- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Integrasi Pembelajaran BCCT dalam Mengembangkan Kecerdasan Verbal Linguistik dan Nilai-Nilai Keislaman
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.3858Keywords:
bcct, nilai-nilai keislaman, kecerdasan verbal linguistikAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya pembelajaran anak tentang nilai keislaman yang dimuat dalam pembelajaran BCCT (Beyond centers and circle Time). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui koneksitas pembelajaran BCCT dengan nilai keislaman dalam mengembangkan kecerdasan verbal lingusitik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskritif. Teknik pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di TK Tasywiquth Thullab Salafiyah (TBS) Kudus pada kelompok B berjumlah 15 anak. Analisis data dalam penelitian ini dilaksanakan melalui pengumpulan data, reduksi data, display data dan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil penelitian ini Integrasi pembelajaran BCCT dengan nilai keislaman dalam mengembangkan kecerdasan verbal linguistic di TK TBS kudus dapat dilihat melalui dua tahap yaitu proses dan pencapaian integrasi pembelajaran, dalam proses pembelajaran kurikulum yang dilaksanakan di TK TBS Kudus yaitu tentang pengembangan pembiasaan, pengembangan kemampuan dasar, muatan lokal (ASWAJA), pengembangan diri, pendidikan karakter, pengenalan lingkungan.
Downloads
References
Anggraini, E. S. (2020). Penanaman Nilai Karakter Anak Usia Dini Pada Model Pembelajaran Bcct (Beyond Centers And Circle Time) Di TK Pembina Sukaramai, Kecamatan Kerajaan, Kabupaten Pakpak Baharat. Jurnal Usia Dini, 6(2), 20. https://doi.org/10.24114/jud.v6i2.22188
Apriliani, M., Rusdiyani, I., & Sayekti, T. (2020). Penerapan Pendekatan Bcct (Beyond Center And Circle Time) Berbasis Kecerdasan Jamak (Penelitian Deskriptif Kualitatif Di Tk Islam Tirtayasa Kota Serang). Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 7(November 2020), 145–158. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jpppaud/article/view/10128
Arikunto, S. (2010). Metode Peneltian. In Rineka Cipta. Rineka cipta.
Aulia, D. (2021). Stimulasi Kecerdasan Linguistik Melalui Metode Proyek. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 5(2), 1. https://doi.org/10.24114/jbrue.v5i2.23019
Bahar, H., Iswan, I., Sundi, V. H., Fitri, N. L., & ... (2020). Pembelajaran Beyond Centers and Circle Time (Bcct) Berbasis Al-Qur’an Dalam Peningkatan Nilai-Nilai Karakter Bagi Anak Usia Dini. Ya Buyyana: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 145–155. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/YaaBunayya/article/view/7372
Dewi, R., Wahyono, I., & others. (2020). Implementasi Metode Sentra Persiapan Dalam Mengembangkan Kecerdasan Verbal Linguistik Anak Usia Dini. Jurnal Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan Islam, 4(1), 95–110. https://doi.org/10.29062/tarbiyatuna.v4i1.298
Faridli, A. (2020). Penerapan Nilai-Nilai Ahlus Sunnah Wal Jama’ah Pada Siswa Melalui Kegiatan Amaliyah Nahdliyah Di Ma Ma’arif Ponggok Blitar. IAIN Tulungagung. http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16590
Ghufroni, A. (2016). Implementasi Metode Pembelajaran Bcct (Beyond Centers and Circle Time) Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Pengembangan Agama Islam Di Ra Khoiriyah Kayen Pati. Stain Kudus.
Hamidah, S. (2022). Pendekatan Beyond Centres And Circle Time ( Bcct ) Dalam Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Agama 2019 / 2020. INSPIRASI (Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Islam), 6(1), 80–106. https://ejournal.undaris.ac.id/index.php/inspirasi/article/view/319
Hartati, M. (2018). Pengaruh Penerapan Metode Bcct (Beyond Center And Circle Time) Terhadap Kemampuan Membaca (Studi Di Paud Sayang Bunda Bengkulu Tengah). An-Nizom Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(3). https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/annizom/article/view/1941
Haryati, D. (2017). Stimulasi Pengembangan Kecerdasan Verbal-Linguistik Anak Usia Dini Melalui Metode Pembelajaran Paud. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(2), 132. https://doi.org/10.32332/elementary.v3i2.995
Hasanah, R., & Latif, M. A. (2019). Implementasi Model Pembelajaran BCCT (Beyond Centers And Circle Times) dan Model Pembelajaran Konsiderasi di TK Khalifah Baciro Kota Yogyakarta. Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 2(2), 184–199. https://doi.org/10.23971/mdr.v2i2.1538
Hasyim, S. L. (2015). Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dalam Perspektif Islam. Jurnal Lentera: Kajian Keagamaan, Keilmuan Dan Teknologi, 1(2), 217–226.
