Abstract


Berkembangnya zaman membuat individu lupa akan nilai-nilai etika di lingkungan sosial, sehingga mengalami disorientasi dan disintegrasi. Menghadapi persoalan saat ini tujuan pada penelitian adalah mengembangkan instrumen khusus untuk mengevaluasi perkembangan karakter yang terjadi pada mahasiswa/i program pendidikan guru pendidikan anak usia dini di Universitas Negeri Gorontalo. Peneltian ini menggunakan  prosedur penelitian pengembangan Borg and Gall. Hasil penelitian dan pengembangan adalah: (a) telah tersusun instrumen evaluasi karakter mahasiswa yang telah melalui validasi ahli, yakni: ahli pendidikan karakter, ahli evaluasi, dan ahli bahasa Indonesia, dan (b) instrumen evaluasi karakter mahasiswa/i program pendidikan guru pendidikan anak usia dini telah melalui uji coba lapangan skala kecil. Dengan demikian instrumen evaluasi karakter mahasiswa yang merupakan hasil penelitian dan pengembangan ini telah layak digunakan, serta memberikan impak yang baik dalam membentuk karakter yang positif pada mahasiswa/i program pendidikan guru pendidikan anak usia dini.


Keywords


evaluasi; instrumen karakter; pendidikan anak usia dini