Instrumen Evaluasi Karakter Mahasiswa Program Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Author


Wenny Hulukati(1Mail), Maryam Rahmi(2),
Bimbingan Konseling, Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia(1)
Bimbingan Konseling, Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author

 PDF Full Text   [File Size: 516KB]

Published : 2020-02-18

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 3082 times PDF Downloaded: 1420 times

Abstract


Berkembangnya zaman membuat individu lupa akan nilai-nilai etika di lingkungan sosial, sehingga mengalami disorientasi dan disintegrasi. Menghadapi persoalan saat ini tujuan pada penelitian adalah mengembangkan instrumen khusus untuk mengevaluasi perkembangan karakter yang terjadi pada mahasiswa/i program pendidikan guru pendidikan anak usia dini di Universitas Negeri Gorontalo. Peneltian ini menggunakan prosedur penelitian pengembangan Borg and Gall. Hasil penelitian dan pengembangan adalah: (a) telah tersusun instrumen evaluasi karakter mahasiswa yang telah melalui validasi ahli, yakni: ahli pendidikan karakter, ahli evaluasi, dan ahli bahasa Indonesia, dan (b) instrumen evaluasi karakter mahasiswa/i program pendidikan guru pendidikan anak usia dini telah melalui uji coba lapangan skala kecil. Dengan demikian instrumen evaluasi karakter mahasiswa yang merupakan hasil penelitian dan pengembangan ini telah layak digunakan, serta memberikan impak yang baik dalam membentuk karakter yang positif pada mahasiswa/i program pendidikan guru pendidikan anak usia dini.


Keywords


evaluasi; instrumen karakter; pendidikan anak usia dini

References


Anastasi, A., & Urbina, S. (1997). Psychological Testing. Prentice-Hall, Inc.

Arikunto, S. (1990). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.

Borg, & Gall, M. (1983). Educational research an introduction (fourth edition). New York: Longman.

Brownlee, J., Purdie, N., & Boulton-Lewis, G. (2001). Changing Epistemological Beliefs in Pre-service Teacher Education Students. Teaching in Higher Education, 6(2), 247268. https://doi.org/10.1080/13562510120045221

Buehl, M. M., & Alexander, P. A. (2001). Beliefs about Academic Knowledge. Educational Psychology Review, 13(4), 385418. https://doi.org/10.1023/A:1011917914756

Dimyati, T. R. (2018). Pembentukan Karakter Mahasiswa Dalam Sistem Pendidikan Tinggi Islam. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 13(1), 17. https://doi.org/10.19105/tjpi.v13i1.1716

Dimyati, & Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta.

Fika, Y., Meilanie, S. M., & Fridani, L. (2019). Peningkatan Kemampuan Bicara Anak melalui Bermain Peran Berbasis Budaya. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 50. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.229

Ghufron, A. (2012). Anik Ghufron Desain Pendidikan Karakter. 1, 99110.

Isikoglu, N. (2008). The effects of a teaching methods course on early childhood preservice teachers beliefs. Journal of Early Childhood Teacher Education, 29(3), 190203. https://doi.org/10.1080/10901020802275260

Kemendiknas. (2011). Panduan Pendidikan Karakter. Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

Kurdi, M. S. (2018). Evaluasi Implementasi Desain Pendidikan Karakter Berbasis Pendekatan Humanistik. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 125. https://doi.org/10.32332/elementary.v4i2.1243

Maiza, Z., & Nurhafizah, N. (2019). Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 356. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.196

Majid, R. A., Ali, M. M., & Alias, A. (2014). Teacher character strengths and talent development. International Education Studies, 7(13), 175183. https://doi.org/10.5539/ies.v7n13p175

Mei-Ju, C., Chen-Hsin, Y., & Pin-Chen, H. (2014). The Beauty of Character Education on Preschool Childrens Parent-child Relationship. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 143, 527533. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.07.431

Mischo, C., Wahl, S., Strohmer, J., & Wolf, C. (2013). Does Early Childhood Teacher Education Affect Students Cognitive Orientations? Journal of Education and Training Studies, 2(1), 193206. https://doi.org/10.11114/jets.v2i1.206

Nuraeni, L., Andrisyah, A., & Nurunnisa, R. (2019). Efektivitas Program Sekolah Ramah Anak dalam Meningkatkan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 20. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.204

Raka, G. (2011). Pendidikan Karakter di Sekolah: dari Gagasan ke Tindakan. PT Alex Media Komputindo.

Rodrguez, L., & Cano, F. (2006). The epistemological beliefs, learning approaches and study orchestrations of university students. Studies in Higher Education, 31(5), 617636. https://doi.org/10.1080/03075070600923442

Srianita, Y., Akbar, M., & Meilanie, S. M. (2019). Pembentukan Karakter dalam Pendidikan Makan (Studi Kasus di Raudhatul Athfal Istiqlal Jakarta). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 152. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.277

Susanti, R. (2013). Penerapan Pendidikan Karakter Di Kalangan Mahasiswa. AL-Ta Lim, 20(3), 480. https://doi.org/10.15548/jt.v20i3.46

Tanto, O. D., Hapidin, H., & Supena, A. (2019). Penanaman Karakter Anak Usia Dini dalam Kesenian Tradisional Tatah Sungging. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 337. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.192

Veziroglu-Celik, M., & Acar, I. H. (2018). Teaching Approaches and Practices of Student Teachers in Early Childhood Education: A Convergent Mixed Methods Study. Journal of Education and Training Studies, 6(11), 234. https://doi.org/10.11114/jets.v6i11.3634

Wolming, S., & Wikstrm, C. (2010). The concept of validity in theory and practice. Assessment in Education: Principles, Policy and Practice, 17(2), 117132. https://doi.org/10.1080/09695941003693856


Refbacks

  • There are currently no refbacks.