Abstract


Anak usia dini merupakan tahap awal yang sensitif dan mempengaruhi tahap selanjutnya. Seringkali kebiasaan makan yang cenderung tidak teratur, membuat anak mengalami gangguan makan. Lembaga PAUD perlu menjadi patner bagi orang tua untuk membiasakan kegiatan makan pada anak usia dini. Penelitian ini dilakukan di PAUD Intan Payong Banda Aceh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan makan di PAUD Intan Payong Banda Aceh, dan untuk mengetahui kebiasaan baik yang dibiasakan melalui pendidikan makan tersebut. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif jenis fenomenologi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan makan di PAUD Intan Payong memiliki prosedur yang sistematis, terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Kebiasaan baik yang dibiasakan melalui pendidikan makan, meliputi kemandirian, kesabaran, toleransi, rasa syukur, konsep secukupnya, tanggung jawab, dan adab makan. Diharapkan lembaga PAUD Intan Payong dapat terus mempertahankan pelaksanaan pendidikan makan, dan dapat menjadi referensi atau contoh bagi Lembaga lainnya khususnya di Aceh

Keywords


aktivitas makan; pendidikan anak usia dini, karakter anak