Abstract


Karakter yang harus dimiliki oleh pendidik PAUD sangat berbeda dengan karakter pendidik pada jenjang diatasnya. Pondasi yang dibangun dalam PAUD memerlukan struktur yang kuat, baik aspek pembelajaran dalam kegiatan bermain maupun pengembangan potensi anak, sehingga diperlukan tenaga pendidik yang juga mempunyai karakter kuat dan berbeda. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seperti apa karakter pendidik PAUD yang diperlukan dalam proses pembelajaran pada anak usia dini. Metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus merupakan metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan 4 orang informan yang merupakan guru di TK Mata Air Zam Zam. Hasil penelitian ditemukan bahwa ada 7 karakter yang harus dimiliki oleh pendidik PAUD yaitu 1) seorang guru harus pandai dalam membawa diri. 2) mampu berintegrasi dengan dunia anak. 3) mempunyai rencana dan persiapan dalam mengajar. 4) mempunyai kesabaran yang besar. 5) mempunyai sifat mengasuh. 6) mempunyai rasa ingin tahu yang kuat dalam belajar. 7) mempunyai sikap kreatif dalam belajar.


Keywords


karakter anak; pendidik paud; pembelajaran anak usia dini