1(1).

Eka Jayanti, W., Eva, M., & Fahriza, N. (2018). Game Edukasi "Kids Learning" Sebagai Media Pembelajaran Dasar untuk Anak Usia Dini Berbasis Android. KOPERTIP : Jurnal Ilmiah Manajemen Informatika dan Komputer, 2(2), 98-104. https://doi.org/10.32485/kopertip.v2i2.56

Fadlilah, A. N. (2020). Strategi Menghidupkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini Selama Pandemi COVID-19 melalui Publikasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 373. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.548

Febriani, A. S., Mulyana, E. H., & Rahman, T. (2020). Pengembangan Educative Game Berbasis Aplikasi Android untuk Memfasilitasi Keterampilan Membaca Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Paud Agapedia, 2(2), 187-196. https://doi.org/10.17509/jpa.v2i2.24544

Febriani, V. W., Chandrawati, B., & Widiantoro, D. (2017). Making Education Game to Choose Healthy Snacks for Children. SISFORMA, 3(1), 26. https://doi.org/10.24167/sisforma.v3i1.621

Fithriyana, R. (2016). Peningkatan Kewirausahaan melalui Pembelajaran dengan Menggunakan Media Budidaya pada Anak Usia Dini di TK Taqifa Bangkinang Kota Tahun 2016. Jurnal PAUD Tambusai, 2, 26-35.

Hidayat, R. (2018). Game-Based Learning: Academic Games sebagai Metode Penunjang Pembelajaran Kewirausahaan. Buletin Psikologi, 26(2), 71. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.30988

Illene Nabila Putri, Euis Kurniati, R. (2020). Pandangan Guru Tentang Penanaman Nilai Nilai Kewirausahaan Untuk Anak Usia Dini. Edukasi, 17(229), 11-18.

Kihoro, M. F. (2016). Ignore it at your own Peril: Using Music to Enhance the Quality of Education. International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development, 5(2), 77-85. https://doi.org/10.6007/IJARPED/v5-i2/2094

Levy, L., & Novak, J. (2010). Game development essentials : game QA & testing. USA: Delmar.

Nisa', L. (2020). Pemanfaatan Teknologi Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(1), 001. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i1.6283

Prasetyaningsih, A. (2016). Membentuk Jiwa Kewirausahaan pada Anak Usia Dini melalui Kegiatan "Market Day." SELING: Jurnal Program Studi , 2, 88-102.

Saugi, W., Sundari, I., & Agustiah, A. (2020). Penanaman Karakter Kewirausahaan di TK Alam Al-Azhar Kutai Kertanegara. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 9.
https://doi.org/10.32678/as-sibyan.v5i1.2379

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sukarjo, dkk. (2005). Desain pembelajaran: evaluasi pembelajaran handout perkuliahan: Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta.

Susilaningsih, S. (2015). Pendidikan Kewirausahaan di Perguruan Tinggi: Pentingkah untuk Semua Profesi? Jurnal Economia, 11(1). https://doi.org/10.21831/economia.v11i1.7748

Syifauzakia. (2016). Penanaman Nilai-Nilai Kewirausahaan pada Anak Usia Dini Melalui Metode Proyek (Penelitian Tindakan Kelas pada Anak Kelas B2 RA Miftahul Falah di Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung). Jurnal Tunas Siliwangi, 2(1), 92-113.

Uswatun, H. (2019). Upaya Menumbuhkan Jiwa Entrepreneurship Melalui Kegiatan Market Day Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 8-19. https://doi.org/10.35473/ijec.v1i1.135

Vitianingsih, A. V. (2016). Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal INFORM, 1(1), 1-8. https://doi.org/10.37438/jimp.v1i1.7

Wibowo, A. (2011). Pendidikan kewirausahaan (Konsep dan startegi. Pustaka Pelajar.

Yohanna, L., & Maya, S. (2019). The Emergence of Character and Entrepreneurial Spirit Since Childhood. Proceedings of the 1st International Conference on Economics, Business, Entrepreneurship, and Finance (ICEBEF 2018), 65(Icebef 2018), 679-682. https://doi.org/10.2991/icebef-18.2019.145

Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran untuk Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81-96. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489


Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.