Abstract


Banyak metode/strategi  yang bisa di gunakan oleh guru dalam menstimulasi ketrampilan kemandirian yaitu pembelajaran Project Based Learning. Tujuan Penelitian ini untuk membuktikan bahwa  pembelajaran Project Based Learning dapat menstimulasi ketrampilan kemandirian di taman kanak-kanak. Penelitian ini menerapkan metode kualitatif dengan desain penelitian fenomenologi. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi pada siswa, kepala sekolah, dan enam orang tua siswa. Teknik keabsahan data adalah triangulasi sumber dan teknik yang dianalisis menggunakan teknik Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian ini adalah Kegiatan pembelajaran project-based learning. berupa bermain, berdiskusi, dan pengerjaan projek dengan proses yang dikenal dengan tahapan awal, tahapan pengembangan, dan tahapan penyimpulan. Kegitan ini berpihak kepada siswa dengan menggunakan pertanyaan inkuiri ,mengoptimalkan pendidik, memanfaatkan kebijakan Lembaga, serta kolaborasi dengan wali siswa. Perubahan ini terlihat Ketika anak-anak memiliki ketrampilan berkomunikasi dan kepercayan pada dirinya, mampu mengerjakan pekerjaannya sendiri, bertanggung jawab dengan proyeknya, mampu mengendalikan emosi, dan memiliki kepekaan sosial dengan lingkungan sekitarnya. Sehingga pembelajaran project-based learning dinilai efektif dalam menstimulasi ketrampilan kemandirian anak usia dini.


Keywords


kemandirian anak; taman kanak-kanak ; project based learning