Author
Bagus Handoko(1), Ali Mustadi(2), Yeyen Febrilia(3),
Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(1)
Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(2)
Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(3)
Corresponding Author
Article Analytic |
Published : 2024-09-25
Article can trace at:
Article Metrics
Abstract Views: 184 times PDF Downloaded: 69 timesAbstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Sekolah Dasar pada kurikulum merdeka belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, angket, dan lembar observasi dengan informan terdiri dari Kepala sekolah, Koordinator P5, Guru Pendidikan Pancasila dan guru kelas yang menerapkan kurikulum Merdeka dan 6 peserta didik kelas V. Hasil penelitian menyatakan bahwa implementasi aktivitas proyek ini, siswa mempunyai peluang buat menekuni tema- tema ataupun isu- isu sehingga siswa bisa melaksanakan aksi nyata dalam menanggapi isu- isu tersebut cocok dengan sesi belajar serta kebutuhannya. Tema yang sudah diseleksi buat satu tahun ajaran diresmikan oleh satuan pembelajaran dengan mengaitkan guru, orang tua, siswa, serta warga yang terletak di area sekolah. Tema yang diambil yakni Kreasi Bahan Pangan Lokal berupa buah pisang.
Keywords
References
, I. (2020). Sosialisasi Penggunaan Game Matematika Bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah Al Hidayah Makassar. JURNAL TEPAT : Applied Technology Journal for Community Engagement and Services, 3(2). https://doi.org/10.25042/jurnal_tepat.v3i2.127
Aditomo, A. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kemendikbudristek.
Aditya Dewantara, J., & Juliansyah, N. (2023). Identistas Nasional: Kontribusi Program P5 dalam Kurikulum Baru Guna Membangun Rasa Nasionalisme di SMP Negeri 16 Pontianak. Jurnal Kewarganegaraan, 7(1).
Aditya, M. C. P. (2023). Penerapan P5: Kolaborasi Pelajaran Ilmu Sosial Ekonomi Sains Dan Seni Budaya Pada Kurikulum Merdeka. Academy of Education Journal, 14(2). https://doi.org/10.47200/aoej.v14i2.1851
Agustin, Y. I., & Rindaningsih, I. (2022). Framework Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Flipped Classroom Terhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Masa Pasca Pandemi. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4). https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2862
Agustina, E., & , Sukardi, M. I. (2023). Analisis Kegiatan P5 dalam Penerapan Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Sejarah di SMA Maitreyawira Palembang. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 5.
Ahayu, Moh. S. S., Azim, A., Tuluki, I., Asmagvira, A., Hippy, S. A., Haruna, Moh. I. A., Aziza, N. W., Talib, R. A., Yanju, A. R. R., Walinelo, Z., Kasim, R., Lantowa, J., & Gobel, Y. P. (2022). Optimalisasi Usaha Kuliner Berbasis Kearifan Lokal dan Technopreneurship. Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(1). https://doi.org/10.24036/abdi.v4i1.241
Ahmad, S., Helsa, Y., & Ariani, Y. (2020). Pendekatan Realistik Dan Teori Van Hiele. In Pendekatan Realistik Dan Teori Van Hiele.
Al Mustaqim, D. (2023). Peran Pendidikan Profesi Guru untuk Meningkatkan Profesionalitas dan Kualitas Pembelajaran di Indonesia. Literaksi: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(02).
Alfi, C., Fatih, M., Rofiah, S., Muqtafa, M. A., Khomaria, A., Restiani, U., Azizah, K. S., Aswitama, L. D., Allatif, N., Susanti, Y., & Umah, N. B. (2023). Penguatan Karakter Gotong Royong Profil Pelajar Pancasila Melalui Service Learning Di Tpq Mambaul Huda Kedawung Kabupaten Blitar. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Nusantara (JPPNu), 5(1).
Alimuddin, J. (2023a). Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 4(02). https://doi.org/10.46772/kontekstual.v4i02.995
Alimuddin, J. (2023b). Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar Implementation of Kurikulum Merdeka in Elementary Scholl. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 4(02).
Amaruddin, H., Atmaja, H. T., & Khafid, M. (2020). Peran Keluarga Dan Media Sosial Dalam Pembentukan Karakter Santun Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(1). https://doi.org/10.21831/jpk.v10i1.30588
Angga, A., Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kabupaten Garut. Jurnal Basicedu, 6(4). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3149
Anton, A., & Trisoni, R. (2022a). Peran Guru dalam Mengembangkan Kompetensi Sosial pada Anak Usia Dini di TK Cempaka Balikpapan. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(03). https://doi.org/10.47709/educendikia.v2i03.1895
Anton, & Trisoni, R. (2022b). Konstribusi Keterampilan 4c Terhadap Projek Penguatan Propil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(3).
