Pendekatan Euritmik Dalcroze sebagai Proses Pengembangan Kemampuan Gerak Dasar Anak Usia Dini

Author


Anggi Pratami Dewi(1Mail), Hartono Hartono(2), Deasylina Da Ary(3),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Semarang, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Semarang, Indonesia(2)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Semarang, Indonesia(3)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 270KB]

Published : 2023-12-29

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 100 times PDF Downloaded: 48 times

Abstract


Metode Euritmik Dalcroze merupakan metode pengajaran musik dengan menggunakan elemen gerak pada pengajarannya yang diciptakan oleh Emilie Jaques Dalcroze. TK Al-Battani menerapkan metode Euritmik Dalcroze agar peserta didik dapat merasakan elemen-elemen musik yang diajarkan melalui gerak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan tujuan penelitian yaitu menganalisis proses pelaksanaan pendekatan Euritmik Dalcroze dalam proses pengembangan kemampuan gerak dasar anak usia dini, menganalisis hasil pelaksanaan pendekatan Euritmik Dalcroze dalam proses pengembangan kemampuan gerak dasar lokomotor anak usia dini dan menganalisis hasil pelaksanaan pendekatan Euritmik Dalcroze dalam proses pengembangan kemampuan gerak dasar objek kontrol anak usia dini. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Guru TK Al-Battani melatih peserta didik untuk bernyanyi dan menari dan menambahkan gerakan sedikit demi sedikit kepada peserta didik ketika peserta didik sudah paham ritmis dan melodi lagu. TK Al-Battani melakukan permainan sederhana berupa kegiatan yang bisa meningkatkan keterampilan fisik motorik anak yaitu kegiatan lempar tangkap dan menendang bola sebagai kegiatan yang dapat melatih kemampuan gerak dasar objek kontrolnya.


Keywords


pendekatan euritmik dalcroze; pengembangan kemampuan gerak dasar; anak usia dini.

References


Anom, T. A., Rustiadi, T., & Hartono, M. (2022). Development of Material Teaching of Health in Physical Education Classes for Students in Elementary School. Journal of Physical Education and Sports, 11(2 SE-Articles), 203–210. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpes/article/view/56524

Apaydin, Ö. (2023). Dalcroze method and rhythm in music education in Turkey Özkan. 15(2), 1180–1196.

Ariyanti, S. E. A. E. (2020). Media Kartu Kuartet Dikda Seni Tari Berbasis Outdoor Learning. Joyful Learning Journal, 9(2), 72–77. https://doi.org/10.15294/jlj.v9i2.39356

Barnett, L. M., Van Beurden, E., Morgan, P. J., Brooks, L. O., & Beard, J. R. (2008). Does childhood motor skill proficiency predict adolescent fitness? Medicine and Science in Sports and Exercise, 40(12), 2137–2144. https://doi.org/10.1249/MSS.0b013e31818160d3

Ceyhan, S., & Yıldız, M. (2021). Ceyhan, S., & Yıldız, M. (2021).pdf. 13(4), 421–431.

Chairunnisaa, Respati, R., & Mulyadiprana, A. (2020). Pengenalan Pembelajaran Irama Model Eurhytmic di Sekolah Dasar Pembelajaran Seni Musik pada Kurikulum. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 199–209. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/26380

Fitrianti, D., & Reza, M. (2017). Mengembangkan Kegiatan Gerak Dan Lagu Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Pada Anak Usia 5-6 Tahun. PAUD Teratai, 7(1), 104–126. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/3957

Fonda, D. B., Octavianingrum, D., & Heldisari, H. P. (2022). Meningkatkan Keterampilan Bernyanyi Paduan Suara dengan Metode Euritmika Dalcroze di SMK Muhammadiyah 1 Moyudan Yogyakarta. Indonesian Journal of Performing Arts Education, 2(2), 50–59. https://journal.isi.ac.id/index.php/IJOPAED/article/view/7511

Greenhead, K., & Habron, J. (2015). The touch of sound: Dalcroze eurhythmics as a somatic practice. Journal of Dance and Somatic Practices, 7(1), 93–112. https://doi.org/10.1386/jdsp.7.1.93_1

Hardy, L. L., Reinten-Reynolds, T., Espinel, P., Zask, A., & Okely, A. D. (2012). Prevalence and correlates of low fundamental movement skill competency in children. Pediatrics, 130(2). https://doi.org/10.1542/peds.2012-0345

Ismail, M. J. (2017). Keberkesanan Pendekatan Muzik Dalcroze dalam Meningkatkan Kemahiran Koordinasi Muzik Murid-Murid Tahun 4 di Kawasan Bandar Abstrak The Effectiveness of Dalcroze Music Approach in Enhancing Musical Coordination Skill Among Year 4 Students in Urban Are. Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities, 2(1), 53–64.

