Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Sekolah Dasar pada kurikulum merdeka belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, angket, dan lembar observasi dengan informan terdiri dari Kepala sekolah, Koordinator P5, Guru Pendidikan Pancasila dan guru kelas yang menerapkan kurikulum Merdeka dan 6 peserta didik kelas V. Hasil penelitian menyatakan bahwa implementasi aktivitas proyek ini, siswa mempunyai peluang buat menekuni tema- tema ataupun isu- isu sehingga siswa bisa melaksanakan aksi nyata dalam menanggapi isu- isu tersebut cocok dengan sesi belajar serta kebutuhannya. Tema yang sudah diseleksi buat satu tahun ajaran diresmikan oleh satuan pembelajaran dengan mengaitkan guru, orang tua, siswa, serta warga yang terletak di area sekolah. Tema yang diambil yakni Kreasi Bahan Pangan Lokal berupa buah pisang.