Apriyani, D., & Sujadi, A. A. (2015). Efektivitas Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Matematika Realistik Indonesia Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Kelas Vii Smp Negeri 3 Pandak Tahun Ajaran 2013/2014. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(3). https://doi.org/10.30738/.v3i3.390
Arifudin, D., Indriyani, R., Ihsan, I., & Astrida, D. N. (2023). Peningkatan Brand awareness Melalui kegiatan Pelatihan Visual branding Sebagai Implementasi P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) Tema Kewirausahaan. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3).
Astuti, R., Kurniawan, E. S., & Ashari, A. (2022). Pengembangan Diktat Berbasis STEM Berorientasi Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (JIPS), 3(1). https://doi.org/10.37729/jips.v3i1.1447
Ayub, S., Rokhmat, J., Busyairi, A., & Tsuraya, D. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Sebagai Upaya Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b). https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1b.1373
Azizah, W., Widyawati, Irawan, I. A., Wahyudi, A., & Wahyoeni, S. I. (2023). Pengembangan Ide Dan Konsep Bisnis Bagi Calon Wirausahawan Muda Smk Negeri 3 Depok. Communnity Development Journal, 4(3).
Bagit, I., Sumual, H., & Mewengkang, A. (2022). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Simulasi dan Komunikasi Digital Siswa SMK. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(6). https://doi.org/10.53682/edutik.v2i6.6341
Basri, S., & Akhmad, N. A. (2022). Pengembangan Modul Fisika Berbasis Kearifan Lokal. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 2(02). https://doi.org/10.57008/jjp.v2i02.181
Bessy, E. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Biologi Dengan Materi Pencemaran Lingkungan Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Tugas Proyek Bagi Siswa Kelas X Semester Ii Sma Negeri 5 Kota Ternate Tahun Pelajaran 2015/2016. EDUKASI, 14(2). https://doi.org/10.33387/j.edu.v14i2.193
Cahyono, T. (2022). Implementasi Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Prophetic : Professional, Empathy, Islamic Counseling Journal, 5(2).
Costa, J. M., Miranda, G. L., & Melo, M. (2022). Four-component instructional design (4C/ID) model: a meta-analysis on use and effect. Learning Environments Research, 25(2). https://doi.org/10.1007/s10984-021-09373-y
Dahlia, F., & Nurhastuti. (2020). Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Bunga dari Kulit Jagung dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Berbasis Proyek untuk Siswa Tunarungu. Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 3(1). https://doi.org/10.38035/rrj.v3i1.316
Damayanti, I., & Al Ghozali, M. I. (2023). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Sebagai Program Kokurikuler Di Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2). https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5563
Darmiany, D., Karma, I. N., Husniati, H., & Nurmawanti, I. (2022). Pendampingan Analisis Permasalahan Non Akademik Siswa Sd Sebagai Upaya Kolaborasi Guru Dan Orang Tua. Jurnal Warta Desa (JWD), 4(3). https://doi.org/10.29303/jwd.v4i3.197
Dwitasari, P., Darmawati, N. O., Prasetyo, D., Ramadhani, N., & Noordyanto, N. (2022). Pengembangan Desain Visual Kemasan IKM Keripik Bonggol Pisang “Si Bonggi” dengan Tema Budaya dan Kearifan Lokal Jombang untuk Meningkatkan Nilai Jual Produk serta Potensi Desa. Jurnal Desain Idea: Jurnal Desain Produk Industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, 21(1). https://doi.org/10.12962/iptek_desain.v21i1.12642
Fadhilah, M. N. (2022a). Peran Kegiatan Green Lab Dalam Meningkatkan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah Dasar Alam. SITTAH: Journal of Primary Education, 3(2). https://doi.org/10.30762/sittah.v3i2.528
Fadhilah, M. N. (2022b). Peran Kegiatan Green Lab Dalam Meningkatkan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah Dasar Alam. SITTAH: Journal of Primary Education, 3(2). https://doi.org/10.30762/sittah.v3i2.528
Fadhilah, M. N., Fawaid, A., Aflahah, A., Sutrisno, T., Sufiyanto, M. I., Zahrah, F., Lestari, L., Fausi, Moh., & Nada, Z. Q. (2023). Pendampingan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Dalam Membangun Karakter Peserta Didik Berbasis Profetik Di Sdn Bugih 5 Pamekasan. EJOIN : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(7). https://doi.org/10.55681/ejoin.v1i7.1156
Fahmi, F., Khaerunnisa, E., Atikah, C., & Hilaliyah, T. (2018). Desain Literasi Ketahanan Pangan Melalui Inovasi Pembelajaran Kebutuhan Belajar Siswa Pendikan Sekolah Dasar Kelas Awal. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1). https://doi.org/10.30870/jpsd.v4i1.2840
Fauzi, M. S., Cahyono, D., & Sapulete, J. J. (2023). Sosialisasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Kearifan Lokal Melalui Olahraga Tradisional Pada Siswa Skoi Kaltim. NUSANTARA Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat.
