Abstract


Kesetaraan paket B memerlukan evaluasi untuk mengetahui perkembangan pembelajaran. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya keingintahuan evaluasi pembelajaran yang dilakukan. Adanya keinginan peserta didik mengikuti pembelajaran untuk mendapatkan ijazah guna mendapatkan pekerjaan. Menggunakan metode kualitatif pendekatan kualitatif deskriptif penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penggunaan Model Evaluasi Kirkpatrick  meliputi: (1) reaksi, (2) tahap belajar, (3) perilaku, dan (4) hasil. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan menggunakan triangulasi sumber. Informan penelitian adalah Kepala Sanggar, Pendidik, dan Peserta Didik. Hasil penelitian: (1)Evaluasi Reaksi dalam pelayanan pembelajaran, fasilitas serta persiapan sudah memuaskan dan memenuhi kebutuhan pembelajaran, (2) Tahapan Belajar dilihat dari penyampaian dan pelaksanaan mendapatkan keterampilan yang sesuai pembelajaran, teori dikembangkan dan dipraktekan. (3) Evaluasi Perilaku peserta didik positif, mampu menerapkan teori kedalam tugas yang mereka kerjakan, (4) Evaluasi Hasil disimpulkan dari tujuan pembelajaran tercapai, nilai melebihi standar kriteria ketuntasan minimal. Implikasi penelitian ini memberikan hasil akhir pembelajaran mencapai tujuan pembelajaran guna peserta didik mendapatkan ijazah pendidikan.


Keywords


evaluasi pembelajaran; kesetaraan paket b; model kirkpatrick; sanggar kegiatan belajar