
Author
Indani Indani(1

Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Universitas Syiah Kuala, Indonesia(1)
Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Universitas Syiah Kuala, Indonesia(2)
Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Universitas Syiah Kuala, Indonesia(3)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Syiah Kuala, Indonesia(4)

Article Analytic |
Published : 2023-05-22
Copyright (c) 2023 Indani Indani
Article can trace at:








Article Metrics
Abstract Views: 36 times
PDF Downloaded: 6 times
Abstract
Keywords
References
Aeiny, S. N. (2021). Studi Kasus Penerapan Pola Makan Sehat Anak Usia 5-6 Tahun Case Study the Implementation of Dietary Pattern Children Aged 5-6 Years. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(9), 271–276.
Ambari, R. P., Lita, L. L., & Khamidun, K. K. (2018). Perubahan Perilaku Anak Prasekolah dalam Pemenuhan Asupan Gizi Seimbang melalui Penerapan PAUD Sadar Gizi di TK-IT Mutiara Hati Kota Semarang. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 1–6. https://doi.org/10.29313/ga.v2i2.4267
Ananda, R. (2017). Implementasi Nilai-nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 19. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.28
Annur, C. M. (2022). Prevalensi Balita Stunting Provinsi Jawa Tengah Menurut Kabupaten/Kota (2022). Katadata Media Network.
Arfani, A. A. D. (2022). Urgensi Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Usia Dini Di Era Revolusi Industri 4.0. Proceeding International Conference on Islam and Education (ICONIE), 2(2), 1156–1165. https://e-journal.uingusdur.ac.id/index.php/asghar/article/view/6086
Arifianto. (2013). Orangtua Cermat, Anak Sehat. Transmedia.
Ayuningtyas, D., Pd, M., Putra, R. S., & Defyanti, D. (2022). Pendidikan inklusi dalam pembelajaran beyond centers and circle time (BCCT) di PAUD terpadu Griya ceria banda Aceh. Seulanga : Jurnal Pendidikan Anak, 3(1), 23–39. https://doi.org/10.47766/seulanga.v3i1.309
Bahrun, & Wildan. (2022). Stunting in Indonesian Children and Its Contributing Factors: Study through Bibliometric Analysis. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 16(2), 271–293. https://doi.org/10.21009/JPUD.162.07
Budiarti, E. (2016). Meningkatkan Pemahaman Pentingnya Makan Makanan Bergizi Seimbang Melalui Kegiatan Makan Bersama Di Ra Al Fata Rokan Hulu. Healthy - Jurnal Inovasi Riset Ilmu Kesehatan, 1(4), 1–23. https://doi.org/10.51878/healthy.v1i4.1817
Chandrawati, T., & Aisyah, S. (2022). ECE Educator Training: How to Develop Literacy and Environment Education for Children? JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 16(1), 133–148. https://doi.org/10.21009/jpud.161.09
Dhieni, N.-, Hartati, S., & Wulan, S. (2019). Evaluation of Content Curriculum in Kindergarten. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 13(1), 72–85. https://doi.org/10.21009/10.21009/jpud.131.06
Equada, V., Yuniarni, D., & Miranda, D. (2022). Pelaksanaan program makanan bergizi melalui kegiatan makan bersama di tk mujahidin 2 pontianak timur. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran - Khatulistiwa, 11, 2715–2723. https://doi.org/10.26418/jppk.v11i10.58985
Flora, E. (2016). Analisis Pemberian Makanan Bergizi pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Santa Gemma. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran - Khatulistiwa, 5(No 2), 6. https://doi.org/10.26418/jppk.v5i2.13884
Handayani, O. D. (2020). Edukasi dan Workshop Pembuatan Makanan Bergizi bagi Anak “Homemade Healthy Child Food” bagi Tumbuh Kembang Anak di BKB dan Gugus PAUD di Cilandak, Jakarta Timur. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 11(2), 144–148. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v11i2.2760
Herawaty, D. (2020). Pengawasan Asupan Gizi Anak Usia Dini di Lembaga PAUD oleh Pendidik Melalui Program “MUSIM SEMI.” Jurnal Ilmiah PESONA PAUD, 7(2), 114–123. https://doi.org/10.24036/107660
Hikmayani, A. S. (2019). Fuge Fun Upaya Pengenalan Makanan Bergizi dan Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pelita PAUD, 3(2), 82–94. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v3i2.514
Inayah, S. F. N. (2022). Pembentukan Karakter Ramah Melalui Pembiasaan Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun (5s) Pada Anak Usia Dini. Jurnal Asghar, 2(1), 12–25. https://doi.org/10.28918/asghar.v2i1.5750
Inten, D. N., & Permatasari, A. N. (2019). Literasi Kesehatan pada Anak Usia Dini melalui Kegiatan Eating Clean. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 366. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.188
Irma, M., Harmawati, D., & ... (2022). Analisis Kemampuan Empati Anak Usia 4-5 Tahun. Seulanga: Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 100–108. https://doi.org/10.47766/seulanga.v3i2.730
Iswantiningtyas, V., & Wulansari, W. (2018). Pengembangan Model Penilaian Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(2), 361–370. https://doi.org/10.21009/jpud.122.17
Jatmikowati, T. E., Nuraini, K., Winarti, D. R., & Adwitiya, A. B. (2023). Peran Guru dan Orang Tua dalam Pembiasaan Makan Makanan Sehat pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1279–1294. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3223