Fitriya, Y., & Latif, A. (2022). Miskonsepsi Guru Terhadap Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Sultan Agung Ke-4, November 2022.
Fitroh, S. F., Oktavianingsih, E., & Mahbubah, N. A. (2023). Efektivitas Ronggosukowati Educorner sebagai Media Pembelajaran Stimulasi Pengetahuan Anak Tentang Batik pada Kegiatan P5 Kurikulum Merdeka di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.3865
Gunawan, T., & Muhabbatillah, S. (2019). Pola Asuh Orang Tua Dalam Penggunaan Media Sosial Facebook Pada Anak Sekolah Dasar. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 6(1). https://doi.org/10.31571/sosial.v6i1.1006
HAQ, A. (2023). Pelatihan Nasional Penyusunan Modul P5 Menggunakan Kreasi Ide Media Serbaneka Pada Kepala Sekolah Dan Guru. Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(2). https://doi.org/10.26740/abdi.v8i2.21157
Harahap, N. A. (2018). Efektivitas Penggunaan Pendekatan RME (Realistic Mathematic Education) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Di Kelas Xi SMA Negeri 7 Padangsidimpuan. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 1(2).
Hartaman, N., Wahyuni, W., Nasrullah, N., Has, Y., Hukmi, R. A., Hidayat, W., & Ikhsan, A. A. I. (2021). Strategi Pemerintah Dalam Pengembangan Wisata Budaya Dan Kearifan Lokal Di Kabupaten Majene. Ganaya : Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 4(2). https://doi.org/10.37329/ganaya.v4i2.1334
Hastiani, H., Sulistiawan, H., & Isriyah, M. (2023). Sosialisasi Pentingnya Kolaborasi Orang Tua dalam mendukung Penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Jurnal Pengabdian Multidisiplin, 3(1). https://doi.org/10.51214/japamul.v3i1.592
Heleni, S., Napitupulu, E. Y., Marshelli, Putra, A. E., Tamariska, N. E., Wulandari, M., Khairani, F., Sinaga, T. O., Alijati, M. R., & Joitsa, T. (2022). Inovasi Makanan Tradisional Lomang Sebagai Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ( P5 ) Pada SMPN 6 Kuantan Mudik. Kalandra: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 01(September).
Heriyawati, D. F., & Zakaria, Z. (2022). Pembuatan Topeng Karakter Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Pada Guru Sekolah Dasar. Publikasi Pendidikan, 12(1). https://doi.org/10.26858/publikan.v12i1.24276
Hernawati, H., & Kurniasih, I. (2021). Pentingnya Kolaborasi Antara Guru Dan Orang Tua Siswa Serta Masyarakat Pada Pendidikan Taman Kanak-Kanak. FASTABIQ: JURNAL STUDI ISLAM, 2(2). https://doi.org/10.47281/fas.v2i2.36
Imran, M. C., N, J., Sulviana, S., Indahyanti, R., Mursidin, M., & Nurjannah, S. (2021). Pelatihan Quizizz Sebagai Sarana Penguatan Literasi Digital Bagi Mahasiswa. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3). https://doi.org/10.31004/cdj.v2i3.2651
Irmawan, D., Mulyadiprana, A., & Muharram, M. R. W. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak SD Negeri Pasirjeungjing. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(02). https://doi.org/10.47709/educendikia.v3i02.2592
Isa, I., Asrori, M., & Muharini, R. (2022). Peran Kepala Sekolah dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4175
Iskandar, S., Rosmana, P. S., Yuliani, I. P., Hidayat, M. A. S., Angaraini, S. K. P., Sari, T. F. P., & Salsabhila, U. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Di Salah Satu Sekolah Dasar Kabupaten Purwakarta. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2).
