Stimulasi Kemandirian Anak Menggunakan Metode Project Based Learning di Taman Kanak-Kanak

Author


Pinda Agustin(1Mail), Nur Cholimah(2), Fitriana Tjiptasari(3),
Pendidikan anak usia dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(1)
Pendidikan anak usia dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(2)
Pendidikan anak usia dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(3)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 404KB]

Published : 2023-12-27

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 108 times PDF Downloaded: 43 times

Abstract


Banyak metode/strategi  yang bisa di gunakan oleh guru dalam menstimulasi ketrampilan kemandirian yaitu pembelajaran Project Based Learning. Tujuan Penelitian ini untuk membuktikan bahwa  pembelajaran Project Based Learning dapat menstimulasi ketrampilan kemandirian di taman kanak-kanak. Penelitian ini menerapkan metode kualitatif dengan desain penelitian fenomenologi. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi pada siswa, kepala sekolah, dan enam orang tua siswa. Teknik keabsahan data adalah triangulasi sumber dan teknik yang dianalisis menggunakan teknik Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian ini adalah Kegiatan pembelajaran project-based learning. berupa bermain, berdiskusi, dan pengerjaan projek dengan proses yang dikenal dengan tahapan awal, tahapan pengembangan, dan tahapan penyimpulan. Kegitan ini berpihak kepada siswa dengan menggunakan pertanyaan inkuiri ,mengoptimalkan pendidik, memanfaatkan kebijakan Lembaga, serta kolaborasi dengan wali siswa. Perubahan ini terlihat Ketika anak-anak memiliki ketrampilan berkomunikasi dan kepercayan pada dirinya, mampu mengerjakan pekerjaannya sendiri, bertanggung jawab dengan proyeknya, mampu mengendalikan emosi, dan memiliki kepekaan sosial dengan lingkungan sekitarnya. Sehingga pembelajaran project-based learning dinilai efektif dalam menstimulasi ketrampilan kemandirian anak usia dini.


Keywords


kemandirian anak; taman kanak-kanak ; project based learning

References


Anggraeni, N. E. (2019). Strategi Pembelajaran Dengan Model Pendekatan Pada Peserta Didik Agar Tercapainya Tujuan Pendidikan Di Era Globalisasi. ScienceEdu, June, 72. https://doi.org/10.19184/se.v2i1.11796

Ariyanto Andy, S. M. (2022). Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Untuk. Jurnal Ilmiah Mitra Swara Ganesha, 9(2), 101–116. http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JMSG/article/view/2155

Arsel, V. R., & Pransisika, R. (2022). Strategi Orangtua Dalam Memupuk Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Bhayangkari 05 Painan Pesisir Selatan. Al-Hikmah : Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 6(02), 263–275. https://doi.org/10.35896/ijecie.v6i02.356

Auliya, F., & Suminar, T. (2016). Strategi Pembelajaran Yang Dapat Mengembangkan Kemandirian Belajar Di Komunitas Belajar Qaryah Thayyibah. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jnfc/article/view/10077

Chen, Y. L., & Tippett, C. D. (2022). Project-Based Inquiry in STEM Teaching for Preschool Children. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 18(4). https://doi.org/10.29333/ejmste/11899

Damayanti, E. (2019). Meningkatkan Kemandirian Anak melalui Pembelajaran Metode Montessori. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 463. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.333

Damayanti, H. L., & Anando, A. A. (2021). Peran Guru Dalam Menumbuhkembangkan Kemandirian Siswa Melalui Pembelajaran Inkuiri. Jurnal Sinestesia, 11(1), 52–59. https://doi.org/10.53696/27219283.59

Devi, S. K., Ismanto, B., & Kristin, F. (2019). Peningkatan Kemandirian dan Hasil Belajar Tematik melalui Project Based Learning. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan. https://10.31004/obsesi.v7i5.5257

Elina, G., Maylani Asril, N., & Vina Arie Paramita, M. (2023). Percobaan Sains Menggunakan Project Based Learning Meningkatkan Kemampuan HOTS (High Order Thinking Skill) Kelompok Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 11(1), 148–156. https://doi.org/10.23887/paud.v11i1.62421

Ema, M., Kusuma, F. H. D., & Widiani, E. (2015). Kemampuan Pemberian Stimulasi Meningkatkan Kemandirian Anak Usia Prasekolah. https://jurnal.unitri.ac.id/index.php/care/article/view/480

Hanim, W., Mamesah, M., & Anzelyna, R. R. (2018). Pengaruh Bimbingan Klasikal dengan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Siswa. Insight: Jurnal Bimbingan Konseling, 7(1), 56–71. https://doi.org/10.21009/insight.071.05

