Implementasi Manajemen Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini: Pendekatan Berbasis Kurikulum 2013 dan Karakter Islami di TK

Authors

  • Siti Afifah Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Imam Shofwan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5601

Keywords:

Manajemen Kurikulum, Pendidikan anak usia dini, Pendidikan Islam, kurikulum tiga belas

Abstract

Pendidikan anak usia dini memegang peranan krusial karena potensi kecerdasan dan landasan perilaku manusia terbentuk sejak anak usia dini, sehingga diperlukan manajemen kurikulum pada pendidikan awal dalam pertumbuhan dan perkembangannya sesuai dengan karakter bangsa. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan secara mendalam proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kurikulum berbasis kurikulum 2013 dan karakter islami. Metode dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan rencana kurikulum dimulai penyusunan pembelajaran harian, mingguan, semester, dan evaluasi hasil pembelajaran. Bidang yang berwenang bertanggung jawab dalam merumuskan tujuan, merancang isi, serta mengintegrasikan metode dari Kurikulum 2013 dan karakter Islam dengan pendekatan yang inovatif. Pelaksanaan kurikulum melibatkan dua aspek kunci yaitu kegiatan keagamaan dan peningkatan pengetahuan umum dengan pendekatan yang menarik sesuai perkembangan anak

Downloads

Download data is not yet available.

References

Addakhil, M. I. J. (2019). Problematika Pengembangan Kurikulum di Lembaga Pendidikan Islam: Tinjauan Epistimologi. Ta`Limuna: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 8. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32478/talimuna.v8i2.250

Bento, G., & Dias, G. (2017). The importance of outdoor play for young children’s healthy development. Porto Biomedical Journal, 2(5), 158. https://doi.org/10.1016/j.pbj.2017.03.003

Brown, C. (2021). Curriculum Management in the Middle School. School Organisation, 3(4), 109–110. https://doi.org/10.1080/0260136830030403

Cutler, L., Schachter, R. E., Gabas, C., Piasta, S. B., Purtell, K. M., & Helsabeck, N. P. (2023). Patterns of Classroom Organization in Classrooms Where Children Exhibit Higher and Lower Language Gains. Early Education and Development, 34(5), 1128–1146. https://doi.org/10.1080/10409289.2022.2106766

Darling-Churchill, K. E., & Lippman, L. (2016). Early childhood social and emotional development: Advancing the field of measurement. Journal of Applied Developmental Psychology, 45, 7. https://doi.org/10.1016/j.appdev.2016.02.002

Darling-Hammond, L., Flook, L., Cook-Harvey, C., Barron, B., & Osher, D. (2020). Implications for educational practice of the science of learning and development. Applied Developmental Science, 24(2), 4. https://doi.org/10.1080/10888691.2018.1537791

Farhang, A. P. Q., Hashemi, A. P. S. S. A., & Ghorianfar, A. P. S. M. (2023). Lesson Plan and Its Importance in Teaching Process. International Journal of Current Science Research and Review, 06(08), 5901–5913. https://doi.org/10.47191/ijcsrr/V6-i8-57

Firdaus, H., Laensadi, A. M., Matvayodha, G., Siagian, F. N., & Hasanah, I. A. (2022). Analisis Evaluasi Program Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 689. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5302

Handayani, I. N. (2022). Stimulasi Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences) Melalui Pendekatan Saintifik (Scientific Approach) untuk Anak Usia Dini. JURNAL RAUDHAH, 10(1), 2. https://doi.org/10.30829/raudhah.v10i1.1656

Harahap, N., & Br Hasibuan, H. (2023). Implementasi Standar Pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 470–481. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.254

Hidayat, W., Jahari, J., & Nurul Shyfa, C. (2020). Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran di Madrasah. Jurnal Pendidikan UNIGA, 14(1), 308. https://doi.org/10.52434/jp.v14i1.913

Kiewra, C., & Veselack, E. (2016). Playing with Nature: Supporting Preschoolers’ Creativity in Natural Outdoor Claassrooms. The International Journal of Early Childhood Environmental Education, 4(1), 72. https://eric.ed.gov/?id=EJ1120194

Kuswanto, A. V., & Na’imah. (2019). Analisis Problematika Prilaku Perkembangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Anak Bunayya, VI(2), 112. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v6i2.7308

Kusyairi, U., Sartika, I. D., Hidayah, H., Hartati, S., & Nurhidayat, N. (2018). Implementasi Manajemen Kurikulum pada Pendidikan Anak Usia Dini Sulapa Eppa. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 1(1), 25. https://doi.org/10.24252/nananeke.v1i1.6908