Istiningsih, G., & Dharma, D. S. A. (2021). Integrasi Nilai Karakter Diponegoro Dalam Pembelajaran Untuk Membentuk Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah Dasar. Kebudayaan, 16(1). https://doi.org/10.24832/jk.v16i1.447
Jannati, P., Ramadhan, F. A., & Rohimawan, M. A. (2023). Peran Guru Penggerak Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1). https://doi.org/10.35931/am.v7i1.1714
Jayanti, R. D., Sarmini, S., & Harianto, S. (2023). Analisis Interpretif Tradisi Local Wisdom sebagai Sumber Nilai Karakter Pembelajaran IPS di Kabupaten Trenggalek. Jurnal Pendidikan : Riset Dan Konseptual, 7(3). https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v7i3.817
Karsiwan, K., Wardani, W., Lisdiana, A., & ... (2023). Sosialisasi Materi Kearifan Lokal Dalam Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran IPS Bagi Guru di Kota Metro Lampung. ….
Kasmawati, Y. (2020). Peningkatan Kompetensi Melalui Kolaborasi : Suatu Tinjauan Teoritis Terhadap Guru. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 8(2). https://doi.org/10.26618/equilibrium.v8i2.3377
Khasanah, V. A., & Muthali’in, A. (2023). Penguatan Dimensi Bernalar Kritis melalui Kegiatan Proyek dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(2).
Kholidah, L. N., Winaryo, I., & Inriyani, Y. (2022). Evaluasi Program Kegiatan P5 Kearifan Lokal Fase D di Sekolah Menengah Pertama. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(6). https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i6.4177
Khosiyatika, K., & Kusumawati, E. R. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Kurikulum Merdeka di SD Muhammadiyah Plus Kota Salatiga. … on Islamic Education.
Kurniati, P., Kelmaskouw, A. L., Deing, A., Bonin, B., & Haryanto, B. A. (2022). Model Proses Inovasi Kurikulum Merdeka Implikasinya Bagi Siswa Dan Guru Abad 21. Jurnal Citizenship Virtues, 2(2). https://doi.org/10.37640/jcv.v2i2.1516
Kurniawati, R. P., & Hadi, F. R. (2021). Pelatihan Pengembangan Instrumen Evaluasi Berbasis HOTS untuk Guru Sekolah Dasar. Jurnal Altifani Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4). https://doi.org/10.25008/altifani.v1i4.182
Kurniyanti, M. A., Alfianto, A. G., Ulfa, M., & Sulaksono, A. D. (2023). Gerakan Sehat Inovasi Terpadu (Pojok Gesit) Sebagai Upaya Pencegahan Penyakit Hipertensi Pada Masyarakat Pedesaan Berbasis Kearifan Lokal. I-Com: Indonesian Community Journal, 3(1). https://doi.org/10.33379/icom.v3i1.2250
Kusadi, N. M. R., Sriartha, I. P., & Kertih, I. W. (2020). Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Keterampilan Sosial Dan Berpikir Kreatif. Thinking Skills and Creativity Journal, 3(1). https://doi.org/10.23887/tscj.v3i1.24661
Kutariani, L. (2023). Implementasi Penguatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Buzz Groupss Di Sd N 5 Sukasada. Widyacarya: Jurnal Pendidikan, Agama Dan Budaya, 7(1). https://doi.org/10.55115/widyacarya.v7i1.2842
Laksanawati, W. D., Burhendi, F. C. A., Aldi, A., & Suminten, N. (2021). Kolaborasi Dosen dan Guru dalam Pembuatan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Materi Fisika Mesin Carnott dan Hukum Kirchoff. Jurnal Pengabdian Multidisiplin, 1(2). https://doi.org/10.51214/japamul.v1i2.113
Lawita, N. F., Suriyanti, L. H., Sari, D. F., Samsiah, S., Agustiawan, A., & Ramashar, W. (2021). Sosialisasi Manfaat Pengelolaan Keuangan Sekolah Berbasis Teknologi. Community Engagement and Emergence Journal (CEEJ), 2(2). https://doi.org/10.37385/ceej.v2i2.196
Layyina, U. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Matematis Berdasarkan Tipe Kepribadian pada Model 4K dengan Asesmen Proyek Bagi Siswa Kelas VII. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1.
Lenggogeni, Saefudin, A., Aristawidya, Z., & Diza, M. H. (2021). Peningkatan Pengetahuan Estimasi Biaya Proyek Konstruksi Bagi Siswa SMK Di Kabupaten Bekasi. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat 2021 (SNPPM-2021), 2021.
Lestari, S., Kusdiana, A., & Mulyadiprana, A. (2020). Buku Cerita Situ Patenggang sebagai Sumber Belajar Kearifan Lokal di Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(3). https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i3.25367
Lieung, K. W., & Puji Rahayu, D. (2023). Analisis Implementasi Projek Penguatan Profil Pancasila Di Sd Advent Merauke. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2). https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.588
Lyana, A. A., Ramdhani, A. N., Septiani, D., Santoso, J. A., & Purnama, S. F. (2023). Perbandingan Implementasi P5 di SMA Kota Bandung. Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 2(2).
