Peran Guru PAUD dalam Menstimulasi Keterampilan Bahasa Anak untuk Berpikir Kritis pada Usia 5-6 Tahun

Author


Dwi Anggi Saputri(1Mail), Sri Katoningsih(2),
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  Download PDF   [File Size: 336KB]  Language: id
Published : 2023-05-21
Copyright (c) 2023 Dwi Anggi Saputri

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 69 times PDF Downloaded: 12 times

Abstract


Pendidikan anak usia dini (PAUD) pada hakikat adalah pendidikan yang diselenggarakan dengan untuk memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan anak. Tujuan pendidikan anak usia dini adalah memberikan stimulasi atau rangsangan bagi perkembangan pontensi anak agar menjadi manusia beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kritis, kreatif, inovatif, mandiri, percaya diri. Metode penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dilakukan dengan cara wawancara, dokumentasi serta observasi. Hasil dari penelitian ini diharapkan hasil riset bisa berguna bagi kepala sekolah serta guru untuk mendorong perkembangan bahasa anak dan menerapkannya pada anak-anak serta guru agar anak dapat mempunyai kecakapan bahasa Indonesia yang baik serta dan menggunakannya dalam keseharian kehidupan. Teknik implementasi ketika menstimulasi berpikir kritis pada anak dengan cara mengklasifikasikan benda dengan menggunakan warna, bentuk, dan ukuran dengan tiga variasi.


Keywords


keterampilan bahasa; berpikir kritis; pendidikan anak usia dini

References


Abidin, Y. (2015). Pembelajaran Multiliterasi. Bandung: PT Refika Aditama.

Alawiah, A. L., Damaianti, V. S., & Kosasih, E. (2019). Pengembangan Sikap Kritis Siswa Dalam Kegiatan Berliterasi Di Sekolah. Seminar Internasional Riksa Bahasa XIII, 1041–1048. http://proceedings.upi.edu/index.php/riksabahasa/article/view/954

Anggraini, G. F., Pradini, S., Sasmiati, S., Haenilah, E. Y., & Wijayanti, D. K. (2020). Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Anak Usia Dini Melalui Storytelling Di Tk Amartani Bandar Lampung. Jurnal Pengabdian Dharma Wacana, 1(1), 15–25. https://doi.org/10.37295/jpdw.v1i1.21

Deiniatur, M. (2017). Pembelajaran Bahasa Pada Anak Usia Dini Melalui Cerita Bergambar. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(2), 190. https://doi.org/10.32332/elementary.v3i2.882

Disas, E. P. (2017). Analisis Kebijakan Pendidikan Mengenai Pengembangan Dan Peningkatan Profesi Guru. Jurnal Penelitian Pendidikan, 17(2), 158–166. https://doi.org/10.17509/jpp.v17i2.8251

Duryat, H. M. (2021). Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Penguatan Pendidikan Agama Islam di Institusi yang Bermutu dan Berdaya Saing. Alfabeta.

Febiola, K. A. (2020). Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia Dini Melalui Pengembangan Media Pembelajaran Pohon Angka. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 238. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.28263

Hasanah, M. (2012). Model Cerita Fiksi Kontemporer Anak-Anak Untuk Pengembangan Kemahirwacanaan Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. Litera, 11(1). https://doi.org/10.21831/ltr.v11i1.1150

Hasiana, I., & Wirastania, A. (2017). Permainan Warna Berpengaruh Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 131–138. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.23

Hasriadi, H. (2022). Strategi Pembelajaran. Mata Kata Inspirasi. http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/4822/1/Strategi%20Pembelajaran.pdf

Ilham, M., & Wijiati, I. A. (2020). Keterampilan Berbicara: Pengantar Keterampilan Berbahasa. Lembaga Academic & Research Institute.

Imamah, Z., & Muqowim, M. (2020). Pengembangan Kreativitas dan Berpikir Kritis pada Anak Usia Dini Melalui Motode Pembelajaran Berbasis STEAM and Loose Part. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 15(2), 263–278. https://doi.org/10.24090/yinyang.v15i2.3917

Kaliky, S., & Juhaevah, F. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA dalam Menyelesaikan Masalah Identitas Trigonometri Ditinjau dari Gender. Matematika Dan Pembelajaran, 6(2), 111. https://doi.org/10.33477/mp.v6i2.663

Kuncoro. (2012). Konsep-konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. E-Jurnal: Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Laily, I. F., & Naqiyyah, M. (2014). Kontribusi Penerapan Pendidikan Karakter (Gemar Membaca) Terhadap Keterampilan Berbahasa Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Mi Darul Hikam Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 1(2). https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v1i2.347

Lubis, M. (2019). Peran Guru pada Era Pendidikan 4.0. EDUKA : Jurnal Pendidikan, Hukum, Dan Bisnis, 4(2), 274–282. https://core.ac.uk/download/pdf/337609344.pdf

Madyawati, L. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa pada Anak. Kencana.

