Abstract


Pendidikan anak usia dini memegang peranan krusial karena potensi kecerdasan dan landasan perilaku manusia terbentuk sejak anak usia dini, sehingga diperlukan manajemen kurikulum pada pendidikan awal dalam pertumbuhan dan perkembangannya sesuai dengan karakter bangsa. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan secara mendalam proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kurikulum berbasis kurikulum 2013 dan karakter islami. Metode dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan rencana kurikulum dimulai penyusunan pembelajaran harian, mingguan, semester, dan evaluasi hasil pembelajaran. Bidang yang berwenang bertanggung jawab dalam merumuskan tujuan, merancang isi, serta mengintegrasikan metode dari Kurikulum 2013 dan karakter Islam dengan pendekatan yang inovatif. Pelaksanaan kurikulum melibatkan dua aspek kunci yaitu kegiatan keagamaan dan peningkatan pengetahuan umum dengan pendekatan yang menarik sesuai perkembangan anak


Keywords


Manajemen Kurikulum; Pendidikan anak usia dini; Pendidikan Islam; kurikulum tiga belas