Mahmud, M., & Cempaka, M. (2022). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Tematik Terintegrasi Profil Pelajar Pancasila Berbasis Augmented Reality (AR). Jurnal Kajian Dan Pengembangan Umat, 5(2). https://doi.org/10.31869/jkpu.v5i2.3818
Malasari, P. N., & Muna, S. G. (2021). Integrasi Budaya Islam pada DINAMITE : Media Sosialisasi Ramah Lingkungan dan Eskalasi Keterampilan Matematika. CIRCLE : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(02). https://doi.org/10.28918/circle.v1i02.4215
Maruti, E. S., Malawi, I., Hanif, M., Budyartati, S., Huda, N., Kusuma, W., & Khoironi, Moh. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Jenjang Sekolah Dasar. Abdimas Mandalika, 2(2). https://doi.org/10.31764/am.v2i2.13098
Marwa, M., Herlinawati, H., & Syahdan, S. (2021). Workshop Penulisan Kamus Dwibahasa Istilah Keislaman Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek Bagi Siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Kampar. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 5(2). https://doi.org/10.29407/ja.v5i2.15564
Marzuki, I., & Oktarianto, M. L. (2022). Pendampingan Pembelajaran Dengan Paradigma Baru Bagi Sekolah Penggerak Terkait Asesmen Pembelajaran Di Upt Sd Negeri 211 Gresik. JURNAL CEMERLANG : Pengabdian Pada Masyarakat, 4(2). https://doi.org/10.31540/jpm.v4i2.1632
Maudyna, I. E., & Roesminingsih, E. (2023). Evaluasi Kesiapan Pendidik dalam Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ( P5 ). Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4.
Maula, A., & Rifqi, A. (2023). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mewujudkan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Di SDN Sidotopo I/48 Surabaya. Journal Edu Learning, 1(3).
Maulidia, M., Shufiatuddin, S. R. A., Damastuti, R., Istiqomah, S. Al, Haq, R. R., & Sholeh, L. (2023). Implementasi Manajemen Kurikulum Merdeka Belajar dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(8). https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.2781
Mulia, M. A., Wardono, & Sunarmi. (2016). Keefektifan Model PBL berpendekatan Realistik Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pemelajaran Matemata. Seminar Nasional Matematika X Universitas Semarang, 2013.
Nadia, H., Yansyah, Y., & Murtiningsih, T. (2020). Pelatihan Pembuatan Rpp Menggunakan Metode 4 Câ€Tms Bagi Guru-Guru Mgmp Bahasa Inggris Kalimantan Selatan. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3). https://doi.org/10.12928/jp.v4i3.2308
Nafaridah, T., Ahmad, A., Maulidia, L., Ratumbuysang, M., & Kesumasari, E. M. (2023). Analisis Kegiatan P5 sebagai Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka Era Digital di SMA Negeri 2 Banjarmasin. Seminar Nasional PROSPEK II.
Noor, D. N. F., & Damariswara, R. (2022). Peran Media Sosial dan Keluarga dalam Pembentukan Karakter Santun Anak Usia Sekolah Dasar. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(1). https://doi.org/10.53624/ptk.v3i1.105
Nourma Putri Awwaliyah, A. S. N. (2023). Analisis Ideal Dan Realita Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Penerapan P5 Di Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 27(2).
Novela, R., & Yulsyofriend, Y. (2019). Pelaksanaan Kolaborasi Guru dan Orang Tua dalam Perkembangan Anak di Taman Kanak-Kanak Alam Minangkabau Padang. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 5(2). https://doi.org/10.29062/seling.v5i2.443
Nugraha, D. (2022). Pengembangan Media Digital Berbasis Motion Graphic pada Pendalaman Materi IPS Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2642
Nuh, M., Sangaji, R., Muzzaki, M., Agustin, E., & Larasati, A. N. (2021). Sosialisasi pentingnya manfaat menabung sejak dini. Dedikasi, 1(1).
Nur, M., Ratna, R., Rinda, R., & Anggrini, D. (2023). Kolaborasi Dengan Berbagai Pihak Dalam Menyukseskan Program Sekolah Penggerak Di Sd Negeri 004 Karakean, Kabupaten Mamasa, Provinsi Sulawesi Barat. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(1). https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i1.13822
Nur’aini, S. (2023). Implementasi Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P2RA) dalam Kurikulum Prototife di Sekolah / Madrasah. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 2(1).