Lubis, N. A., Rambe, S. A., Konadi, H., & Maisarah. (2021). Penerapan Kegiatan Pembiasaan Terhadap Pembentukan Moral Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Mulo Ara Cangduri. SEULANGA: Jurnal Pendidikan Anak, 11–27. https://doi.org/10.47766/seulanga.v2i1.1396
Mardhiati, R., & Fadli, R. K. (2020). Penerapan “Health Eating” pada Pelaksanaan Program Makan Bersama di PAUD. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 5. https://doi.org/10.30651/aks.v4i2.3465
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1984). Drawing Valid Meaning from Qualitative Data: Toward a Shared Craft. Educational Researcher, 13(5), 20–30. https://doi.org/10.3102/0013189X013005020
Mutiawati, Y. (2019). Moral Knowing. Jurnal Buah Hati, 6(2), 165–174. https://doi.org/10.46244/buahhati.v6i2
Novianti, S. (2020). Faktor Aksesibilitas dan Praktik Pemberian Makanan pada Anak Usia 6-23 Bulan di Masa Pandemi. Jurnal Kesehatan Komunitas Indonesia, 16(No 2), 176. https://doi.org/10.37058/jkki.v16i2.2575
Novitasari, N. (2021). Manajemen Pengelolaan Makanan Sehat dan Bergizi di PAUD Plus Darussalam Bojonegoro. Al-Hikmah : Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 5(2), 133–151. https://doi.org/10.35896/ijecie.v5i2.264
Nurhaelina, N. (2021). Mengembangkan Perilaku Disiplin Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional Lompat Tinggi. PAUD Lectura:Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 118–130. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i02.7605
Nuryeti, & Aryani, R. (2021). Pengaruh Sistem Punishment terhadap Kedisiplinan Anak Usia 5-7 Tahun. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(01), 59–72. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v5i02.7181
Purwanto, A. (2022). Evaluasi Implementasi Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Covid-19. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 8(2), 1. https://doi.org/10.24235/awlady.v8i2.10206
Putri, R. M. A. (2022). Penerapan Metode Pembelajaran Langsung Untuk Mengembangkan Karakter Tanggung Jawab Anak Usia Dini. Jurnal Asghar, 2(October). https://doi.org/10.28918/asghar.v2i2.6518
Rahayu, N., & Munastiwi, E. (2019). Manajemen Makanan Sehat di PAUD. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(2), 65–80. https://doi.org/10.14421/jga.2018.32-01
Rozi, F., Zubaidi, A., & Masykuroh, M. (2021). Strategi Kepala Sekolah dalam Menerapkan Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 10(1), 59–68. https://doi.org/10.21831/jpa.v10i1.39788
Safitri, H. I., & Harun, H. (2020). Membiasakan Pola Hidup Sehat dan Bersih pada Anak Usia Dini Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 385. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.542
Safitri, K., Fauzi, T., & Andriani, D. (2021). Dampak Pembelajaran daring terhadap Interaksi Sosial Anak. PAUD Lectura:Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 143–152. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v
Sahidun, N., & Abdullah, S. (2020). Peningkatan Kemandirian Anak Saat Makan Melalui Kegiatan Fun Cooking Makanan Khas Ternate. Tumbuh Kembang: Kajian Teori Dan Pembelajaran PAUD, 7(2), 106–121. https://doi.org/10.36706/jtk.v7i2.12328
Sartika, M. D., Rukiyah, R., Andika, W. D., & Sumarni, S. (2022). Literature Review: Motivasi yang Diberikan Kepada Anak Dalam Mengkonsumsi Sayuran. Jurnal Pendidikan Anak, 11(1), 30–39. https://doi.org/10.21831/jpa.v11i1.45937
Sri Tatminingsih. (2022). The Type of Childcare for Working Mothers in Indonesia. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 16(2), 200–214. https://doi.org/10.21009/jpud.162.01
Srianita, Y., Akbar, M., & Meilanie, S. M. (2019). Pembentukan Karakter dalam Pendidikan Makan (Studi Kasus di Raudhatul Athfal Istiqlal Jakarta). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 152. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.277
Suherman, W. S. &, & Endang, S. (2009). Analisis terhadap Program Pendidikan Anak Usia Dini pada Rencana Kerja Pemerintah Tahun 2009. Cakrawala Pendidikan-Jurnal Ilmian Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.47
Syamsuddin, A., Harun, H., Pamungkas, J., Sudaryanti, S., & Prayitno, P. (2021). Konstruk Nilai Moral Anak Usia Dini Versi Guru PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2000–2012. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1883
Triani, L., Hartati, S., & Meilani, R. S. M. (2021). Tueak Serembeak: The Role of Parenting in Early Character Development and Education. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 15(2), 281–299. https://doi.org/10.21009/jpud.152.05
Ulfadhilah, K., Nurhayati, E., & Ulfah, M. (2021). Implementasi Layanan Kesehatan, Gizi, dan Perawatan dalam Menanamkan Disiplin Hidup Sehat. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 9(1), 115. https://doi.org/10.21043/thufula.v9i1.10288
Yeni, D. I., Wulandari, H., & Hadiati, E. (2020). Pelaksanaan Program Pemberian Makanan Sehat Anak Usia Dini : Studi Evaluasi Program CIPP. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1–15. https://doi.org/10.37985/murhum.v1i2.9
Refbacks
- There are currently no refbacks.