Abstract
Pendidikan anak usia dini (PAUD) pada hakikat adalah pendidikan yang diselenggarakan dengan untuk memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan anak. Tujuan pendidikan anak usia dini adalah memberikan stimulasi atau rangsangan bagi perkembangan pontensi anak agar menjadi manusia beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kritis, kreatif, inovatif, mandiri, percaya diri. Metode penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dilakukan dengan cara wawancara, dokumentasi serta observasi. Hasil dari penelitian ini diharapkan hasil riset bisa berguna bagi kepala sekolah serta guru untuk mendorong perkembangan bahasa anak dan menerapkannya pada anak-anak serta guru agar anak dapat mempunyai kecakapan bahasa Indonesia yang baik serta dan menggunakannya dalam keseharian kehidupan. Teknik implementasi ketika menstimulasi berpikir kritis pada anak dengan cara mengklasifikasikan benda dengan menggunakan warna, bentuk, dan ukuran dengan tiga variasi.