Mawadah, A. H. (2021). Pemanfaatan Big Book Sebagai Media Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 57–72. https://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/assibyan/article/view/1355

Mawaddah, F. N. (2018). (Studi Pada Taman Kanak-Kanak Paud Fitri Bagan Deli Belawan Tahun 2017 / 2018). 1–155. https://doi.org/10.32678/as-sibyan.v3i01.1355

Ni’mah, Z., & Rachmawati. (2021). Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Finger Painting Di Taman Kanak-Kanak Paud Aba I Rambipuji Jember. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 2476–9363. https://ojs.unm.ac.id/tematik/article/view/27546

Niati, W. (2019). Peran Guru Paud dalam Menstimulasi Perkemangan Bahasa Anak pada Kelompok B Usia 5-6 Tahun Di TK Darma Wanita Kab. Seluma. Journal Of Early Childhood Islamic Education, 3(1), 38–48. http://repository.iainbengkulu.ac.id/3897

Nihayah, U. B. (2021). Optimalisasi Tumbuh Kembang Anak Usia Dini Melalui Asupan Gizi Seimbang (Studi Kasus Anak Usia Dini Di Rt 03/Rw 01 Desa Gunungjati Kecamatan Bojong Kabupaten Tegal. Jurnal Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, 5(1). http://repository.iainpurwokerto.ac.id/11403

Noermanzah. (2019). Bahasa sebagai Alat Komunikasi, Citra Pikiran, dan Kepribadian. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba), 306–319. https://ejournal.unib.ac.id/semiba/article/view/11151

Nur, I. R., & Aryani, R. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Melalui Metode Iqra’pada Santriwan/Santriwati TPQ Nurussholihin Pamulang Kota Tangerang Selatan. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 2(3), 100–110. https://ojs.pseb.or.id/index.php/jmh/article/view/474

Paramita, V. D. (2017). Jatuh hati pada Montessori. Bentang B First.

Putri, D. P. (2018). Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Di Era Digital. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 37. https://doi.org/10.29240/jpd.v2i1.439

Qomariah, D. N., Kuswandi, A. A., Saripatunnisa, Y., Noviana, I. P., & Enurmanah. (2016). Keterlibatan Orang Tua dalam Program Pendidikan Anakusia Dini. MediaIndonesia, 6(2), 31–44. https://mediaindonesia.com/opini/62777/keterlibatan-orang-tua-dalam-pendidikan-anak

Rakhmawati, I. (2019). Mengembangkan Kecerdasan Anak melalui Pendidikan Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 3(1), 40. https://doi.org/10.21043/thufula.v3i1.4729

Ramadhani, F. (2022). Studi Literatur Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. Doctoral Dissertation, Unimed, 2022. http://digilib.unimed.ac.id/45846

Sakinah, I. (2015). Pembendaharaan Kosakata Bahasa Inggris dalam Kegiatan Bermain Clay pada Anak Usia 5-6 Tahun (Deskriptif Kualitatif Di Ra-Wijaya Kusuma Rawamangun, Pulogadung Jakarta Timur). (Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Jakarta). http://repository.unj.ac.id/1271

Silawati, E. (2018). Stimulasi Guru Pada Pembelajaran Bahasa Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2). https://doi.org/10.17509/cd.v3i2.10334

Sulistyowati, R. (2015). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa pada Mata Kuliah Salesmanship Melalui Metode Pemberian Tugas. Prosiding Seminar Nasional 9 Mei 2015, 219–225. https://eprints.uny.ac.id/21904

Sutisna, I. P. G. (2020). Gerakan Literasi Digital pada Masa Pandemi Covid-19. STILISTIKA: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Seni, 8(2), 268–283. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/stilistika/article/view/773

Syaparuddin, S., Meldianus, M., & Elihami, E. (2020). Strategi Pembelajaran Aktif dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PKN Peserta Didik. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 30–41. https://doi.org/10.33487/mgr.v1i1.326

Trimurni, S. (2014). Hubungan Peranan Ayah dalam Perkembangan Motorik Anak Usia Pra Sekolah. UIN Alauddin Makassar, 255. https://repositori.uin-alauddin.ac.id/7294/

Virdyna, N. K. (2020). Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Duta Media Publishing. ISO 690.

Wahyuni, S. (2015). Pengembangan Petunjuk Praktikum Ipa Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Smp. Jurnal Pengajaran Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 6(1), 196. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v20i2.585

Wajdi, F. (2021). Manajemen Perkembangan Siswa Sd Melalui Peran Guru Dan Orang Tua Pada Masa Pandemi. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 4(1), 41. https://doi.org/10.17977/um027v4i12021p41

Warif, M., Ddi, S., Abstrak, M., Kunci, K., Strategi, :, & Didik, P. (2019). Strategi Guru Kelas dalam Menghadapi Peserta Didik yang Malas Belajar Class Teacher Strategy in Facing Lazy Students Learn. Jurnal Tarbawi, 4(1), 38–55. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/2130

Widyaswarani, E. (2022). Peran Orang Daewasa terhadap Proses. Jurnal Iswara, 1(2), 22–30. https://doi.org/10.20884/1.iswara.2022.2.1.6247

Winarti, A. (2020). Implementasi Parenting Pada Pendidikan Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. JurnalPendidikan PembelajaranPemberdayaan Masyarakat, 2(2), 131–145. http://ejournal.uicm-unbar.ac.id/index.php/jp3m/article/view/272/142

Yolandasari, M. B. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas II A MI Unggulan Miftahul Huda Tumang Cepogo Boyolali Tahun Pelajaran 2019/2020. http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/9550


Refbacks

  • There are currently no refbacks.