Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran strategis dari pihak yang terlibat dalam pendidikan literasi keuangan anak dengan menggunakan metode systematic review. Data yang digunakan adalah artikel ilmiah, buku dan laporan yang relevan dengan topik penelitian. Melalui identifikasi, evaluasi, dan interpretasi disimpulkan bahwa ada tiga peran strategis yakni peran pertama sebagai payung hukum diperuntukkan kepada pemerintah dalam merancang kebijakan literasi keuangan nasional, dan sekolah dalam mengembangkan implementasi kurikulum literasi keuangan. Peran kedua sebagai peran operasional diperuntukkan kepada guru yang berinteraksi dan mengajarkan literasi keuangan kepada siswa, dan peran orang tua dalam mendampingi literasi keuangan anaknya di rumah. Peran ketiga sebagai peran pendukung, ditujukan kepada media dan pihak lain dalam memberi dukungan pada setiap kegiatan literasi keuangan pada anak. Implementasi secara optimal dari peran tersebut akan meningkatkan indeks literasi keuangan.

Keywords


literasi keuangan; konseptual peran; anak usia dini