Lupi, N. Z. N. (2017). Problematika Penerapan Kurikulum 2013 pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini di Kecamatan Bululawang. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 4(1), 37. https://doi.org/10.21107/jpgpaud.v4i1.3563

Manullang, L. S., Suryadi, S., & Karnati, N. (2022). Curriculum Management at the Pusat Kegiatan Anak of Sa- habat Anak Foundation. 8(1), 54–59. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jne.v7i2.28239

Mesterjon, M., Suwarni, S., Selviani, D., & Monang, S. (2022). Analysis of Learning System in Higher Collection through a Technology 4.0 Approach in the Era of Covid-19 Pandemic. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 3(3), 355. https://doi.org/10.46843/jiecr.v3i3.110

Myint Thu, T. M. M. (2023). The integration of a new kindergarten curriculum in Myanmar: gaps between policy and the engagement of personnel in real settings. Education 3-13, 51(2), 229. https://doi.org/10.1080/03004279.2021.1958893

Nurhaqia, S., Eriani, E., Kencana, R., & Siagian, S. (2023). Kompetensi Guru Paud dalam Mengajar dan Kompetensi Penunjang. 2(2), 80. https://doi.org/https://doi.org/10.51544/sentra.v2i2.4091

Nurjanah, S., & Muthmainah, M. (2023). Pengaruh Media Loose Part terhadap Kreativitas dan Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3519–3536. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4434

Prasanti, D., & Fitriani, D. R. (2018). Pembentukan Karakter Anak Usia Dini: Keluarga, Sekolah, Dan Komunitas? (Studi Kualitatif tentang Pembentukan Karakter Anak Usia Dini Melalui Keluarga, Sekolah, dan Komunitas). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 13. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.2

Puspitasari, E., Novianti, R., & N, Z. (2021). Pengembangan Sistem Penilaian Pembelajaran PAUD melalui Aplikasi SAKA. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1346–1356. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1726

Pyle, A., DeLuca, C., Danniels, E., & Wickstrom, H. (2020). A Model for Assessment in Play-Based Kindergarten Education. American Educational Research Journal, 57(6), 2270. https://doi.org/10.3102/0002831220908800

Rahelly, Y. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Di Sumatera Selatan. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(2), 381–390. https://doi.org/10.21009/JPUD.122.21

Rahmawati, R., & Sumedi, S. (2020). Pendidikan Nilai Agama dan Moral Anak melalui Kegiatan Bermain Sains. WISDOM: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 170–174. https://doi.org/10.21154/wisdom.v1i2.2375

Rahmi, A. M., & Chairul, A. K. (2021). Analisis Manajemen Kurikulum PAUD di Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Kecamatan Talamau Kabupaten Pasaman Barat. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2016), 11398–11403. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.3298

Renna Apriliana. (2022). Pengaruh Perencanaan Pembelajaran Terhadap Peningkatan Kualitas Dan Mutu Pendidik Dalam Kegiatan Mengajar Di Sdn Banjar 1. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 7(02), 619–627. https://doi.org/10.36989/didaktik.v7i02.224

Riowati, R., & Yoenanto, N. H. (2022). Peran Guru Penggerak pada Merdeka Belajar untuk Memperbaiki Mutu Pendidikan di Indonesia. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 5(1), 1–16. https://doi.org/10.31539/joeai.v5i1.3393

Santosa, A. B. S. (2022). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 13(1), 16. https://doi.org/10.25299/perspektif.2022.vol13(1).9004

Selaras Ndari, S., & Chandrawaty. (2018). Telaah Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini (Mirawati (ed.)). Edu Publisher.

Sembiring, S. B., & Kurniawan, M. (2022). Pengembangan Instrumen Elektronik Supervisi Akademik Berbasis Spreadsheet untuk Jenjang TK. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5222. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2913

Sholichah, A. S. (2018). Urgensi Tumbuh Kembang Anak terhadap Pembentukan Karakter. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 1(02), 167. https://doi.org/10.37542/iq.v1i02.14

Sudjana, N. (2010). Penilaian hasil proses belajar mengajar.

Wibowo, D. V., Munastiwi, E., & Sanusi, A. (2021). Manajemen Kurikulum Berbasis Pendidikan Islam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian Keislaman, 17(1), 1–20. https://doi.org/10.20414/jpk.v17i1.3464

Downloads

Published

25-12-2023

How to Cite

Afifah, S., & Shofwan, I. (2023). Implementasi Manajemen Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini: Pendekatan Berbasis Kurikulum 2013 dan Karakter Islami di TK. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7158–7170. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5601

Issue

Section

Articles