Nurjatisari, T., Sukmayadi, Y., & Nugraheni, T. (2023). Penguatan Profil Pelajar Pancasila melalui Kemasan Pertunjukan Seni pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4). https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4836
Nurmalita, R. A., & Hardjono, N. (2020). Efektifitas Penggunaan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (Pmr) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1). https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.543
Nursalam, N., Sulaeman, S., & Latuapo, R. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka melalui Pembelajaran Berbasis Proyek pada Sekolah Penggerak Kelompok Bermain Terpadu Nurul Falah dan Ar-Rasyid Banda. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(1). https://doi.org/10.24832/jpnk.v8i1.3769
Nurull Hary Mulya, & An Nuril Maulida Fauziah. (2023). Pembelajaran IPA Kolaboratif: Siswa Reguler dan Anak Berkebutuhan Khusus Berkontribusi Aktif dalam Mencapai Tujuan Bersama. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(2). https://doi.org/10.37630/jpm.v13i2.1031
Oktadinata, A., & Munar, H. (2019). Sosialisasi Manfaat Keterampilan Motorik Kasar Terhadap Perkembangan Kognitif, Afektif, dan Psikomotor. Cerdas Sifa Pendidikan, 1(2).
Pajriah, S., Muin, A., Yahya, A. N., & Janan, S. N. (2020). Model Pendidikan Nilai Berbasis Kearifan Lokal Pada Masyarakat Penganut Kepercayaan Sunda Wiwitan Untuk Meningkatkan Karakter Siswa. Jurnal Wahana Pendidikan, 7(1). https://doi.org/10.25157/wa.v7i1.3272
Panca, U., Probolinggo, M., Marga, U. P., Panca, U., & Probolinggo, M. (2023). Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Penddidikan, Sains Dan Teknologi, 2(3).
Paramita, M., Muhlisin, S., & Palawa, I. (2018). Peningkatan Ekonomi Masyarakat Melalui Pemanfaatan Sumber Daya Lokal. Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1). https://doi.org/10.30997/qh.v4i1.1186
Partono, P., Wardhani, H. N., Setyowati, N. I., Tsalitsa, A., & Putri, S. N. (2021). Strategi Meningkatkan Kompetensi 4C (Critical Thinking, Creativity, Communication, & Collaborative). Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(1). https://doi.org/10.21831/jpipfip.v14i1.35810
Prasetiawan, H., Effendi, K., & Kurniawan, S. J. (2020). Media Komik Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Nilai Sosial. PD ABKIN JATIM Open Journal System, 1(2).
Prihatmojo, A., & Badawi, B. (2020). Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Mencegah Degradasi Moral di Era 4.0. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 4(1). https://doi.org/10.20961/jdc.v4i1.41129
Purnama sari, D., Hadi Saputra, H., & Hamdian Affandi, L. (2022a). Kolaborasi Guru Dan Orang Tua Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Di Sdn 23 Ampenan. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(1). https://doi.org/10.36312/jime.v8i1.2678
Purnama sari, D., Hadi Saputra, H., & Hamdian Affandi, L. (2022b). Kolaborasi Guru Dan Orang Tua Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Di Sdn 23 Ampenan. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(1). https://doi.org/10.58258/jime.v8i1.2678
Puspita Sari, A. (2020). Strengthening EFL Teacher Collaboration in the “New Normal”: Leveraging the Use of Online Resources. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 21(Vol 21, No 1 (2020)).
Putra, Y., & Furqan. (2022). Sosialisasi Manfaat Pendidikan Kewirausahaan Bagi Calon Mahasiswa Yang Akan Memilih Perguruan Tinggi. Jurnal Masyarakat Indonesia (Jumas), 1(01). https://doi.org/10.54209/jumas.v1i01.21
Rachmawaty, M., Guru, P., Anak, P., Dini, U., Keguruan, F., & Pendidikan, I. (2022). Kolaborasi Guru dan Orang Tua PAUD di Masa Pandemi. Ejournal-Fip-Ung.Ac.Id, 4.
Rahayu, W. A., Setiawati, M., & Ikhwan. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ( P5 ): Kearifan Lokal Di SMP Negeri 4 Kubung Kabupaten Solok. Student Scientific Creativity Journal (SSCJ), 1(5).
Rajabi, M., Ekohariadi, & Buditjahjanto, I. G. P. A. (2015a). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Instalasi Sistem Operasi dengan Model Pembelajaran Berbasis Proyek. Jurnal Pendidikan Vokasi: Teori Dan Praktek, 3(1).
