
Author
Rista Ayudya Hapsari(1

Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Negeri Semarang, Indonesia(1)
Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Negeri Semarang, Indonesia(2)

Published : 2023-11-29
Article can trace at:







Article Metrics
Abstract Views: 1377 times
PDF Downloaded: 434 times
Abstract
Kesetaraan paket B memerlukan evaluasi untuk mengetahui perkembangan pembelajaran. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya keingintahuan evaluasi pembelajaran yang dilakukan. Adanya keinginan peserta didik mengikuti pembelajaran untuk mendapatkan ijazah guna mendapatkan pekerjaan. Menggunakan metode kualitatif pendekatan kualitatif deskriptif penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penggunaan Model Evaluasi Kirkpatrick meliputi: (1) reaksi, (2) tahap belajar, (3) perilaku, dan (4) hasil. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan menggunakan triangulasi sumber. Informan penelitian adalah Kepala Sanggar, Pendidik, dan Peserta Didik. Hasil penelitian: (1)Evaluasi Reaksi dalam pelayanan pembelajaran, fasilitas serta persiapan sudah memuaskan dan memenuhi kebutuhan pembelajaran, (2) Tahapan Belajar dilihat dari penyampaian dan pelaksanaan mendapatkan keterampilan yang sesuai pembelajaran, teori dikembangkan dan dipraktekan. (3) Evaluasi Perilaku peserta didik positif, mampu menerapkan teori kedalam tugas yang mereka kerjakan, (4) Evaluasi Hasil disimpulkan dari tujuan pembelajaran tercapai, nilai melebihi standar kriteria ketuntasan minimal. Implikasi penelitian ini memberikan hasil akhir pembelajaran mencapai tujuan pembelajaran guna peserta didik mendapatkan ijazah pendidikan.
Keywords
References
Badu, S. Q. (2013). Implementasi Evaluasi Model Kirkpatrick Pada Perkuliahan Masalah Nilai Awal Dan Syarat Batas. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 16, 102–129. https://doi.org/10.21831/pep.v16i0.1108
Casnan, C., Purnawan, P., Firmansyah, I., & Triwahyuni, H. (2022). Evaluasi Proses Pembelajaran Dengan Pendekatan Systems Thinking. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(1), 31–38. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i1.p31-38
Danarjati, D. P., Suryana, S., & Kurniawan, hendra. (2014). Psikologi Pendidikan. Graha Ilmu.
Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar Dan Pembelajaran. In CV Kaaffah Learning Center.
Effendi, M., Zainuddin, Z., & Ahmad, M. S. (2022). Implementasi evaluasi model kirkpatrick terhadap kualitas sistem pembelajaran. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 8(1), 1. https://doi.org/10.29210/1202221160
Fahma, A., Mesiono, & Hadijaya, Y. (2021). Leading Class Program Evaluation in Improving the Quality of Education. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 7(2), 233–242. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v7i02.4923
Firdayanti, A., Marzuki, K., & Amri, M. A. L. (2022). Manajemen Sarana dan Prasaran Dalam Penyelenggraan Program Kesetaraan Paket C di Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Jeneponto. Pinisi Journal of Education, 1–17.
Hasviana, L., Riyadi, R., & Lukman, A. I. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Warga Belajar Paket C Di Sanggar Kegiatan Belajar Balikpapan Timur. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 119–125. https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/ls/article/view/1191
Hidayati, A., Setiawati, S., & Sunarti, V. (2018). Gambaran Strategi Pembelajaran Partisipatif pada Kegiatan Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Program Paket B di PKBM Tanjung Sari Kota Sawahlunto. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 6(1), 1. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v1i1.9014
Ishak, D. (2022). Equality of education quality in Indonesia through education Reform. Legal Brief, 11(2), 472–481. www.legal.isha.or.id/index.php/legal