Ismail, M. J. B., & Chiat, L. F. (2018). Kaedah Penggunaan Pendekatan Euritmik Dalcroze Untuk Meningkatkan Tahap Koordinasi Menyanyi Sambil Bermain Alat Perkusi Kompang dalam kalangan Kanak. Malaysian Journal of Social Sciences, 3(4), 119–128. http://msocialsciences.com/index.php/mjssh/article/view/127

Juntunen, M.-L. (2020). Ways to enhance embodied learning in Dalcroze-inspired music education. International Journal of Music in Early Childhood, 15(1), 39–59. https://doi.org/10.1386/ijmec_00011_1

Laure, M., & Habe, K. (2023). Stimulating the Development of Rhythmic Abilities in Preschool Children in Montessori Kindergartens with Music-Movement Activities: A Quasi-Experimental Study. Early Childhood Education Journal, 0123456789. https://doi.org/10.1007/s10643-023-01459-x

Liao, M. Y., & Davidson, J. W. (2016). Enhancing gesture quality in young singers. Music Education Research, 18(3), 283–294. https://doi.org/10.1080/14613808.2015.1060953

Makridis, C., Guan, K., Ludington, E., Hopkins, M., & Parassidis, S. (2022). The Role of Music and Other Arts in Early Childhood Education. SSRN Electronic Journal, 1–27. https://doi.org/10.2139/ssrn.3989366

Nainggolan, Oriana Tio Parahita. (2015). Peranan Metode Eurhythmics Terhadap Peningkatan Kreativitas Gerak. Resital, 16(3), 117–124. https://journal.isi.ac.id/index.php/resital/article/view/1677

Nainggolan, Oriana Tio Parhita, Endang, I., & Benadito, A. M. (2021). Konsep Metode Sariswara Ditinjau dari Pendidikan Musik Berbasis Kebudayaan Nasional Indonesia. Jurnal Seni Budaya, 5(2), 150–163. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/GDG/article/view/28290

Ow, S. S., Poon, C. H., Cheong, K. W., & Cooper, S. (2023). Cultivating 21st century Learning Skills: The Effect of Song-based Music and Movement on Elementary-age Children’s Kinesthetic Skills. Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJSSH), 8(3), e002216. https://doi.org/10.47405/mjssh.v8i3.2216

Prasetya, Y. O., Chulwah, D., Mubarokah, N. L., & Iswantiningtyas, V. (2017). Pengaruh Bermain Sianida (Suara, Irama, Dan Nada) Terhadap Kecerdasan Musik Anak Usia Dini. JURNAL INDRIA (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah dan Sekolah Awal), 2(2), 68–79. https://doi.org/10.24269/jin.v2n2.2017.pp56-67

Pratiwi, H. L., Respati, R., & Mulyadiprana, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Musik Euritmik terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Down Syndrome. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 5(5), 996–1002.

Priyanto, S. U. (2013). Pendidikan Musik untuk Anak Usia DIni. 42–52.

Rejeki, H. S., Tadulako, U., Gerak, P., & Lokomotor, D. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Gerak Dasar. Jurnal Penjaskesrek, 8(2), 218–232. https://ejournal.bbg.ac.id/penjaskesrek/article/view/1655

Richter, L. M., Daelmans, B., Lombardi, J., Heymann, J., Boo, F. L., Behrman, J. R., Lu, C., Lucas, J. E., Perez-Escamilla, R., Dua, T., Bhutta, Z. A., Stenberg, K., Gertler, P., Darmstadt, G. L., Bouhouch, R. R., Cetin, Z., Chadwick, K., Das, J., Earle, A., … Yoshikawa, H. (2017). Investing in the foundation of sustainable development: pathways to scale up for early childhood development. The Lancet, 389(10064), 103–118. https://doi.org/10.1016/S0140-6736(16)31698-1

Setyawati, A., Hartono, H., & Ary, D. Da. (2023). Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Tari Bendrong Lesung pada PAUD Terpadu Anak Bangsa Cilegon. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1799–1808. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4146

Sri Utomo, M. R. al-Q. (2015). Mempertimbangkan Euritmika Emile Jaques-Dalcroze pada Pengajaran Seni Musik Anak Usia Dini. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 1–17. https://doi.org/10.21274/taalum.2015.3.1.1-17

Sutela, K., Juntunen, M. L., & Ojala, J. (2020). Applying music-and-movement to promote agency development in music education: A case study in a special school. British Journal of Music Education, 37(1), 71–85. https://doi.org/10.1017/S0265051719000184

Syaflinawati, S. (2021). Penggunaan Metode Dalcroze Dalam Pembelajaran Pianika Di Sma Negeri 1 Tanjung Raja. Besaung : Jurnal Seni Desain dan Budaya, 6(2), 71–78. https://doi.org/10.36982/jsdb.v6i2.1713

Treviño, E. N., & Bermúdez, J. Á. (2016). An exploratory study of flow and enjoyment in a Dalcroze Eurhythmics-based intervention for seniors in Mexico. Approaches: An Interdisciplinary Journal of Music Therapy, 8(2), 159–168.

Ulfah, A. A., Dimyati, D., & Putra, A. J. A. (2021). Analisis Penerapan Senam Irama dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1844–1852. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.993

Young, M. E. (2017). State of Early Child Development Research, Practice, and Policy for Most Vulnerable Children: A Global Perspective. New Directions for Child and Adolescent Development, 2017(158), 11–23. https://doi.org/10.1002/cad.20221

Zhang, Y., Baills, F., & Prieto, P. (2022). Training with embodied musical activities has positive effects on unfamiliar language imitation skills. Proceedings of the International Conference on Speech Prosody, 2022-May(May), 723–727. https://doi.org/10.21437/SpeechProsody.2022-147


Refbacks

  • There are currently no refbacks.