Rajabi, M., Ekohariadi, & Buditjahjanto, I. G. P. A. (2015b). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Instalasi Sistem Operasi Dengan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Muhammad Rajabi, Ekohariadi, I.G.P. Asto Buditjahjanto. Jurnal Pendidikan Vokasi: Teori Dan Praktek, 3(1).
Ramadhan, I., Firmansyah, H., Imran, I., Purnama, S., & Wiyono, H. (2023). Transformasi Kurikulum 2013 Menuju Merdeka Belajar Di Sma Negeri 1 Pontianak. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 14(1). https://doi.org/10.31932/ve.v14i1.2097
Ramadhan, I., & Warneri, W. (2023). Migrasi Kurikulum: Kurikulum 2013 Menuju Kurikulum Merdeka pada SMA Swasta Kapuas Pontianak. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2). https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i2.4760
Ramdani, M., Yuliyanti, S. Y., Rahmatulloh, I. T., & Suratman, S. (2022). Penggunaan Platform Merdeka Mengajar (PMM) pada Guru Sekolah Dasar. Journal of Instructional and Development Researches, 2(6). https://doi.org/10.53621/jider.v2i6.201
Rasmani, U. E. E., Wahyuningsih, S., Winarji, B., Jumiatmoko, J., Zuhro, N. S., Fitrianingtyas, A., Agustina, P., & Widyastuti, Y. K. W. (2023). Manajemen Pembelajaran Proyek pada Implementasi Kurikulum Merdeka di Lembaga PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3). https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4633
Riyanto, B., Egar, N., & Murniati, N. A. N. (2023). Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar Di Sd Negeri Suruh 01 Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang. Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP), 12(1). https://doi.org/10.26877/jmp.v12i1.15334
Roykhan, M., Sucipto, S., & Ardianti, S. D. (2022). Kolaborasi Guru Dan Orang Tua Dalam Proses Pembelajaran Selama Pandemi Covid Di Sekolah Dasar. Jurnal Prasasti Ilmu, 2(1). https://doi.org/10.24176/jpi.v2i1.7202
Rusmiati, M. N., Ashifa, R., & Herlambang, Y. T. (2023). Analisis Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2). https://doi.org/10.35568/naturalistic.v7i2.2203
Ryan, I., & Pigai, S. (2020). Morfologi tanaman pisang Jiikago berdasarkan kearifan lokal suku Mee di kampung Idaiyo distrik Obano kabupaten Paniai. Jurnal Pertanian Dan Peternakan, 5(2).
Sae, F. S., Husin, V. E. R., & Mellu, R. N. K. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Kearifan Lokal Anyaman Nyiru untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Variabel, 4(1). https://doi.org/10.26737/var.v4i1.2321
Sa’idah, A., Nuroso, H., Subekti, E. E., & Nikmah, U. (2023). Implementasi Penguatan Profil Pelajar Pancasila Aspek Beriman Dan Berakhlak Mulia Kelas 1 SD Supriyadi Semarang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(2).
Sairo, M. I. (2021). Pelaksanaan Lesson Study Menggunakan Metode Pembelajaran Mind Mapping di Kelas X MIPA 3. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1). https://doi.org/10.23887/jlls.v4i1.32188
Santoso, G., Damayanti, A., Murod, M., Susilahati, Imawati, S., & Asbari, M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka melalui Literasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra), 02(01).
Sanulika, A., Maradina, J., & Muanifah, S. (2020). RETRACTED: Meningkatkan bonafiditas laporan keuangan UMKM scale up Tangerang Selatan melalui Sistem Informasi Aplikasi Pencatatan Informasi Keuangan (SI-APIK). Indonesia Berdaya, 1(2). https://doi.org/10.47679/ib.202030
Saputra, I. (2023). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Aksi Nyata 5k (Keimanan, Kebersihan, Kerapian, Keindahan, Dan Ketertiban) Yang Ramah Lingkungan. PRIMER : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(2). https://doi.org/10.55681/primer.v1i2.52
Saputra, I. G. P. E., Sukariasih, L., & Muchlis, N. F. (2022). Penyusunan Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Menggunakan Flip Pdf Profesional Bagi Guru SMA Negeri 1 Tirawuta: Persiapan Implementasi Kurikulum Merdeka. Prosiding Seminar Nasional UNIMUS, 5.
Sari, K. (2022). Penggunaan Rakit Terbang Berbasis STEM untuk Mengembangkan Kemampuan Literasi Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6(1). https://doi.org/10.26811/didaktika.v6i1.705
Selman, Y. F., & Jaedun, A. (2020). Evaluation of The Implementation of 4C Skills in Indonesian Subject at Senior High Schools. Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(2).
