Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya pembelajaran anak tentang nilai keislaman yang dimuat dalam pembelajaran BCCT (Beyond centers and circle Time). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui koneksitas pembelajaran BCCT dengan nilai keislaman dalam mengembangkan kecerdasan verbal lingusitik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskritif. Teknik pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di TK Tasywiquth Thullab Salafiyah (TBS) Kudus pada kelompok B berjumlah 15 anak. Analisis data dalam penelitian ini dilaksanakan melalui pengumpulan data, reduksi data, display data dan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil penelitian ini Integrasi pembelajaran BCCT dengan nilai keislaman dalam mengembangkan kecerdasan verbal linguistic di TK TBS kudus dapat dilihat melalui dua tahap yaitu proses dan pencapaian integrasi pembelajaran, dalam proses pembelajaran kurikulum yang dilaksanakan di TK TBS Kudus yaitu tentang pengembangan pembiasaan, pengembangan kemampuan dasar, muatan lokal (ASWAJA), pengembangan diri, pendidikan karakter, pengenalan lingkungan.


Keywords


bcct, nilai-nilai keislaman, kecerdasan verbal linguistik

Refbacks

  • There are currently no refbacks.