Khairunisa, R. (2020). Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V Di Sdn 001 Samarinda Utara. PENDAS MAHAKAM: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 146–151. https://doi.org/10.24903/pm.v4i2.404
Kirkpatrick, D. L. (1959). Evaluating Training Programs: The Four Levels. (Berrett-Koehler (ed.)). Inc. San Fransisco.
Kusumastuti, Z. R., & Kriswanto, H. D. (2022). The Relationship Between Discipline with Student Learning Outcomes of Equality Education Program. Edukasi, 16(2), 100–110. https://doi.org/10.15294/edukasi.v16i2.41551
Lazwardi, D. (2017). Implementasi Evaluasi Program Pendidikan Di Tingkat Sekolah Dasar Dan Menengah. Al Idarah Jurnal Kependidikan Islam, 7(2).
Masri, A. E., Rusmayadi, G. P., Andreansyah, M. P., & Ardika, Y. M. (2022). Evaluasi Program Pendidikan Kesetaraan Paket B Di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Al-Kahfi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(24), 1–23. https://zenodo.org/records/7486293
Matthew B. Miles, Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative data analysis. A methods sourcebook. Zeitschrift Fur Personalforschung, 28(4), 485–487.
Muhammad, O. :, Khosyiin, I., & Fakhruddin, M. (2022). Evaluasi Program Pelatihan Model Kirkpatrick. CERMIN: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Berbasis Islam Nusantara, 1(2), 42–46. https://ejournal.staida-krempyang.ac.id/index.php/CERMIN
Novalinda, R., Ambiyar, A., & Rizal, F. (2020). Pendekatan Evaluasi Program Tyler: Goal-Oriented. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 18(1), 137. https://doi.org/10.31571/edukasi.v18i1.1644
Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945
Putri, L. D., Kamil, M., Hatimah, I., & S. Ardiwinata, J. (2023). Blended Learning Model in Partnership of PAUD Institution With Family Through Parenting Class in Developing The Potential of Early Children. KOLOKIUM Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 11(1), 162–170. https://doi.org/10.24036/kolokium.v11i1.594
Rahim, F. R., Suherman, D. S., & Murtiani, M. (2019). Analisis Kompetensi Guru dalam Mempersiapkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 3(2), 133. https://doi.org/10.24036/jep/vol3-iss2/367
Ritonga, R., Saepudin, A., & Wahyudin, U. (2019). Penerapan Model Evaluasi Kirkpatrick Empat Level Dalam Mengevaluasi Program Diklat Di Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang. Jurnal Pendidikan Nonformal, 14(1), 12. https://doi.org/10.17977/um041v14i1p12-21
Sa’adatul, F. (2017). Pelaksanaan Pembelajaran Muatan Lokal Tauhid di MTS Miftahul ’Ulum Tambakromo Pati Tahun Pelajaran 2017/2018 [STAIN Kudus]. In STAIN Kudus. http://repository.iainkudus.ac.id/1759
Shofwan, I., Widhanarto, G. P., & Tristanti, T. (2019). Implementasi pembelajaran nonformal pada sekolah dasar Quran Hanifah di Kota Semarang. JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 6(1), 1–10. https://doi.org/10.21831/jppm.v6i1.23434
Shomedran, S., & Karmila Nengsih, Y. (2020). Peran Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Sebagai Satuan Pendidikan Luar Sekolah Dalam Membangun Mutu Sumber Daya Manusia. Comm-Edu (Community Education Journal), 3(3), 271. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v3i3.5214
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (2nd ed.). Alfabeta.
Suryana, S. (2016). Model Pembelajaran dan Evaluasi Program Pendidikan Kesetaraan Paket B dan Paket C di Kota Semarang. Edukasi, 1(1).
Suryana, S., Siswanto, & Dismawati, L. (2019). Model Pembelajaran dan Evaluasi Program Pendidikan Kesetaraan Paket B dan Paket C di Kota Semarang. Edukasi, 13(1), 11. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/edukasi/article/view/953
Wahyudhiana, M. D. (2015). Model Evaluasi Program Pendidikan. Islamadina, 14(1).
Widoyoko, E. P. (2017). Evaluasi Program Pelatihan. 17.
Widyoko, E. P. (2017). Evaluasi Program Pelatihan. Universitas Pendidikan Indonesia.
Refbacks
- There are currently no refbacks.