Ilham, D. (2020). Challenge of Islamic Education and How to Change. International Journal of Asian Education, 1(1), 09–20. https://doi.org/10.46966/ijae.v1i1.16
Irna. (2020). Implementasi kecerdasan jamak (multiple intelegences) pada model pembelajaran BCCT atau sentra pada pendidikan anak usia dini. FASCHO: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, 9(2), 52–59. https://journal.stkipm-bogor.ac.id/index.php/fascho/article/view/42
Khosiah, N. (2022). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai-Nilai Religius Peserta Didik di Sekolah Dasar. Al Ibtidiyah, 3(2), 84–96. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio/article/view/693
Ma’rifah A, U., & Muthmainnah, A. (2015). Metode pembelajaran bcct dalam mengembangkan nilai moral pendidikan karakter anak usia dini. PG-PAUD Trunojoyo, 2(2), 76–149. https://journal.trunojoyo.ac.id/pgpaudtrunojoyo/article/view/2676
Mansur, A. (2016). Pendidikan Karakter Berbasis Wahyu. Jakarta: Gaung Persada, 2(2), 109–120.
Masrurah, F. (2014). Kecerdasan Verbal-Linguistik Anak Melalui Pendekatan Beyond Centers and Circle Time (Bcct). Lisan Al-Hal, 8(2), 301–330.
Miftakhi, D. R., & Ardiansah, F. (2020). Peranan Orang Tua Siswa dalam Melaksanakan Pendampingan Pembelajaran dari Rumah Secara Online. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 3(2), 151–158. https://doi.org/10.31539/joeai.v3i2.1726
Mursid, H. (2021). Aplikasi Pendekatan Beyond Centers and Circle Time (BCCT). Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal), 2(1). https://doi.org/10.37216/aura.v2i1.461
Mustajab, M., Baharun, H., & Iltiqoiyah, L. (2020). Manajemen Pembelajaran melalui Pendekatan BCCT dalam Meningkatkan Multiple intelligences Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1368–1381. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.781
Novitawati, Ulfatin, N., Arifin, I., & Aslamiah. (2019). Religious scientific learning based on sentra in school. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 5(5), 190–203. https://www.ijicc.net/images/vol5iss5/5514_Novitawati_2019_E_R.pdf
Pratiwi, W. (2017). Konsep Bermain Pada Anak Usia Dini. Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 106–117. https://core.ac.uk/download/pdf/228816306.pdf
Ramadhanti, M., & Safitri, E. R. (2020). Implementasi Pembelajaran Bcct Berbasis Multiple Intelligences Dalam Mengembangkan Karakter Siswa. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 37–42. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Faktor/article/view/6220
Rohaeni, A. (2021). Internalisasi Nilai-Nilai Karakter pada Anak Melalui Model Pembelajaran Beyond Center and Circle Time (BCCT) di TKIT Luqmanul Hakim. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 2(1), 1. https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v2i1.63
Sholeh, M. (2018). Konsep pendidikan anak usia dini dalam perspektif pendidikan islam. YINYANG: Jurnal Studi Islam, Gender Dan Anak, 13(1), 71–83. https://doi.org/10.24090/yinyang.v13i1.2018.pp71-83
Ulfah, E. S. M. (2021). Implementasi Metode ‘Ibrah Pada Pembelajaran Akidah Anak Usia Dini Di KB TK Islam Al Husain Sawangan, Depok, Jawa Barat. In Tesis. Institut PTIQ Jakarta.
Yasin, F. B. R., & Jani, M. (2013). Islamic education: The philosophy, aim, and main features. International Journal of Education and Research, 1(10), 1–18. http://ijern.com/journal/October-2013/18.pdf
Yulisutiany, I. (2018). Study of Education Competency and Effect on Learning Process of BCCT Method on Educational Group of Education Age (PAUD) in Sukasari Bandung. International Journal of Educational Technology and Learning, 3(2), 69–77. https://doi.org/10.20448/2003.32.69.77