Abstract


Metode Euritmik Dalcroze merupakan metode pengajaran musik dengan menggunakan elemen gerak pada pengajarannya yang diciptakan oleh Emilie Jaques Dalcroze. TK Al-Battani menerapkan metode Euritmik Dalcroze agar peserta didik dapat merasakan elemen-elemen musik yang diajarkan melalui gerak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan tujuan penelitian yaitu menganalisis proses pelaksanaan pendekatan Euritmik Dalcroze dalam proses pengembangan kemampuan gerak dasar anak usia dini, menganalisis hasil pelaksanaan pendekatan Euritmik Dalcroze dalam proses pengembangan kemampuan gerak dasar lokomotor anak usia dini dan menganalisis hasil pelaksanaan pendekatan Euritmik Dalcroze dalam proses pengembangan kemampuan gerak dasar objek kontrol anak usia dini. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Guru TK Al-Battani melatih peserta didik untuk bernyanyi dan menari dan menambahkan gerakan sedikit demi sedikit kepada peserta didik ketika peserta didik sudah paham ritmis dan melodi lagu. TK Al-Battani melakukan permainan sederhana berupa kegiatan yang bisa meningkatkan keterampilan fisik motorik anak yaitu kegiatan lempar tangkap dan menendang bola sebagai kegiatan yang dapat melatih kemampuan gerak dasar objek kontrolnya.


Keywords


pendekatan euritmik dalcroze; pengembangan kemampuan gerak dasar; anak usia dini.