Ismiriyam, F. V., Trisnasari, A., & Kartikasari, D. E. (2017). Gambaran perkembangan sosial dan kemandirian pada anak prasekolah usia 4-6 tahun di Tk Al- Islah Ungaran Barat. Prosiding Seminar Ilmiah Nasional Dan Internasional, https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/psn12012010/article/view/2290

Jurnal, M., Anak, P., Dini, U., Elok, U., Rasmani, E., Wahyuningsih, S., & Winarji, B. (2023). Implementasi Manajemen Pembelajaran Proyek Berbasis Kurikulum Merdeka di Lembaga PAUD.. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.265

Lisa, D. R., Suryana, D., & Mahyuddin, N. (2023). Pengaruh Hasta Karya Miniatur Alat Kebersihan dalam Meningkatkan Kreativitas Seni di Taman-Kanak Sadar Bahkti Kecamatan Talamau. 05(02). https://doi.org/10.35316/atthufulah.v3i1.2424

Masruroh, F., Riskiyana, R., & Wulandari, H. (2022). Membentuk Mental Enterpreneur Anak Dengan Project Based Learning. Atthufulah : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 21–25. https://doi.org/10.35316/atthufulah.v3i1.2424

Namaskara, W. C., Arbarini, M., & Loretha, A. F. (2023). Project-based Learning untuk Menstimulasi Kemandirian Anak di Kelompok Bermain. 7(5), 5155–5170. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5257

Nikmah, A., Shofwan, I., & Loretha, A. F. (2023). Implementasi Metode Project Based Learning untuk Kreativitas pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4857–4870. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4999

Nisfa, N. L., Latiana, L., Pranoto, Y. K. S., & Diana, D. (2022). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Sosial dan Emosi Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5982–5995. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3032

Oliveira, L., & Cardoso, E. L. (2021). A project-based learning approach to promote innovation and academic entrepreneurship in a master’s degree in food engineering. Journal of Food Science Education, 20(4), 120–129. https://doi.org/10.1111/1541-4329.12230

Pecore, J. L. (2015). From Kilpatrick’s Project Method to Project-Based Learning. International Handbook Progressive Education, 155–171. https://doi.org/10.1111/1541-4329.12230

Pistorova, S., & Slutsky, R. (2018). There is Still Nothing Better than Quality Play Experiences for Young Children’s Learning and Development: Building the Foundation for Inquiry in Our Educational Practices. Early Child Development and Care, 188(5), 495–507. https://doi.org/10.1080/03004430.2017.1403432

Putri, A. V. W. (2020). Project based learning berbantuan media audio visual meningkatkan partisipasi belajar anak. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(3), 388–396. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLLS/article/view/29412

Ridwan, A., Nurul, N. A., & Faniati, F. (2022). Analisis Penggunaan Media Loose Part untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(02), 105–118. https://doi.org/10.46963/mash.v5i02.562

Sa’diyah, R. (2017). Pentingnya Melatih Kemandirian Anak. Kordinat: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 16(1), 31–46. https://doi.org/10.15408/kordinat.v16i1.6453

Safitri, D., Lestariningrum, A., & Nusantara, U. (2021). Penerapan Media Loose Part untuk Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 40–52.

Sakila, S. R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning ( PJBL ) Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Pendidikan Islam Anak Usia Dini. 4, 2383–2392.

Sany, S. N., Suyanta, I. W., & Lestiawati, I. M. (2022). Penanaman Kemandirian Anak Usia 4-5 Tahun Berbasis Metode Proyek Di Paud Vidya Karuna Kota Denpasar. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 80–91. https://doi.org/10.25078/pw.v7i2.1763

Sari, A. Y., Astuti, R. D., & Pendahuluan, A. (2013). Implementasi Pembelajaran Project Based Learning Untuk Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31090/paudmotoric.v1i1.547

Simatupang, N. D., Widayati, S., Adhe, K. R., & Shobah, A. N. (2021). Penanaman Kemandirian Pada Anak Usia Dini Di Sekolah. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 3(2), 52. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v3i2.593

Wahyuni, W., & Al Rasyid, H. (2022). Pengaruh Pembiasaan, Kecerdasan Emosional dan Dukungan Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3034–3049. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2301.

Wijayanti, T., Syamsuddin, M. M., & Pudyaningtyas, A. R. (2019). Upaya Meningkatkan Kemandirian Anak Melalui Practical Life Activity Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Kumara Cendekia, 7(4), 440–450. https://jurnal.uns.ac.id/kumara/article/view/31774


Refbacks

  • There are currently no refbacks.