Septiani, A., Novaliyosi, & Nindiasari, H. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Ditinjau dari Pembelajaran Matematika dan Pelaksanaan P5 (Studi di SMA Negeri 12 Kabupaten Tangerang). Aksioma:Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 13(3).
Sholikhah, A., Aprilliani, Y., Andriani, R. I., Putri, H. S., & Amalia, D. (2023). Analisis Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Untuk Menumbuhkan Jiwa Berwirausaha Di Sdn 06 Tahunan. In Januari (Vol. 2, Issue 2).
Siregar, R. N., Karnasih, I., & Hasratuddin, H. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Dan Self-Efficacy Siswa Smp. JURNAL PENDIDIKAN GLASSER, 4(1). https://doi.org/10.32529/glasser.v4i1.441
Sriyati*, S., Ivana, A., & Pryandoko, D. (2021). Pengembangan Sumber belajar Biologi Berbasis Potensi lokal Dadiah untuk meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(2). https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i2.18783
Sudibya, I. G. N., Arshiniwati, N. M., & Sustiawati, N. L. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Melalui Penciptaan Karya Seni Tari Gulma Pneida Pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Seni Drama Tari Dan Musik, 5(2).
Sumarsih, I., Marliyani, T., Hadiyansah, Y., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3216
Supena, I., Darmuki, A., & Hariyadi, A. (2021). The influence of 4C (constructive, critical, creativity, collaborative) learning model on students’ learning outcomes. International Journal of Instruction, 14(3). https://doi.org/10.29333/iji.2021.14351a
Suryaman, S., & Sari, Y. R. I. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Indigo Si Rikal Bagi Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2231
Susilawati, W. O. O., Anggrayni, M., & Kustina, I. (2023). Pengembangan Modul P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) Fase B Tema Kewirausahaan Di Sekolah Dasar. Journal Of Social Science Research, 3.
Suttrisno, & Rofi’ah, F. Z. (2016). Integrasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Guna Mengoptimalkan Projek Penguatan Pelajar Pancasila Madrasah Ibtidaiyah Di Bojonegoro. Pionir: Jurnal Pendidikan, 12(1).
Terttiaavini, T., & Saputra, T. S. (2022a). Literasi Digital Untuk Meningkatkan Etika Berdigital. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(3).
Terttiaavini, T., & Saputra, T. S. (2022b). Literasi Digital Untuk Meningkatkan Etika Berdigital Bagi Pelajar Di Kota Palembang. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(3). https://doi.org/10.31764/jmm.v6i3.8203
Ulandari, S., & Dwi, D. (2023). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai Upaya Menguatkan Karakter Peserta Didik. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(2).
Wahyuni, R. (2018). Upaya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dengan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2). https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.263
Wahyuni, S., Erita, Y., & Fitria, Y. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Tanggung Jawab Dalam Pembelajaran Kurikulum Merdela di SD Negeri 19 Silungkang. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1).
Widyastomo, R. P. (2022). Kebijakan Ketahanan Pangan Dan Literasi Pangan Masyarakat (Studi Penelitian Tentang Literasi Pangan Mendukung Ketahanan Pangan di Kota Semarang). Public Service and Governance Journal, 3(01). https://doi.org/10.56444/psgj.v3i01.2788
Wijayanti, A., Listiyani, L. R., Ernawati, T., & Nurhayati, R. (2019). Merintis ketahanan pangan dan membentuk karakter peduli lingkungan pada remaja di Piyungan. JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 6(2). https://doi.org/10.21831/jppm.v6i2.26656
Wiyono, H. (2023). Sistem Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka: Di SMP Negeri 21 Pontianak. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 6(1). https://doi.org/10.32923/kjmp.v6i1.3354
Wuryandani, W. (2010). Integrasi nilai-nilai kearifan lokal dalam pembelajaran untuk menanamkan nasionalisme di sekolah dasar. Proceding Seminar Nasional Lembaga Penelitian UNY. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Yamsih, S. (2021). Implementasi Project Based Learning (Improbasle) Pada Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid-19 Bagi Siswa SMA Negeri 1 Tawangsari Tahun Pelajaran 2020/2021. JURNAL PENDIDIKAN, 30(2). https://doi.org/10.32585/jp.v30i2.1377
Yana, A. D. O., Ariyanto, P., & Huda, C. (2022). Analisis Penguatan Dimensi Kreatif Profil Pelajar Pancasila Pada Fase B di SD Negeri 02 Kebondalem. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6).
Refbacks
- There are currently no refbacks.